Beranda > Gaya Hidup > Begini Cara Dekorasi Apartemen yang Cocok untuk Bayi dan Balita

Begini Cara Dekorasi Apartemen yang Cocok untuk Bayi dan Balita

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Begini Cara Dekorasi Apartemen yang Cocok untuk Bayi dan Balitawatermark

TUNAIKU.COM – Dalam perspektif keluarga yang tradisional, kehadiran anak menjadi tonggak penting untuk membangun sebuah keluarga. Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk memiliki anak, hidup kalian pun perlahan-lahan berubah. Baik itu perubahan yang nggak terlihat atau pun perubahan yang terlihat.

 

Salah satu perubahan yang terjadi adalah dekorasi rumah atau apartemen. Menjelang kehadiran buah hati, tentu banyak yang harus kamu perhatikan. Apartemen yang tadinya dihuni oleh dua orang dewasa akan ditambah dengan bayi. Bayi membutuhkan ruang yang aman dan nyaman agar dapat tumbuh dengan baik, dan terhindar dari kejadian-kejadian yang nggak diinginkan.

 

Karena itu pula, sebelum bayi lahir, kamu dan pasangan wajib menjadikan tempat tinggal sebagai tempat yang babyproof. Artinya, apartemen tersebut benar-benar aman buat bayi dan atau balita, dengan cara mengeliminasi atau meminimalkan barang-barang yang berpotensi membahayakan anak. Berikut adalah beberapa tips dekorasi apartemen yang aman buat bayi kamu.

 

Artikel Terkait: Mengajari Kebiasaan Baik Terkait Uang kepada Anak

  1. 6 Hal Penting Untuk Mengenalkan Konsep Uang Kepada Anak
  2. Ajarkan Anak Cara Mengelola Uang dengan Baik Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini!
  3. 7 Cara Unik dan Menyenangkan Menabung Bersama Keluarga

 

1. Dekorasi kreatif dan fungsional

 

Setelah bayi lahir, ada kemungkinan kamu membutuhkan lebih banyak barang. Karena itu, sangat penting bagi kamu dan pasangan untuk memilih furnitur yang multifungsi. Contohnya, meja yang dilengkapi dengan laci untuk menyimpan pakaian dan mainan, ataupun meja rias yang juga bisa disulap menjadi meja mengganti popok. Selain menghemat, rumah kamu bakal nggak berantakan. Langkah ini juga penting untuk menjaga keindahan tempat tinggal.

 

2. Menggunakan furnitur yang tahan banting

 

Ketika bayi sudah mulai merangkak atau lancar berjalan, mereka senang untuk bermain, menyentuh, atau mendorong barang-barang yang menarik perhatian mereka. Selain itu, mereka juga doyan menggulingkan sesuatu ke lantai akibat rasa penasaran. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus selektif ketika memilih furnitur rumah. Pilihlah furnitur yang nggak gampang pecah. Selain itu, pilih juga furnitur yang sulit roboh dan atau furnitur yang terlalu berat untuk didorong (untuk ukuran bayi atau anak kecil). Hindari membeli meja dari kaca, atau menempatkan vas keramik dalam jangkauan anak-anak.

 

3. Furnitur mudah dibersihkan

 

Anak-anak dan bayi yang mulai aktif secara fisik suka bereksperimen, termasuk dengan warna. Hal itu merupakan hal wajar karena mereka sedang berada dalam masa tumbuh dan kembang. Jadi, jangan terkejut bila menemui dinding penuh coretan atau furnitur ruangan yang kotor karena ‘dikerjain’ oleh anak kamu. Furnitur yang rentan untuk jadi ‘korban’ eksperimen atau ketidaksengajaan anak adalah furnitur yang umumnya terbuat dari bahan kain, seperti tirai jendela atau sofa.

 

Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu dan pasangan bisa berburu furnitur yang sederhana dan gampang dibersihkan. Pilihlah gorden atau sofa yang terbuat dari bahan kulit, ultrasuede, atau beludru. Walau nggak 100% menjamin, akan tetapi risiko kotor yang terjadi bisa kamu minimalkan.

 

4. Memajang aksesori yang aman

A post shared by Laura Navarro (@lau.costura) on

 

Aksesori atau pajangan rumah yang terbuat dari kaca atau keramik dengan warna yang menarik biasanya menarik perhatian anak. Biasanya barang-barang seperti patung kecil atau pigura kaca bisa menjadi korban empuk untuk dilempar, digenggam, atau disambar.

 

Artikel Terkait: Aktivitas Keluarga yang Seru untuk Akhir Pekan

  1. Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Akhir Pekan!
  2. 5 Ide Liburan Anak Hemat di Akhir Pekan, Kamu Pilih yang Mana?
  3. 5 Referensi Taman Bermain Anak yang Fun dan Seru di Jakarta

 

Agar nggak membahayakan anak dan mengurangi potensi kerusakan, pilihlah aksesori yang tergolong aman bagi anak. Misalnya, bantal, buku, atau benda yang terbuat dari kayu ringan. Bila telanjur memiliki aksesoris kaca atau keramik, pindahkan ke tempat di luar jangkauan anak.

 

Itulah beberapa tips agar apartemen atau tempat tinggal aman untuk tumbuh kembang bayi. Sudahkah kamu melakukannya?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

Tunaiku, KTA Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett