Beranda > Gaya Hidup > 6 Hal Penting Untuk Mengenalkan Konsep Uang Kepada Anak

6 Hal Penting Untuk Mengenalkan Konsep Uang Kepada Anak

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
6 Hal Penting Untuk Mengenalkan Konsep Uang Kepada Anakwatermark

TUNAIKU.COM – Sejak usia berapa anak-anak dapat diperkenalkan dengan konsep uang?Nah, pertanyaan ini selalu membayangi setiap orang tua yang tengah membesarkan anak.

 

Mengenalkan konsep uang kepada anak memang tidak semudah hitungan matematika. Anak-anak tentunya belum bisa langsung paham jumlah atau nominal tetapi tahu bahwa uang menjadi alat tukar.

 

Mereka juga mengetahui fungsi uang ketika melihat kegiatan orang tua saat bertransaksi. membelikan mereka makanan atau mainan, bisa juga karena memang kamu telah mengenalkan sekilas tentang uang. Lalu, kira – kira ada hal penting apalagi yang perlu diketahui bagi orang tua untuk mengenalkan konsep uang?Berikut ulasannya.

 

1. Bekerja untuk mendapatkan uang

Uang itu bukan benda yang didapatkan dari memetiknya di pohon. Tapi didapatkan dari hasil jerih payah kamu bekerja. Jelaskan pada anakmu bahwa kamu perlu bekerja untuk mendapatkan uang. Dan mencari uang dengan bekerja adalah hal yang sulit. Maka dengan begitu, anak – anak dapat memahami hal tersebut dan berpikir untuk nggak serta merta mengahmbur – hamburkan uang.

 

 

Artikel Terkait: yang Muda yang Bijaksana

  1. Ini 6 Kesalahan Pekerja Pemula dalam Mengelola Keuangan
  2. Untuk yang Sudah Berumur 20-an, Wajib Memiliki 4 Jenis Asuransi Ini
  3. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekarang!

2. Hemat dan menabung

Setelah anak memahami betapa sulitnya mencari uang, kamu bisa mengajarinya untuk hidup hemat dan menabung. Jika nenek memberi uang pada si kecil kamu bisa memberikan nasihat padanya untuk segera menyimpan uang tersebut. Lalu jika ia menginginkan sesuatu mintalah mereka untuk bersabar sampai tabungan mereka mencapai jumlah yang cukup. Usahakan kebiasaan hemat dan menabung ini bisa diterapkan oleh si kecil hingga ia dewasa nanti.

 

3. Belajar murah hati

Menjadi murah hati bisa diajarkan pada anak sejak kecil. Berikanlah pesan pada mereka bahwa uang yang ia miliki bukan sepenuhnya miliknya. Melainkan ada hak sebagian dari uang tersebut untuk orang – orang yang kurang beruntung. Ajarilah anakmu untuk bisa berbagi dengan orang lain yang kesusahan. Dengan begitu, anak akan terbiasa bermurah hati dan nggak pelit pada orang lain.

 

4. Menerapkan skala prioritas saat membelanjakan uang

Berikanlah anak pengertian bagaimana ia harus menggunakan uang miliknya dengan tepat. Biasakan untuk membuat skala prioritas dari apa yang mereka inginkan. Lalu, sesuaikan dengan uang yang mereka miliki agar dapat digunakan dengan tujuan dan maksud yang benar.

 

Artikel Terkait: Investasi Ini Bisa Kamu Coba

  1. 6 Tips Sukses Saat Berinvestasi Perabotan Antik
  2. Biar Nggak Rugi Saat Investasi Tanah, Lakukan 4 Hal Ini!
  3. Lakukan 5 Hal Ini Jika Investasi di Bidang Properti Menunjukkan Tanda-Tanda Berbahaya

 

5. Pantang membeli hal yang kurang bermanfaat

Anak – anak biasanya seringkali memiliki keinginan membeli barang – barang yang mereka inginkan tanpa tahu manfaatnya. Berilah pengertian pada mereka untuk nggak menyia-nyiakan uangnya demi barang – barang yang kurang bermanfaat. Lalu ajarkan pada anak untuk nggak mudah tergoda untuk membeli barang – barang tersebut.

 

6. Uang bukanlah segalanya

Meskipun uang dapat membeli banyak hal tapi uang bukanlah segalanya. Ajarkan anak tentang kebahagiaan lain yang dapat diperoleh tanpa uang. Sehingga anak akan memahami bahwa uang bukanlah satu – satunya sumber kebahagiaan.

Nah, itu dia beberapa hal penting tentang uang yang perlu kamu ajarkan kepada anak sejak usia dini. Dengan begitu anak akan lebih bijaksana dan memiliki karakter yang baik saat dewasa nanti.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett