Beranda > Gaya Hidup > Agar Untung, Hindari 8 Kesalahan saat Pertama Kali Membeli Mobil

Agar Untung, Hindari 8 Kesalahan saat Pertama Kali Membeli Mobil

Artikel ini ditulis oleh:
Agar Untung, Hindari 8 Kesalahan saat Pertama Kali Membeli Mobilwatermark

TUNAIKU.COMKesalahan membeli mobil pertama itu wajar terjadi. Menurut saya, cukup orang lain saja yang telanjur melakukan kesalahan. Biarpun kamu masih pemula, kan enggak harus terjebak di kesalahan yang sama. Di sinilah pentingnya belajar dari kesalahan orang lain. Menurut saya, biasanya ketika orang baru pertama kali beli mobil itu melakukan 8 kesalahan ini.

 

Artikel terkait: rekomendasi mobil dan motor yang irit bahan bakar

  1. Rekomendasi 10 Motor Hemat Bensin yang Nggak Bikin Boros
  2. Yuk, Intip 10 Rekomendasi Mobil Irit Bensin Berikut!
  3. Rekomendasi 8 Motor Matic Hemat BBM untuk Anak Muda

 

1. Terlalu terburu-buru mengambil keputusan

Saya kira semua pembeli yang baru pertama kali terjun ke pasar melakukan hal ini. Enggak cuma di dunia mobil atau otomotif, tetapi juga di bidang lainnya, semisal baju, sepatu, dan lain-lain. Buru-buru dalam membeli mobil ibarat hilang rasa kesadaran. Apa pun yang ditunjukkan oleh pihak penjual langsung diamini oleh pembelinya. Hindari yang ini.

 

2. Tanpa menawar

Wah, inilah yang sering jadi sasaran empuk para penjual mobil yang memang dari sananya ingin memupuk untung. Celakanya, kalau kamu ketemu dengan penjual yang terkenal licin. Jadi, ketika beli, jangan lupa menawar. Seenggaknya 25% dari harga mobil yang ditawarkan dulu. Setelah itu terserah kamu mau dibawa ke mana tawaran selanjutnya.

 

3. Kurang mencari informasi diskon dan promo khusus

Biasanya sih diskon dan promo hanya diberikan oleh perusahaan besar yang orbitnya dalam bidang jual-beli mobil. Kalau yang masih kecil-kecilan mana berani. Di Indonesia cukup banyak kok perusahaan besar yang saya maksud. Jadi, sebelum beli, cari informasi dulu tentang tempat kamu mau beli mobil sekaligus mobil yang jadi incaranmu.

 

4. Abai dengan test drive

Para pemula seringkali melakukan hal yang sembrono seperti ini. Lebih-lebih pergi ke tempat jualan mobil tanpa bekal kemampuan mengemudi sama sekali. Bekalnya cuma uang di genggaman tangan. Nanti kalau kamu dikibuli bagaimana? Kalau memang enggak tahu soal mesin, saran saya sih bawa mekanik atau teman yang lebih tahu biar aman.

 

5. Langsung beli tanpa pikir panjang

Kesalahan membeli mobil pertama ini cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Mungkin pemicu keinginan beli mobil untuk pertama kali karena “sekadar ingin”. Tanpa pikir panjang, langsung datang dan beli begitu saja. Kelihatan kok ketika ditanya jenis mobil apa, malah bingung dan enggak tahu jawabannya. Akhirnya sembaran pilih jenis mobilnya.

 

6. Beli mobil yang terlalu kecil atau terlalu besar

Dengan kata lain, kesalahan ini terjadi karena enggak tahu mobil seperti apa yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebelum beli mending konsultasikan dulu dengan keluarga. Misalnya ketika mau beli mobil keluarga, cek dulu berapa jumlah keluargmu. Kemudian mau digunakan untuk apa. Biar enggak ada keluhan lagi soal ukuran mobil yang telanjur dibeli.

 

7. Beli mobil tanpa ada fitur keselamatan

Memang ada mobi yang begini? Ada kok. Keselamatan saat berkendara itu jauh lebih penting daripada harga mobil itu sendiri. Fitur keselamatan yang ada pada mobil itu seperti adanya airbag, sensor bahaya pada mobil, dan sensor pengaman dari upaya pencurian. Lebih baik perhatikan hal ini daripada fitur yang lebih bersifat kesenangan pribadi semata.

 

Artikel terkait: pertimbangkan sebelum beli mobil bekas untuk keluarga

  1. Sebelum Membeli Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Hal Berikut!
  2. Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Innova Bekas
  3. 7 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Honda Jazz Bekas, Cek Hal Berikut!

8. Tidak mempertimbangkan biaya perawatan mobil

Biasanya kesalahan ini terjadi ketika seseorang mau beli mobil bekas. Membeli mobil bekas itu lebih merepotkan daripada mobil baru untuk pemula. Mobil yang berkualitas biasanya memiliki perawatan yang lebih mudah. Dari catatan servis, jumlahnya enggak terlalu banyak.

Setelah tahu beberapa kesalahan membeli mobil pertama tersebut, mudah-mudahan kamu enggak mengalaminya juga. Jujur, beberapa bagian di atas pernah saya alami sendiri. Sampai sekarang masih belum percaya, padahal sebelumnya sudah baca berbagai kesalahan saat beli mobil. Ini menandakan bahwa beli mobil untuk pertama kali memang harus serius.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett