Beranda > Gaya Hidup > 10 Film Kisah Wartawan yang Bikin Tercengang, Wajib Tonton!

10 Film Kisah Wartawan yang Bikin Tercengang, Wajib Tonton!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
10 Film Kisah Wartawan yang Bikin Tercengang, Wajib Tonton!watermark

TUNAIKU.COM– Dunia jurnalistik memiliki berbagai keseruan dan tantangan tersendiri. Terlebih jika melihat tugas seorang wartawan yang tengah meliput berita. Artinya, bertugas menjadi wartawan disebut andil dalam menulis dan mencatat sejarah. Dengan segala etika dan kultur dalam jurnalistik tentunya seorang wartawan bisa menyuarakan sesuatu hingga terdengar di seluruh pelosok negeri bahkan dunia.

 

Nah, kehidupan wartawan ini ternyata menginspirasi para pelaku kreatif kemudian mengabadikannya dalam film.Gambaran kisah para jurnalis yang harus menghadapi banyak persoalan saat melakukan tugas, menghadapi deadline hingga siap mempertanggung jawabkan tulisannya. Jika kamu tertarik terjun menjadi wartawan maka beberapa film ini wajib kamu tonton.

 

1. His Girl Friday (1940)

Buat yang ingin menonton film – film jadul tentang kehidupan wartawan maka His Girl Friday ini jadi pilihan yang tepat. Film ini mengangkat tema kehidupan wartawan berita lokal yang terus bersaing pada era pra TV dan Radio. Diperankan oleh Cary Grand dan Rosalind Russel film ini menampilkan banyak hal – hal dibalik kehidupan wartawan tempo dulu. Terlebih tentang keinginan untuk menjadi wanita sejati seorang reporter bernama Hildy yang diperankan oleh Russel.

 

2. Citizen Kane (1941)

Film tentang kehidupan wartawan yang kedua adalah film Citizen Kane yang dirilis tahun 1941. Film ini berkisah tentang perjalanan bagaimana sebuah perusahaan Hearst mengawali karirnya menjadi perusahaan surat kabar ternama. Dalam film ini juga disampaikan bahwa bekerja untuk penerbitan surat kabar harian bukanlah semata-mata karena alasan uang, namun karena pekerjaan tersebut memang pantas untuk dicintai.

 

Artikel terkait: Film Tema Jurnalis, boleh dicoba

  1. 5 Film Bertema Jurnalis yang Layak kamu Tonton di Akhir Pekan
  2. 10 Rekomendasi Film yang Berumur 10 Tahun di 2018, Seru Untuk Ditonton Ulang
  3. Wajib Ditunggu! 10 Film Keluarga 2018 yang Cocok Ditonton Bareng Buah Hati

 

3. Network (1976)

Film network ini akan membuka pandanganmu terhadap dunia jurnalisme. Bahwa bisnis jurnalistik adalah sumber kehidupan demokrasi. Film ini akan menampilkan kejeniusan, kekuatan jaringan, pengejaran terhadap rating, hingga penghargaan terhadap hasil dan jenis liputan. Pesan yang bisa diambil dalam film ini adalah bahwa presiden, perdana menteri, paus atau banyak orang penting lainnya bisa mengalami kehancuran karir hanya dari media.

 

4. All The Precident’s Men (1976)

Kalau kamu menantikan film yang mengulas tentang dasar – dasar jurnalisme maka film ini adalah film yang tepat. Jika film lain berfokus pada profesi seorang reporter atau wartawan maka film ini akan lebih mengangkat kisah yang menyeluruh bagaimana proses pengangkatan sebuah cerita hingga masuk ke editor. Tokoh utama dalam film ini adalah karakter Ben Bradley yang menjadi pusat gravitasi berita. Tentunya, akan banyak cerita di balik segala hal pemberitaan orang besar bernama Bradley tersebut.

 

5. The Killing Fields (1984)

Film yang mengangkat sejarah modern masa keruntuhan kamboja tahun 1970an adalah film The Killing Fields. Film garapan sinematograf Chris Menges yang dirilis tahun 1984 ini menjadi film yang sangat hidup. Selain bercerita tentang geopolitik konflik antara kelompok Khmer merah dan pemerintah dukungan Amerika film ini juga mengangkat kisah genosida yang dilakukan oleh mereka sendiri. Film ini menjadi sangat hangat atas kisah persahabatan dua reporter asal Amerika dan Kamboja. Ini mungkin jadi film bertema politik internasional dengan penggambaran yang nyata sekaligus mengeriikan.

6. Broadcast News (1987)

Broadcast News adalah film garapan sutradara James L. Brooks yang menyinggung tentang peran gender. Mengisahkan tentang reporter – reporter perempuan cantik yang terus saling bersaing hingga menimbulkan “cat’s fight” antar mereka. Apalagi pertarungan tersebut dibumbui dengan kisah – kisah romantisme pria dan wanita. Tentunya film ini menghadirkan kesan berbeda dibanding dengan film bertema serupa lainnya.

 

7. Shattered Glass (2003)

Shattered Glass menjadi film garapan Billy Ray yang mengangkat cerita dibalik praktik jurnalistik sebagai bahan eksploitasi sifat manusia. Film ini kemudian mendramatisir tentang pembaca dan juga jurnalis yang memanfaatkan stereotip, emosi serta kepentingan berita bagi para pembaca dan pemilik modal.

8. Good Night, and Good Luck (2005)

Jika beberapa film diatas berkisah tentang kehidupan jurnalistik jaman dulu yang masih menggunakan surat kabar, maka film ini sedikit berbeda. Meski masih memiliki kesan jadul, film ini menjadi sedikit berbeda karena mengangkat kisah tentang kehidupan masa ketika televisi hitam putih digunakan sebagai media jurnalisme. Pesan dalam film ini disampaikan oleh karakter Murrow dengan memberi peringatan bahwa TV bukan hanya untuk hiburan namun juga dapat digunakan sebagai media pengajaran yang dapat menyalurkan banyak inspirasi.

 

9. Frost / Nixon (2008)

Film yang bercerita tentang ambisi David Frost untuk menjadi bagian dari adegan penyiaran dunia ini digarap oleh Ron Howard. David Frost adalah karakter yang diperankan oleh Michael Sheen yang sangat ingin mewawancarai Richard Nixon yang kala itu diperankan oleh Frank Langella. Konflik antar keduanya adalah tentang sepatu “banci” kepunyaan Nixon. Perjalanan panjang wawancara antara Frost dan Nixon tentunya membuat penonton gregetan dengan cara penyampaian Frost dalam menginterogasi Nixon.

 

Artikel terkait: Tips Untuk Calon Jurnalis

  1. 10 Tips Menulis Berita atau Artikel yang Patut Diketahui Calon Jurnalis
  2. 10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis
  3. 6 Pilihan Peluang Karir Terbaik Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi

 

10. Spotlight (2015)

Spotlight adalah film bertema jurnalistik garapan sutradara Tom McCarthy. Film ini bercerita tentang penyelidikan Boston Globe mengenai peliputan tentang pelecehan seksual yang terjadi di Gereja Katolik. Disini McCharty dan rekannya Josh Singer memiliki ambisi untuk dapat menampilkan refleksi bagaimana jurnalisme bekerja dalam sajian sebuah film. Film ini menjadi sangat seru pada adegan seorang reporter bertanya kepada korban pelecehan. Tentunya pemilihan bahasa yang hati – hati sangat ditampilkan oleh sang reporter untuk mendapatkan berita tanpa menyakiti perasaan si korban.

Nah 10 rekomendasi film di atas bisa menginspirasi dan menggambarkan para wartawan yang menekuni profesi ini. Kira-kira, film mana yang akan segera kamu tonton?

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett