Beranda > Gaya Hidup > 7 Tips Agar Liburan Bersama Anak Nggak Pakai Ribet

7 Tips Agar Liburan Bersama Anak Nggak Pakai Ribet

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Tips Agar Liburan Bersama Anak Nggak Pakai Ribetwatermark

TUNAIKU.COM –Siapa sih, yang nggak menunggu momen-momen liburan? Entah itu liburan ke luar negeri, luar kota, atau sekadar staycation menginap di hotel dalam kota bersama keluarga.

 

Berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang sudah punya “anak buah’ sih, kalau mau liburan pasti deh butuh usaha ekstra dan lumayan repot. Maklum saja, kan ada tambahan kebutuhan si kecil yang seabrek. Mulai dari banyaknya barang yang harus dipersiapkan, mempersiapkan kondisi anak, dan juga pilihan lokasi wisatanya.

 

Agar momen liburan bersama anak tetap menyenangkan dan nggak bikin kamu dan pasangan malah uring-uringan, ada beberapa tips nih yang wajib kamu terapkan. Simak, ya!

 

Artikel terkait: ide liburan keluarga untuk tahun 2019

  1. Ajak Keluarga Liburan Akhir Tahun ke Taman Hiburan Terbaik di Dunia, Ini Pilihannya!
  2. 7 Destinasi Liburan di Hongkong yang Seru Bareng Keluarga
  3. 6 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga di Libur Akhir Tahun

 

1. Mengatur baju anak dan pasangan dengan efektif dan efisien!

Urusan baju memang terkadang bikin pusing. Maunya sih nggak bawa baju terlalu banyak tapi bisa tetap terlihat kece buat foto-foto. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur baju anak dan bajumu sendiri dengan efektif dan efisien. Caranya, bawalah setelan yang bisa di-mix and match untuk mengurangi bawaan. Lantas, atur baju anak berdasarkan hari pakai, ke dalam tas plastik. Mulai dari dalaman, baju, celana, topi, dan kaus kaki. Jadi, kamu nggak perlu ubek-ubek isi koper deh setiap mau ambil sesuatu.

 

2. Siapkan mainan dan makanan kecil supaya anak nggak bosan

Kalau bosan, anak bisa rewel sepanjang perjalanan. Kalau anak bisa diajak tidur, mungkin akan membantu. Namun, kalau ternyata si kecil nggak mengantuk sama sekali, gimana dong? Untuk mengantisipasi kerusuhan ini, kamu wajib menyediakan mainan dan makanan kecil favorit mereka. Ajak juga si kecil saat menyiapkannya. Untuk mainan, kalau bisa sih, jangan hanya gadget saja, bawa juga mainan lain yang lebih edukatif.

 

3. Cerita kepada anak tentang rencana liburan ini

Saat merencanakan liburan, ada baiknya kalau si kecil juga dilibatkan. Ya karena belum bisa dimintai tolong beli tiket dan pesan hotel, seenggaknya kamu bisa bercerita mengenai seperti apa lokasi wisatanya, apa saja yang bisa mereka lakukan, atau apa saja yang harus mereka siapkan secara bersama-sama. Ini bisa bikin mereka merasa antusias, lho.

 

4. Siapkan toiletries dan make up dalam ukuran mini

Sesungguhnya, lebih baik tidak menyepelekan peralatan mandi dengan berencana untuk membeli di jalan. Itu bikin repot. Alih-alih seperti itu, akan lebih baik kalau kamu sudah menyiapkan toiletries dari rumah dalam kemasan kecil. Saat ini banyak botol-botol mini travel size yang dijual di supermarket. Sekalian checklist, hemat tempat, dan mencegah kebocoran.

 

5. Bawa stroller

Penting! Apalagi kalau si kecil masih berusia di bawah 6 tahun. Pasti kan mereka ada capeknya dan malas jalan? Repot dan letih juga kalau kamu harus menggendong mereka sembari membawa tas saat jalan-jalan. Selain itu, stroller juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang ketika nggak dipakai.

 

6. Istirahat setelah beberapa jam berkendara

Perjalanan panjang dengan mobil, pasti melelahkan. Baik untukmu dan si kecil. Kalau sudah capek dan lapar, mereka biasanya akan rewel. Makanya, setelah beberapa jam, sebaiknya kalian menepi dan beristirahat ya. Nggak apa-apa kok perjalanan sedikit lebih lama, seenggaknya sampai di tempat tujuan kalian tetap fresh.  Daripada cepat-cepat tapi capeknya kebangetan dan nggak santai?

 

3

Swara Tunaiku Pinjaman Tanpa Agunan

 

7. Kompak dengan pasanganmu

Last but not least, agar liburan bersama anak jadi momen yang menyenangkan, kamu harus kompak dengan pasangan. Tahu kapan harus berbagi tugas. Apabila di tengah perjalanan ternyata kalian mendapatkan masalah, keduanya harus berkepala dingin, supaya nggak gontot-gontotan. Jangan sampai di depan si kecil malah berantem! Yang ada, bukannya senang-senang, malah bete sepanjang jalan.

 

Itulah dia beberapa tips liburan bersama anak. Kalau dilaksanakan, saya yakin liburan kalian bakal terasa menyenangkan dan memberikan kenangan indah bagi seluruh anggota keluarga. Jangan lupa foto-foto ya!

 

Artikel terkait: Keluarga yang patut jadi role model

  1. Potret Harmonis Keluarga Seleb Indonesia, Bisa Ditiru
  2. Serunya Liburan Keluarga Ala Barack Obama, Mainstream Sampai Ekstrim
  3. #FamilyGoals, Ini Dia 10 Keluarga Selebritas Indonesia Paling Kompak

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett