Beranda > Gaya Hidup > 6 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga di Libur Akhir Tahun

6 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga di Libur Akhir Tahun

PAULUS RISANGPaulus Risang
6 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga di Libur Akhir Tahunwatermark

TUNAIKU.COM – Menghabiskan akhir tahun bersama keluarga adalah momen yang ditunggu-tunggu semua orang. Segala hal akan dipersiapkan agar nggak mengganggu liburan. Memilih tempat untuk menghabiskan sisa waktu menuju pergantian tahun baru adalah hal yang perlu diperhatikan.

 

Pemilihan tempat liburan terkadang menjadi sulit karena antara satu anggota keluarga dengan lainnya memiliki seleranya sendiri. Belum lagi setiap akhir tahun tempat wisata favorit selalu membludak dibanjiri pengunjung, sehingga menimbulkan rasa nggak nyaman ketika liburan. Kalau ingin mencari tempat yang bagus tapi anti mainstream, nggak ada salahnya coba kunjungi enam tempat ini!

 

1. Hutan Pinus Bissoloro

Sulawesi memiliki tempat wisata yang unik berupa Hutan Pinus Bissoloro. Lokasinya berada di Desa Bissoloro, Sub-Distrik Bungaya, Distrik Gowa, Sulawesi Selatan. Tempat ini memiliki berbagai aktivitas alam yang bisa dinikmati. Mulai dari camping, hammocking, tempat pertunjukan seni hingga lokasi foto pre-wedding.

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata Terbaik di Dunia

  1. 7 Destinasi Wisata Impian yang Layak Dikunjungi di 2019
  2. 10 Tempat Wisata Terbaik di Dunia Ala Majalah TIME, Ada Favoritmu?
  3. 5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Yunani

 

2. Pantai Pulau Merah

Pantai ini lokasinya di Banyuwangi, Jawa Timur. Mulanya pantai ini bernama Pantai Ringin Pitu, namun diganti menjadi Pantai Pulau Merah karena waktu musim kemarau, daerah pesisir jadi berwarna merah. Selain itu, pantai ini juga memiliki bukit hijau kecil di seberang pantai dengan garis pantai sepanjang 200 meter dan pasir berwarna putih kecoklatan.

 

Pantai ini cocok bagi pecinta surfing, karena tinggi ombak yang mencapai 4—5 meter membuat tempat ini jadi surganya para surfer di Pulau Jawa. Pantai Pulau Merah juga memiliki Pura Tawang Alun yang digunakan umat Hindu untuk upacara Mekiyis, lokasinya berada di bukit hijau yang bisa dilewati ketika air surut. Wah, menarik ya!

 

Tunaiku

Tunaiku

 

3. Pantai Teluk Mak Jantu

Tahu Pulau Simping, pulau terkecil di dunia? Kalau tahu, lokasinya ada di Pantai Teluk Mak Jantu di kawasan Sinka Island Park, Kota Singkawang, Distrik Sambas, Kalimantan Barat. Kalau kamu penasaran, datang saja ke lokasinya!

 

4. Pulau Peucang

Pulau Peucang diambil dari nama siput di pulau tersebut, tapi ada juga yang beranggapan mulanya dari istilah bahasa Sunda untuk binatang menyerupai kancil. Lokasinya berada di timur Taman Nasional Ujung Kulon.

 

Untuk menuju Pulau Peucang membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Pertama, harus pergi ke Desa Kertajaya, Sub-Distrik Sumur selama enam jam. Kemudian menempuh perjalanan laut selama tiga jam sebelum sampai ke Pulau Peucang. Kalau ingin menginap, ada villa yang tersedia di Pulau Peucang. Kendalanya ketika ingin menjelajah daerah ini adalah sinyal GSM (Geser Sedikit Mati).

 

5. Sanghyang Heuleut

Mulanya Sanghyang Heuleut merupakan tempat yang dianggap sakral oleh penduduk setempat, tetapi akhirnya sudah dibuka untuk umum. Mitosnya tempat ini digunakan untuk mandi para bidadari atau nimfa yang turun ke bumi.

 

Sanghyang Heuleut merupakan kolam alami yang airnya berasal dari Danau Citarum Purba. Lokasinya terletak di sebelah barat Kota Bandung serta berbatasan dengan Distrik Cianjur dan Distrik Purwakarta. Persisnya terletak di Perum Perhutani di wilayah Jawa Barat.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Wisata di Yogyakarta

  1. Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Cocok untuk Libra
  2. Rekomendasi Wisata Bulan Madu Romantis di Yogyakarta
  3. 5 Lokasi Wisata di Yogyakarta yang Cocok untuk Taurus

 

6. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken lokasinya di Provinsi Sulawesi Utara. Taman ini merupakan rumah bagi bermacam spesies flora dan fauna. Di sana juga bisa bermain pasir putih dan ketika matahari terbenam, pasirnya berwarna kemerahan. Yang menjadi favorit dari Bunaken adalah pemandangan laut yang menakjubkan.

 

Menurut sejarah, Taman Nasional Bunaken sudah ada sejak tahun 1400 oleh warga Manado Tua/Kerajaan Bowontehu. Keindahan alam bawah lautnya ditemukan di tahun 1975 dan dijadikan sebagai tempat wisata pada tahun 1991. Akhirnya UNSECO mencatat Bunaken sebagai warisan budaya pada tahun 2005.

 

Itulah enam tempat wisata anti mainstream untuk habiskan liburan akhir tahun bersama keluarga. Tertarik menjelajah ke sana?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett