Beranda > Gaya Hidup > 7 Cara Jitu Latih Kecerdasan Moral Pada Anak Sejak Dini

7 Cara Jitu Latih Kecerdasan Moral Pada Anak Sejak Dini

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
7 Cara Jitu Latih Kecerdasan Moral Pada Anak Sejak Diniwatermark

TUNAIKU.COM – Kecerdasan seorang anak nggak melulu soal cerdas dalam akademik. Mungkin sebagian orang masih mementingkan kecerdasan dari sisi akademik, daya tangkap menerima informasi, atau kemampuan motorik halus dan kasar. Saking fokusnya pada hal tersebut, banyak orang lupa melatih kecerdasan moral anak – anaknya. Padahal kecerdasan moral pada anak harus sudah dilatih sejak dini, lho.

 

Menurut Nessi seorang psikolog anak dan keluarga berpendapat bahwa dengan melatih kecerdasan moral anak akan melindungi anak di jalan kebaikan. Kecerdasan moral akan memiliki dampak jangka panjang hingga masa depan dimana anak akan selalu mengutamakan moralnya disetiap tindakan dan pengambilan keputusan.

 

Nah, kira – kira bagaimana ya caranya untuk melatih kecerdasan moral anak? Berikut hal penting dalam kecerdasan moral yang bisa kamu latih pada anak.

 

1. Empati

Rasa empati perlu dilatih pada anak karena empati masuk kedalam poin dalam kecerdasan moral. Denga melatih rasa empati anak, mereka akan jauh lebih peka pada perasaan orang lain dan kemudian tergerak untuk menolong orang yang kesusahan.

 

Kamu bisa melatihnya dengan mengajaknya bertemu dengan orang – orang yang kurang beruntung lalu mengajarinya untuk memberikan bantuan berupa sumbangan atau hanya sekedar berbagi pengalaman dan kebahagiaan dengan mereka.

 

Artikel terkait: Hal – hal Tentang Anak yang Harus Kamu Perhatikan

  1. Cara Terbaik Mengasuh Anak Angkat atau Anak Adopsi
  2. Anak Menjadi Selebgram? Perhatikan Lima Hal Berikut!
  3. Anak Nggak Suka Olahraga? Cara Jitu Ini Bisa Kamu Coba!

 

2. Hati nurani

Poin dalam kecerdasan moral berikutnya yaitu hati nurani. Kabikan ini akan berguna untuk membentengi anak dari hal – hal buruk yang membuatnya melakukan tindakan yang salah. Kamu bisa melatihnya dengan belajar mengikuti perasaan baik di dalam hatinya meskipun anak tau kalau ada godaan untuk melakukan hal yang nggak dibenarkan.

 

3. Kontrol diri

Mengajari anak untuk bisa mengontrol diri sendiri memang agak sulit tapi bukan berarti nggak bisa. Ajarkan anak bahwa mereka pun bisa mengendalikan diri mereka sendiri. Setelah itu beri tau anak tentang hal – hal baik dan nggak baik lalu mintalah anak untuk mencoba mengendalikan diri mereka terhadap pilihan – pilihan yang diberikan.

 

4. Menumbuhkan rasa hormat

Kalau anak – anak sudah terbiasa menghormati orang lain terutama pada orang – orang yang lebih tua maka secara otomatis anak akan lebih terbiasa untuk menghargai orang lain yang pada akhirnya anak juga sudah terbiasa menghormati dirinya sendiri.

CTABARU3

Mobile Site CTA

5. Kebaikan hati

Dengan mengajari anak tentang kebaikan hati, mereka akan berkembang dengan pribadi yang penuh dengan belas kasih. Anak akan lebih memikirkan orang lain dari pada dirinya sendiri serta menyadari bahwa melakukan hal baik dan memberikan kebaikan pada orang lain adalah suatu hal yang benar.

 

6. Toleransi

Kecerdasan moral berikutnya yang perlu dilatih sejak dini pada anak adalah toleransi. Dengan memiliki sikap toleransi anak – anak akan memperlakukan orang lain dengan baik, perhatian, lebih memahami orang lain, menolak permusuhan, hal – hal keji, fanatic dan anak – anak juga akan terbiasa untuk bisa menghargai orang lain sesuai dengan karakter mereka.

 

Artikel terkait: Camping Asyik dengan Keluarga

  1. Manfaat Mengisi Akhir Pekan dengan Kemping Bersama Ana
  2. Yuk, Kemping Seru di Penghujung Minggu Sekitaran Jakarta Pakai Modal Tunaiku
  3. 7 Rekomendasi Glamping Seru Bareng Keluarga di Akhir Pekan

 

7. Keadilan

Poin dalam kecerdasan moral yang perlu dilatih pada anak sejak dini selanjutnya yaitu keadilan. Poin keadilan ini akan mendorong anak membela pihak – pihak yang diperlakukan secara nggak adil, dan memperlakukan semua orang tanpa memandang status ekonomi, suku, adat, ras, budaya, bangsa maupun keyakinan. Kamu bisa ajak anak bertemu dengan orang – orang dengan latar belakang yang beragam dan mengajari anak untuk memiliki pikiran yang terbuka.

Nah, itu dia hal – hal yang bisa kamu latih pada anak agar kecerdasan moral anak bisa terlatih dengan baik. Dengan begitu, anak akan mejadi pribadi yang cerdas secara akademik dan baik secara moral.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett