Beranda > Gaya Hidup > 6 Jenis Kaktus yang Lagi Tren dan Jadi Pilihan Percantik Rumah

6 Jenis Kaktus yang Lagi Tren dan Jadi Pilihan Percantik Rumah

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
6 Jenis Kaktus yang Lagi Tren dan Jadi Pilihan Percantik Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Mempunyai hunian yang sehat tentu menjadi impian semua orang. Salah satu cara agar rumah terlihat menarik dan sehat adalah menanam kaktus di sekitar rumah. Manfaat sehat yang seperti apa kira-kira?. Kaktus berperan sebagai pengusir bakteri dan polusi, menyaring udara dan menyuplai oksigen, serta mampu menyerap radiasi.


Selain memberikan banyak manfaat, saat ini menanam kaktus memang sedang tren. Kaktus terlihat unik sebagai tanaman hias dan perawatannya pun enggak begitu sulit. Apalagi bagi mereka yang memiliki hobi di bidang home gardening, terutama menanam kaktus. Tentu merawat kaktus bukan lagi jadi pekerjaan rumah, tetapi panggilan hati.


Tertarik menanam kaktus? Di sini ada beberapa jenis kaktus yang direkomendasikan untuk hunianmu!

 

Artikel terkait: Ide menata dan menghias kamar agar tampil menarik dan sopan.

  1. Ide Kamar Tematik untuk Kamar Anak Agar Tampak Ceria
  2. Ini Dia Tema Kamar yang Cocok untuk Anak-anak dan Orang Dewasa
  3. 5 Langkah Cepat Menata Kamar saat Kedatangan Tamu, Rapi dan Bersih

1. Ariocarpus

Jenis kaktus ini termasuk dalam kategori kaktus tidak berduri. Daunnya berbentuk prisma, tumpul, dan runcing. Warna daun yang muncul juga beragam. Begitu juga dengan bunganya yang hadir dengan variasi warna seperti ungu, putih, pink, kuning dan merah. Namun, karena keunikannya itu, kaktus ini dihargai sangat mahal. Kaktus Ariocarpus berdiameter 10 cm bisa dihargai sampai Rp 12 juta.  

 

2. Echinocactus grusonii

Kaktus yang berasal dari Meksiko ini disebut juga dengan golden barrel. Bentuknya yang mirip gentong besar dengan duri-duri yang menyelimutinya menjadi keunikan tersendiri bagi kaktus jenis ini. Di Indonesia banyak orang yang memburu echinocactus grusonii dan berani membayar harga tinggi untuk kaktus tersebut. Meskipun begitu, melalui toko online kamu tetap bisa mendapatkan harga murah lho, yaitu mulai Rp 35 ribu hingga Rp 60 ribu saja.

 

3. Gymnocalycium

Gymnocalycium merupakan bahasa Yunani yang artinya kelopak telanjang. Pada bagian bantalan kuncup kaktus ini halus, enggak ditumbuhi duri sama sekali. Ia juga memiliki bungan yang sangat indah, karena lebat akan kelopak bunganya. Harga kaktus Gymnocalycium cukup terjangkau yakni, Rp 50 ribu.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Haworthia attenuata

Haworthia attenuata berasal dari Afrika Selatan. Pada umumnya berbentuk seperti lidah buaya. Setiap daunnya memiliki corak berwarna putih, sehingga sering disebut tanaman zebra. Kaktus ini paling baik jika diletakkan di dalam ruangan, sebab ia memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap pencahayaan yang rendah. Di pasaran, kamu bisa mendapatkan jenis kaktus ini dengan harga Rp 25 ribu saja.

 

5. Cereus Tetragonus

Bentuknya sangat menarik karena seperti kastil dalam negeri dongeng. Kaktus yang tumbuh panjang seperti menara ini, bisa tumbuh sepanjang 2 meter atau 6 kaki. Setiap helainya tumbuh dengan ketinggian yang bervariasi dan diselimuti oleh duri. Sangat cocok di tanam di media pot atau dijadikan sebagai tanaman pagar. Harga kaktus ini cukup murah, kamu cukup siapkan uang sebesar Rp 22 ribu untuk membelinya.

 

6. Astrophytum

Pada umumnya kaktus memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Astrophytum merupakan jenis tanaman kaktus yang butuh waktu 4-5 tahun untuk tumbuh 5 cm saja. supaya tampak indah, kaktus ini harus diletakkan di ruangan tertutup dan dibuat pendek.

Untuk merangsang bunganya agar mekar, cukup dengan letakkan Astrophytum di ruangan bersuhu 40 derajat dan hindari paparan sinar matahari terlalu sering.  Buat kamu yang tertarik dengan Astrophytum, harganya sangat bervariasi. Mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 1,7 juta.

Menanam kaktus butuh kesabaran dan ketelatenan. Jangan lupa siapkan dana tambahan kalau memang ingin sekali membeli tanaman kaktus, karena harganya sangat bervariasi. Selamat berburu kaktus!



Artikel terkait: Inspirasi menarik buat kamu yang hobi masak di rumah!

  1. Yuk Dekor Sendiri Stoples untuk Kue Keringmu Agar Lebih Menarik
  2. Masak Sendiri Makanan Berbujet di Bawah Rp100 Ribu untuk Kumpul Keluarga
  3. Hobi Bikin Hidangan Pencuci Mulut? Wajib Tahu 8 Macam Pastry Berikut Ini!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett