Beranda > Gaya Hidup > 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara Jarak Jauh untuk Berlibur

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara Jarak Jauh untuk Berlibur

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara Jarak Jauh untuk Berliburwatermark

TUNAIKU.COM – Liburan tidak melulu menggunakan pesawat atau kereta. Liburan dengan jalur darat menggunakan mobil pribadi juga tak kalah serunya lho. Kita bisa mengatur sendiri kapan atau di mana ingin istirahat atau sekadar mampir ke tempat yang menarik sepanjang perjalanan.

 

Tak hanya itu, berlibur menggunakan kendaraan pribadi juga pasti memberi pengalaman seru, apalagi jika pergi bersama keluarga.

 

Nah, agar berkendaraan jarak jauh untuk berlibur nyaman dan lanvar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih. Kedengarannya sepele, tapi 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara jarak jauh untuk berlibur berikut ini, akan membuat perjalanan kamu semakin aman buat kamu dan juga keluarga.

 

Artikel terkait: Kiat aman dan nyaman berkendara lainnya

  1. Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan Setelah Liburan, Wajib Tahu!
  2. Pahami Penggunaan Jasa Mobil Penyelamat Saat Darurat
  3. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima

1. Hendak melakukan perjalanan jauh? Pastikan kondisi kendaraan prima

Satu atau dua hari sebelum melakukan perjalanan jauh, periksa lagi kondisi kendaraanmu. Lakukan servis menyeluruh untuk memeriksa apakah ada bagian-bagian pada kendaraanmu yang sekiranya kurang optimal. Baik itu mesin, rem, kondisi ban, kelistrikan, maupun instrumen keamanannya lainnya. Ada baiknya oli juga diganti sebelum dan sesudah pergi berlibur.

 

Mengoptimalkan kondisi kendaraan sebelum berangkat berlibur tentu penting. Kamu pasti nggak mau kalau kendaraanmu mendadak mogok, kan?

 

2. Cek ulang surat-surat kelengkapan berkendara

Yang ini nggak berhubungan dengan performa kendaraan, tapi hal ini juga bisa bikin kamu kerepotan lho kalau bermasalah. Cek lagi apakah pajak kendaraanmu beres? Kapan masa berlaku SIM dan STNK-mu habis? Jika memang harus diperpanjang, jangan tunda-tunda lagi. Jangan sampai kamu kena tilang di kota orang karena surat-surat berkendaramu bermasalah ya.

 

3. Hindari pemasangan aksesoris kendaraan yang nggak sesuai dengan aturan lalu lintas

Kelengkapan standar pada kendaraan sejatinya memang dirancang sesuai fungsinya. Yang paling sering ditemui pengendara adalah mengganti pion standar pada sepeda motor, atau mengganti klakson mobil seperti bunyi terompet. Nggak perlu menggantinya kelengkapan kendaraan dengan variasi-varias yang nggak fungsional. Selain melanggar aturan, hal ini bisa membahayakan keselamatan lho.

 

4. Nggak ada salahnya berinvestasi pada bagasi tambahan

Jikalau kamu ingin menambahkan variasi pada kendaraan, bagasi tambahan akan lebih aman dan fungsional. Misalnya bagasi tambahan yang pada atap mobil atau ekor sepeda motor akan sangat berguna baik ketika kamu melakukan perjalanan jauh maupun aktivitas sehari-hari. Kamu nggak akan terganggu bawaan barang juga bisa menyimpan tas jika hari sedang turun hujan.

 

Memang, disarankan agar kamu nggak membawa barang berlebihan. Tapi, opsi bagasi tambahan ini jelas lebih aman dan fungsional untuk mendukung aktivitas berkendaramu.

 

5. Beri tempat duduk khusus buat anak kecil

Kalau ada anak kecil di anggota keluargamu, pada saat berlibur atau berkendara jarak jauh, sebaiknya kamu sediakan tempat duduk khusus di dalam kabin mobilmu. Kursi pengaman anak akan menjaga si kecil lebih aman ketimbang hanya mengandalkan seat belt.

 

6. Pastikan kamu memakai perlindungan yang lengkap

Memang nggak disarankan untuk bepergian jauh menggunakan kendaraan roda dua. Selain risiko bahaya kecelakaan, juga risiko bahaya kesehatan. Namun jika kamu terpaksa menggunakan kendaraan roda dua, pastikan kamu sudah dibungkus oleh berbagai pengaman yang lengkap, seperti helm standar nasional, sarung tangan berkendara, jaket tebal dengan bantalan pelindung, sepatu boots, dan masker.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit online, berkendara jarak jauh

 

 

 

 

 

Artikel terkait: kewajiban-kewajiban lainnya untuk pemilik kendaraan pribadi

  1. Mengurus Balik Nama Mobil, Berapa Biayanya?
  2. Mau Beli Kendaraan Bekas? Simak Langkah Mengurus Balik Nama Beserta Estimasi Biayanya Berikut Ini
  3. Belajar dari Heboh Mobil Mewah Raffi Ahmad, Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Pajak Kendaraan Bermotor!

 

Menyiapkan hal di atas memang dibutuhkan biaya yang nggak sedikit, tapi bila berbicara soal keselamatan, biaya berapapun seharusnya nggak bisa dibandingkan. Keselamatan tetap menjadi hal yang harus diutamakan! So, jangan pelit ya untuk keselamatanmu sendiri.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett