Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Punya Kebiasaan Buruk Menunda-nunda

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Punya Kebiasaan Buruk Menunda-nunda

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Tips Menghadapi Pasangan yang Punya Kebiasaan Buruk Menunda-nundawatermark

TUNAIKU.COM – Procrastinator alias kebiasaan suka menunda-nunda jadi permasalahan semua orang. Dilihat dari sisi psikologis, kebiasaan buruk ini ternyata ada penyebabnya. Beberapa peneliti mengaitkannya dengan pola keteraturan dan keterampilan manajemen waktu. Bagi saya, pekerjaan yang harus diselesaikan ya tuntas nggak boleh ditunda hingga esok hari.

Namun, bagaimana jika mendapatkan pasangan yang suka menunda-nunda?Selalu mengingatkan pastinya bukan menjadi solusi. Akan lebih baik kesadaran muncul dari diri sendiri. Lalu pasangan yang baik akan mendorong kebiasaan menunda-nunda perlahan menghilang.

Agar masalah menghadapi pasangan yang suka menunda-nunda lebih ringan, begini caranya yang perlu kamu lakukan.

 

Artikel terkait: Tips jitu menghadapi pasanganmu yang ‘bermasalah’

  1. Inilah 5 Jurus Jitu Menghadapi Pacar Boros!
  2. Punya Pasangan yang Gila Kerja? Ini 6 Kiat yang Bisa Kamu Lakukan!
  3. Punya Pasangan Gamers Akut? Ini Trik Jitu Menghadapinya!

1. Ketahui dan pahami alasan pasangan kerap menunda-nunda

Nggak sekadar alasan yang mereka ucapkan lho. Karena, mereka yang ­menunda-nunda bukan semata-mata karena malas atau nggak paham urgensi. Dilansir dari Psychology Today, seenggaknya ada 3 tipe procrastinator: Pertama,  yang memang suka dengan sensasi rush di detik-detik terakhir.

Kedua, yang bimbang dengan pilihan-pilihannya sampai kehabisan waktu. Ketiga, yang memang menghindari kewajiban karena ada rasa takut dan kecemasan (anxiety) atas hasilnya. Coba deh mulai indentifikasi pasanganmu termasuk tipe yang mana, supaya kamu tahu cara tepat mengatasinya.

 

2. Menahan diri untuk nggak bersikap kritis dan marah saat pasangan mulai berulah

Rasa-rasanya susah untuk nggak bersikap kritis saat mereka sudah mulai berulah. Tapi, cobalah untuk nggak terus-terusan meneror mereka dengan peringatan ini-itu. Alih-alih langsung dikerjakan, bakal malah makin malas, lho. Para procrastinator itu lebih menyukai situasi yang kondusif dan kalem, di mana mereka bisa memegang kontrol. So, daripada makan hati karena selalu marah-marah, mending keep calm and just see.

 

3. Membuat daftar prioritas dan berikan urgensi

Salah satu hal yang bikin kesal saat punya pasangan yang suka menunda-nunda adalah kita nggak tahu kapan mereka akan benar-benar melakukan kewajibannya. Oleh karena  itu, pastikan bahwa kamu benar-benar memberitahu mereka mana pekerjaan yang benar-benar urgen dan mana yang kurang urgen, alias ada daftar prioritasnya.  Dengan begini, mereka bisa lebih ngeh betapa pentingnya hal ini.

Tunaiku, KTA

Mobile Site CTA

4. Beri deadline agar segera dikerjakan dan berikan ultimatum jika nggak dikerjakan

Karena kesabaran itu ada batasnya. Jika kamu menghendaki pasangan untuk melakukan sesuatu, daripada sekadar menyuruh, coba deh tanyakan juga “Butuh waktu berapa lama untuk selesai?”

Jika ia menjawab “Dalam 30 menit”, dan sudah 40 menit berlalu, well, lebih baik kamu beranjak dari tempat duduk dan lakukan saja sendiri.  Kalau ditanya “Kok nggak nunggu?” kamu bisa bilang seperti: “Soalnya, saya menghormati kesibukanmu.” Sedikit menyindir nggak akan membunuh, kan?

 

5. Penuhi dengan afirmasi positif dan penghargaan jika berhasil menyelesaikan kewajibannya

Sering untuk mengafirmasi atau memberikan semangat agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Alasannya sederhana, respons positif seperti ini sesungguhnya jauh lebih efektif daripada bereaksi dengan  marah-marah dan menyudutkan pasangan.

Kira-kira setelah mengetahui 5 tips menghadapi pasangan yang suka menunda-nunda, apakah kamu berniat memulainya? Kebiasaan buruk satu ini memang susah dikoreksi, sih. Tapi, jika komunikasi antara kedua belah pihak berjalan baik, pastilah akan ketemu titik temunya.

 

Artikel terkait: Untukmu yang tuna asmara

  1. Alasan Kamu Masih Jomblo, Lihat Berdasarkan Zodiak!
  2. Jomblo dan Merasa Susah Dapat Pacar? 16 Tipe Kepribadian Ini Jawabannya
  3. Jangan Sedih! Walau Jomblo, Ini 5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Valentine

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett