Beranda > Gaya Hidup > 5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol Menurut para Ahli

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol Menurut para Ahli

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol Menurut para Ahliwatermark

TUNAIKU.COM-Tahukah kamu kalau memiliki pasangan yang suka mengontrol ternyata bisa memberi efek buruk pada diri. Kamu nggak akan pernah tahu, kapan kebiasaan mengontrol ini akan berubah menjadi serangan fisik. Dan lagi, kebiasaannya yang suka mengatur bisa membuat suatu hubungan jadi runyam dan nggak tertahankan.

 

Makanya, kamu mesti ekstra hati-hati saat menjalin hubungan dengan pasangan yang suka mengontrol. Elitedaily.com membeberkan beberapa tanda yang menunjukkan kalau pasanganmu memang suka mengatur.

 

1. Posesif

Menghabiskan waktu berdua memang penting buat meningkatkan kualitas hubungan. Namun, pacar suka cemburu kalau kamu melakukan suatu aktivitas tanpa melibatkan dirinya. Maunya, sih, kemana-kemana denganmu terus!

 

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Sikap Cemburu

  1. Bagaimana Cara Menghadapi Bila Suami Cemburu dengan Kesuksesan Istri?
  2. Tips Supaya Anak Angkat dan Anak Kandung Akur
  3. Cara Jitu Menghindarkan Anak dari Pertengkaran dengan Saudaranya

 

Sikap seperti ini bisa menjadi sebuah pertanda kalau dia memang tipe yang mengontrol. Sikap cemburu berlebihan merupakan tanda kalau dia itu posesif dan nggak percaya pada dirinya sendiri.

 

2. Perhatian yang berlebihan

Para cewek sering menyalahartikan sikap mengontrol berlebihan kekasihnya sebagai bagian dari sikap perhatian. Cewek mana yang nggak akan meleleh hatinya saat sang pacar memilih baju untuk berpesta untukmu? Atau dia inisiatif untuk memilih menu tiap kali dinner?

 

Sikap ‘perhatian’ ini ternyata bisa menjadi bagian dari sikap mengontrol dan mengatur pasangan. Dia nggak ingin kamu memakai baju di luar kesukaannya. Atau malah, kamu juga mesti minta izin dulu padanya saat akan berteman dengan seseorang? Bisa jadi, memang dia adalah tipe yang suka mengontrol orang lain.

 

3. Menghukum dalam diam

Kalau pacar ngambek dengan diam seribu bahasa saat kamu nggak setuju dengan pendapatnya, kamu harus waspada, nih! Artinya, dia sedang menghukum dalam diam, lho. Ini adalah sikap manipulatif yang membuatmu merasa bersalah sampai putus asa hingga mau melakukan segalanya agar dimaafkan. Ihh, nggak keren banget, sih!

 

4. Nggak menghargai privasimu

Ketika menjalin hubungan dengan orang yang suka mengontrol, lambat laun kamu akan kehilangan privasi. Mereka cenderung membatasi kebebasan dan merasa memiliki hak untuk mengatur hidupmu.

 

Dia pun nggak segan untuk mengecek email, sms, chat sampai pencarian internet tanpa izin. Kalau sampai dia melakukan semua ini maka dia sudah melampaui batas. Kalau masih saja dilakukan, bisa-bisa kamu kehilangan kepercayaan padanya. Atau malah jadi takut dan merasa terlalu terikat dengan pasangan.

 

5. Membuatmu jauh dengan sahabat karib

Kalau pasangan sering membatasi ruang pergaulanmu, ini bisa menjadi tanda kuat kalau dia suka mengontrol. Apalagi, kalau dia sampai nggak suka dengan sahabat karibmu tanpa alasan yang jelas. Dia nggak suka ‘membagi’ dirimu dengan orang lain.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatasi Masalah dalam Suatu Hubungan

  1. 7 Masalah yang Dianggap Sepele tapi Jadi Tanda Toxic Relationship, Hati-Hati!
  2. Saat Ayah Alami Sindrom Baby Blues, Ini Tips Mengatasinya!
  3. 5 Tips Jitu untuk Pasangan Menikah yang LDR Agar Hubungan Tetap Awet

 

Kalau kamu nggak dekat dengan teman, si dia makin gampang mengontrolmu. Karena pada dasarnya, kamu merasa nggak punya orang lain selain dia. Makanya, sepenuh hati kamu berusaha menjaga hubungan dengan satu-satunya orang yang kamu miliki.

 

Kesannya memang remeh, tapi kebiasaan mengontrol ini bisa memicu timbulnya kekerasan fisik dan mental, lho! Kalau memang ingin mempertahankan hubungan, jangan takut untuk mengatakan kekhawatiranmu pada pasangan.

 

Jika sikapnya sama sekali nggak berubah, pastikan kamu segera berpisah darinya. Minta bantuan teman dekat dan keluarga agar benar-benar berpisah dengan aman. Jangan sampai kamu disakiti oleh pasangan yang terlalu suka mengontrol dan posesif.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett