Beranda > Gaya Hidup > 5 Rekomendasi Pantai dengan Spot Surfing dan Kemah Terbaik di Jawa

5 Rekomendasi Pantai dengan Spot Surfing dan Kemah Terbaik di Jawa

Tunaiku
5 Rekomendasi Pantai dengan Spot Surfing dan Kemah Terbaik di Jawawatermark

TUNAIKU.COM-Kamu pasti sepakat kalau saya bilang Pulau Jawa adalah pulau terpadat dan tersibuk di Indonesia, apalagi ibukota negara juga terletak di pulau ini. Meski demikian, Jawa juga punya hutan, gunung, pantai, dan tempat wisata menakjubkan. Nah, untuk pantai di Jawa, berikut beberapa di antaranya yang memiliki spot surfing dan kemah terbaik.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

  1. 4 Rekomendasi Tempat Hits untuk Liburan Glamping di Sekitar Bali
  2. 5 Destinasi Kece di Kepulauan Seribu untuk Akhir Pekanmu!
  3. 5 Wisata Jembatan Gantung di Indonesia, Berani Coba?

 

1. Pantai di Kawasan Cimaja

Sebagai salah satu desa yang menjadi bagian dari Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi, Cimaja menawarkan pantai yang tidak hanya cocok untuk pemula, tapi juga untuk para surfer profesional. Apalagi, sudah sejak dulu Cimaja ini menjadi tempat berlangsungnya kompetisi surfing. Bahkan, banyak atlet surfing dari kawasan ini yang berhasil meraih juara surfer skala internasional.

 

Bahkan, Cimaja juga punya Sawarna dan Ujung Genteng yang terkenal akan keeksotisannya sehingga sayang kalau dilewatkan. Nah, buat kamu yang ingin berkemah, ada banyak tanah kosong di sepanjang jalan yang bisa dijadikan tempat untuk bermalam. Namun, kamu harus minta izin dulu pada pemilik atau pihak yang berwenang agar bisa tidur dengan tenang.

 

2. Pantai G-Land Plengkung

Spot yang satu ini terletak di Banyuwangi, tepatnya di Pulau Merah atau Red Island. Kalau disetarakan, potensi pantai di Banyuwangi ini memang sejajar dengan pantai-pantai di Bali. Namun, keduanya tetap memiliki karakter dan keunikan tersendiri yang membuatnya diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Pantai di Jawa ini memang menawarkan ombak kiri yang tidak ada bandingannya dengan ombak-ombak lainnya yang ada di dunia. Jadi, tidak heran jika Banyuwangi, khususnya Red Island dijadikan lokasi kompetisi surfing kelas dunia. Bahkan, G-Land Plengkung disebut-sebut sebagai saingan terberat untuk pantai-pantai yang terletak di Bali dan Lombok.

 

3. Pantai-pantai di Pulau Panaitan

Pantai-pantai di pulau yang tidak jauh dari Selat Sunda ini memang terkesan ‘diam-diam menghanyutkan’. Anginnya terasa sepoi-sepoi, tapi ternyata mampu membuat gulungan ombak yang cukup besar. Namun, kamu tidak usah khawatir, karena spot surfing di pantai-pantai sekitar Selat Sunda ini termasuk ‘ramah’ untuk surfer pemula.

 

Pulau yang berada dalam nauangan Taman Nasional Ujung Kulon ini termasuk dalam masa pengembangan. Banyak hotel dan resor yang rencananya akan dibangun di sini. Selain berkemah, kamu bisa memilih on boat living. Jadi, kamu bisa sekalian mempelajari kehidupan para nelayan yang juga sudah terbiasa dengan keberadaan para surfer.

 

4. Pantai Watukarung

Pantai ini terletak di Pacitan, salah satu kota di Jawa Timur yang sering disebut Kota Seribu Satu Goa dan mudah diakses dari Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pantai ini dipenuhi dengan goa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Spot surfing yang satu ini juga sangat cocok buat kamu yang sudah profesional.

 

Sedangkan untuk pemula dan menengah, butuh beberapa kali usaha untuk menaklukkan ombak di Pantai Watukarung, Karena fasilitas di sini masih minim, meski sudah ada cottage, sebaiknya jangan lupa bawa tenda karena kemungkinan kamu harus berkemah. Selain goa, Watukarung terkenal dengan batu mulia yang dihasilkannya, salah satunya adalah batu akik.

 

Artikel Terkait: Tips Memperoleh Tiket Pesawat dengan Harga Termurah

  1. Terbang ke Luar Negeri, Begini Trik Mudah Dapatkan Tiket Murahnya!
  2. Saat Pesan Tiket Pesawat, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini!
  3. 5 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Kalau Mau Berangkat Liburan

 

5. Pantai di Batu Karas

Kamu pernah mendengar Batu Karas? Spot di Pantai Pangandaran ini merupakan surga bagi new surfer di Pulau Jawa. Jadi, memang kurang tantangannya kalau kamu termasuk surfer yang sudah profesional. Tidak heran kalau banyak orang kota yang masih baru dalam dunia surfing, memilih tempat ini untuk belajar surfing sekaligus rekreasi dan berkemah.

 

Nah, dari kelima spot surfing pantai di Jawa tersebut, pantai mana yang sudah memenuhi kriteria kamu? Kalau kamu sudah menentukan pilihan, jangan lupa untuk menerapkan etika, yaitu selalu menjaga kebersihan saat surfing dan berkemah atau camping.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett