Beranda > Gaya Hidup > Saat Pesan Tiket Pesawat, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini!

Saat Pesan Tiket Pesawat, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini!

Saat Pesan Tiket Pesawat, Hindari 5 Kesalahan Fatal Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Pesawat terbang bukan lagi hal yang langka bagi kita. Adanya low-cost carrier alias maskapai murah membuat moda transportasi satu ini mudah dijangkau semua kalangan. Terlebih, teknologi yang tersedia pun memudahkan kita untuk memesan tiketnya secara online.

Segalanya memang jadi gampang, tapi jangan sampai kamu menyepelekan urusan pemesanan tiket pesawat, ya. Meski terkesan sepele, beberapa kesalahan di bawah ini cukup fatal dan bisa membuatmu gagal terbang, lho!

 

1. Keliru mencantumkan nama pada tiket yang dipesan

Ini adalah kesalahan fatal yang cukup sering terjadi. Karena terburu-buru memasukkan data diri pada saat memesan tiket secara online, tanpa sadar ada kesalahan penulisan nama di sana atau keliru antara data pemesan dan calon penumpang. Padahal, jika nama yang tertera nggak sesuai dengan kartu identitas, bisa-bisa kamu ditolak pada saat check-in.

Jadi, pastikan nama yang tertera di tiket pesawat sesuai dengan kartu identitas. Biar aman, nggak perlu mencantumkan gelar apapun di situ. Gelar Mr/Mrs/Ms juga wajib diperhatikan. Hal ini juga berlaku untuk calon penumpang yang masih bayi dan anak-anak. Kalau memang terjadi kesalahan maupun typo, segeralah menghubungi pihak layanan pelanggan untuk memperbaiki hal tersebut.

 

2. Memesan tiket non-promo dengan jadwal keberangkatan yang masih sangat lama

Tiket pesawat memang lebih murah ketika dipesan jauh-jauh hari. Bahkan, beberapa maskapai kerap menjual tiket promo dengan harga sangat miring dalam waktu terbatas dan jadwal keberangkatan yang masih cukup lama, bisa berbulan-bulan hingga setahun.

Tapi jika itu adalah tiket non-promo, sebaiknya hindari melakukan pemesanan dengan jadwal keberangkatan yang terlampau lama, terlebih jika tiketnya nggak bisa di-refund dan dijadwalkan ulang, Selain selisih harganya nggak terlalu jauh, kita juga nggak pernah tahu halangan yang mungkin terjadi pada saat keberangkatan. Bisa saja kita tengah jatuh sakit atau pas ada kerjaan yang nggak bisa ditinggal.

 

Artikel terkait: Tips liburan murah meriah

 

3. Tidak mentransfer harga tiket sesuai nominal yang tertera

Beberapa penyedia jasa pemesanan tiket pesawat online memberlakukan angka unik, sehingga nominal yang mesti kamu transfer mungkin sedikit berbeda dengan harga tiket aslinya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengecekan dan validasi pembayaran. Jadi, saat melakukan pembayaran dengan metode transfer, pastikan kamu memasukkan nominal dan rekening tujuan dengan tepat.

 

4. Mengabaikan detail biaya penerbangan

Selain harga tiket, ada beberapa biaya lain yang mesti kamu perhatikan, seperti pajak bandara, biaya bagasi, maupun tempat duduk. Ada yang sudah memasukkan semua elemen tersebut ke dalam harga tiket, ada pula yang tidak. Jadi, jangan langsung tergiur dengan frase “tiket murah” saja, pastikan biaya apa saja yang sudah termasuk di dalam tarif tiket tersebut.

 

5. Masa berlaku paspor dan visa

Hal ini penting jika kamu hendak terbang ke luar negeri. Wisatawan yang hendak bepergian ke luar negeri biasanya sudah memesan tiket jauh-jauh hari. Pastikan kamu mengecek tanggal kadaluarsa paspor/visa dan menyesuaikannya dengan jadwal keberangkatanmu. Jangan sampai kamu ditolak gara-gara paspor yang hampir habis masa berlakunya. Amannya, beri jarak 6 bulan sebelum tanggal habis berlaku. Contoh, tanggal habis berlaku paspormu adalah 15 September 2017. Maka, paspor kamu bisa digunakan sebelum 15 Maret 2017, tapi tidak bisa setelah tanggal tersebut. Biasanya, kamu dilarang terbang jika paspor berada dalam ‘masa tenggang’ 6 bulan tersebut.

 

Artikel terkait: Pembuatan paspor

 

Itu dia 5 kesalahan saat memesan tiket pesawat. Semoga kamu nggak pernah melakukan kesalahan-kesalahan di atas, Kawan Tunaiku!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett