Beranda > Gaya Hidup > 5 Kesalahan Menyetir yang Bikin Boros BBM

5 Kesalahan Menyetir yang Bikin Boros BBM

5 Kesalahan Menyetir yang Bikin Boros BBMwatermark

TUNAIKU.COM – Saya pernah punya pengalaman buruk dengan mobil saya. Dulu, saat saya baru membelinya dengan sistem pembayaran kredit, begitu lunas, saluran yang berhubungan dengan bahan bakar jadi rusak. Setelah konsultasi dengan tukang bengkel, ternyata kesalahan menyetir  yang bikin semua itu terjadi, ang ujung-ujungnya bikin boros BBM.

 

Ternyata ada beberapa kesalahan menyetir yang juga bikin boros BBM. Apa saja itu? Ini 5 kesalahan menyetir yang bikin boros BBM.

 

Artikel terkait:

  1. Hal-hal Berikut Ini Wajib untuk Diketahui Pengemudi Wanita Sebelum Menyetir
  2. 5 Rekomendasi City Car untuk Perempuan yang Paling Cocok
  3. 10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menyiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

 

1. Menyetir dengan AC Menyala

Nyala AC memang bikin tubuh kita lebih rileks. Apalagi saat terjebak kemacetan di jalanan kota yang panas bukan main. Barangkali pada saat itu kamu tengah diburu waktu dan khawatir di ketika tiba di kantor dalam keadaan berkeringat. Tidak mengapa kalau hanya sebentar. Tapi kalau lama, bisa-bisa bahan bakar mobilmu boros.

 

Ada keuntungan tersendiri ketika melintasi jalanan pedesaan. Sepanjang jalan, banyak pepohonan berderet-deret dan bikin udara jadi segar. Kalau toh kamu matikan AC, masih nggak terlalu panas. Jadi matikan saja. Nyalakan lagi ketika berada di jalanan kota yang panas. Kalau bisa, jangan nyalakan AC sampai lebih dari 20 menit kalau mau irit bahan bakar.

 

2. Bawa Barang yang Berat

Maklum, saya dulu bekerja di bidang pelayanan jasa. Dengan kata lain, sopir taksi atau semacam itulah. Dibanding teman-teman sesama sopir, saya tergolong kurang beruntung. Soalnya hampir tiap hari penumpang yang menyewa jasa saya itu bawaan barangnya berat-berat. Kata tukang bengkel itu, bawaan yang berat juga bisa bikin boros BBM.

 

Tidak hanya itu pekerjaan saya. Banyak relasi yang juga sering minta bantuan saya untuk mengirim barang dari kota satu ke kota lain. Rata-rata barang yang saya kirim itu barang elektronik, semacam televisi, kulkas, dan juga barang-barang yang terbuat dari baja. Demi tambahan penghasilan, saya dulu tidak mau tahu risiko semacam boros BBM atau lainnya.

 

3. Salah Memasukkan Gigi

Poin ini terjadi pada awal-awal saya memiliki mobil. Kesalahan menyetir dan penyebab BBM boros ini mungkin wajar bagi pemula. Tapi tidak wajar apabila dampaknya bikin sebagian komponen mobil rusak seperti yang saya lakukan. Seharusnya dulu saya sering latihan dulu mengendarai mobil di kursus setir mobil.

 

Dulu saya hanya ambil kursus selama 2 bulan saja. Setiap kali saya melakukan kesalahan, selalu diingatkan mentor saya. Dia selalu mengingatkan, bahwa salah memasukkan gigi bisa bikin boros BBM. Persis dengan yang dikatakan tukang bengkel itu. 

 

Artikel terkait:

  1. 4 Hal yang Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil, Wajib Diperhatikan!
  2. Tertarik Membeli Mobil Keluarga? Simak 7 Rekomendasi Ini!
  3. Tertarik Membeli Mobil Murah Bekas Rental? Simak Dulu Pro-Kontranya Berikut Ini!

 

4. Tancap Gas Begitu Nyala

Kesalahan ini yang paling sering saya lakukan. Soalnya saya dikejar-kejar pelanggan. Harus antar ini-itu. Belum lagi saat saya sudah agak mahir dan kerja jadi sopir taksi, pelanggan yang bawaannya berat-berat itu rajin sekali memesan jasa saya. Mau diangkati tidak enak. Toh rezeki, pikir saya waktu itu.

 

Jadi, pada waktu pukul 6 pagi, saya langsung sarapan. Kemudian menyalakan mobil. Begitu sudah menyala, tanpa menunggu mesin panas, langsung meluncur ke TKP. Saya benar-benar tidak tahu kalau aktivitas semacam itu bisa bikin boros BBM. Kalau dulu tahu begitu mah saya akan menunda sejenak biar mesin mobil agak panas.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kesalahan menyetir bikin boros BBM, yang bikin boros BBM

 

5. Tekanan Ban Tidak Pas

Poin kelima ini merupakan bagian dari ketidaktahuan saya. Maklum, saya bukan jebolan sekolah otomotif yang bisa memahami ban mobil serta suku cadangnya dengan baik. Saya hanya tahu, kalau mobil bisa digunakan dengan baik, artinya masih waras. Rupanya tekanan ban mobil juga sangat berpengaruh terhadap daya konsumsi BBM-nya.

 

Kesalahan menyetir ini harus kamu antisipasi lebih dini. Minimal sebelum punya mobil sendiri. Jangan sampai kamu punya pengalaman seperti saya. 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


TUNAIKU

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett