Beranda > Gaya Hidup > 4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahan

4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahan

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahanwatermark

TUNAIKU.COM-Saat mempersiapkan pernikahan banyak hal yang harus dipikirkan seperti sewa gedung, pesan katering, dekorasi, gaun dan make up pengantin dan yang nggak kalah penting sebagai syarat wajib pernikahan, yaitu mahar. Di Indonesia sendiri mahar yang biasa dipakai adalah uang tunai, perhiasan emas, hingga seperangkat alat salat. Untuk mahar uang tunai pun sangat variatif tergantung dengan nominal mahar yang akan diberikan. Nah, kalau kamu bosan dengan mahar yang itu-itu saja dan ingin sesuatu yang berbeda di pernikahanmu nanti coba deh ganti mahar mainstream tersebut dengan contoh mahar yang unik berikut ini. Berikut ulasannya.

 

1. Uang Kuno

Kalau kamu berpikir bahwa mahar menggunakan uang kuno hanya akan memperkecil nilai mahar maka kamu salah. Karena dengan memberikan mahar uang kuno malah akan menambah keunikan dari pernikahanmu. Selain itu uang kuno banyak diburu oleh kolektor sehingga harganya bisa mencapai puluhan kali lipat bahkan bisa melambung sangat tinggi sesuai dengan kelangkaan uang kuno tersebut. Namun, kalau kamu memang nggak sanggup dan sulit menemukan uang kuno, kamu bisa pakai replika uang kuno tersebut untuk dipajang di bingkai mahar sebagai formalitas saat melangsungkan akad pernikahan.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Foto Gaun Pernikahan

  1. 7 Foto Inspirasi Modifikasi Gamis untuk Baju Pernikahanmu
  2. Tanggal Pernikahan Terbaik di 2018 Berdasarkan Zodiak
  3. 6 Tren Sajian Pernikahan Sepanjang Tahun 2018 ala Pinterest

 

2. Emas Batangan

Mahar dengan emas batangan juga cukup keren untuk dicoba. Selain nilainya emas yang stabil dan cenderung terus meningkat, emas batangan juga bisa menambah kadar gengsimu di pernikahan nanti. Apalagi kalau emas batangan yang akan kamu jadikan mahar memiliki berat gram yang lumayan dengan kadar 24 karat. Pasti akan membuat pernikahanmu menjadi lebih berkesan baik di mata pengantin, keluarga, maupun tamu undangan.

 

3. Logam Mulia

Emas batangan mungkin harus dibeli dengan mengeluarkan cukup banyak bujet karena jumlah gram nya yang cukup fantastis di setiap batangannya. Nah, untuk kamu yang masih ingin memberikan berbentuk emas, kamu bisa mencoba memberikan logam mulia. Karena mahar dengan logam mulia ini juga bisa disesuaikan berat gramnya sesuai dengan kemampuanmu. Apalagi logam mulia ini juga dicetak dengan berbagai ukuran mulai dari yang paling kecil seberat 1 gram saja.

 

1

Mobile Site CTA

 

 

4. Dinar dan Dirham

Selain logam mulia kamu juga bisa menggunakan mata uang dinar atau dirham sebagai mas kawin. Dinar sendiri adalah uang emas murni yang sesuai hukum syariah memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce. Sedangkan Dirham yaitu perak islam yang memiliki kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce atau setara dengan 3,11 gram. Dinar dan dirham memang jarang dijadikan sebagai mahar di Indonesia, jadi kalau mahar pernikahanmu memakai dinar dan dirham dijamin pernikahanmu menjadi lebih berkesan.

 

Artikel terkait: Gaun yang bisa kamu kenakan saat pernikahan

  1. 5 Inspirasi Baju Pernikahan Adat Minang, Mewah dan Elegan
  2. 8 Inspirasi Gaun Pernikahan dari Selebriti Korea
  3. Lebih Baik Mana, Sewa Baju Pengantin atau Bikin? Yuk, Cek Beberapa Pertimbangannya!

 

Nah, itu dia beberapa jenis mahar yang bisa kamu pilih untuk pernikahanmu dengan pasangan. Meski terdengar keren dan anti mainstream tetap sesuaikan dengan bujet dan kemampuanmu, ya. Jangan sampai setelah menikah kamu pusing sendiri karena tabunganmu habis untuk dibelikan mahar.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett