Beranda > Finansial > Yuk, Kenali dan Pahami Lebih Dalam Mengenai Beta Saham

Yuk, Kenali dan Pahami Lebih Dalam Mengenai Beta Saham

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Yuk, Kenali dan Pahami Lebih Dalam Mengenai Beta Sahamwatermark

TUNAIKU.COM-Lot, divestasi, cut lost, hingga EPS adalah beberapa istilah sulit dalam investasi saham. Bagi orang awam, istilah-istilah ini pasti sukar untuk dipahami. Saya pun kadang masih harus Googling setiap kali lupa dengan artinya, hehehe.

 

Selain istilah yang sudah saya sebutkan di atas, ada satu lagi istilah penting yang mesti kamu pelajari, yakni beta saham. Meski istilah ini sering disebutkan dalam artikel investasi, tetapi masih banyak yang belum begitu paham dengan artinya, lho.

 

Padahal, beta saham itu fungsinya sangat penting dalam investasi saham. Salah satunya adalah untuk mencari tahu level risiko dari suatu saham dibandingkan dengan risiko pasar. Beta saham menjadi indikator penting untuk melihat sejarah level risiko suatu saham.

 

Agar lebih jelas, ini dia ulasan lengkap tentang beta saham.

 

1. Pengertian Beta Saham

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, beta saham adalah sebuah komponen dalam investasi yang dipakai untuk mengukur risiko sistematik saham terhadap risiko pasar. Setelah melihat level risiko pasar, para investor pun bisa menyesuaikan level sensitivitas suatu saham sesuai dengan risiko pasar yang ada.

 

Artikel Terkait: Tips Investasi

  1. Ini Dia Cara Supaya Kamu Bisa Dapatkan Deviden Saham dari Perusahaan
  2. 7 Kiat Jitu Mengurangi Kerugian dalam Investasi Saham
  3. 5 Langkah Penting Sebelum Berinvestasi Saham IPO, Perhatikan dan Pertimbangkan!

 

Makanya, beta saham menjadi indikator penting dalam sukses atau nggaknya suatu investasi saham. Karena kamu bisa melihat sejarah risiko, level risiko, dan level risiko pasar dengan bantuan beta saham. Dengan begini, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dan terhindar dari kerugian.

1

 

Mobile Site CTA

2. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Indikator Beta Saham?

Apa saja kelebihan dari beta saham? Ini dia penjelasan lengkapnya!

 

-Bisa dipakai untuk indikator alternatif untuk mengukur risiko saham

Kalau kamu kebingungan untuk mencari level risiko dari suatu saham, beta saham bisa menjadi pilihan alternatif. Beta saham ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang menanam modal di banyak saham. Sehingga, kamu bisa terhindar dari kerugian di semua modal yang kamu tanamkan. Dengan adanya beta saham, saat kamu dihadapkan pada portofolio investor, maka bisa memperbaiki ukuran risiko total.

 

-Memberi info tambahan histori arah pergerakan harga saham

Nah, apakah kamu mencari saham potensial di masa depan? Kamu bisa melihatnya dari beta saham, lho. Dengan rutin ‘memainkan’ beta saham, kamu bisa memperoleh info tambahan histori arah pergerakan harga saham. Memang, sih, belum tentu akurat, tetapi minimal kamu bisa memperkirakan peningkatan harga saham tertentu.

 

Meskipun begitu, beta saham juga tetap ada kekurangannya. Seperti halnya pelajaran sejarah, kamu bisa mengambil pelajaran dari cerita masa lalu dan memakainya untuk memprediksi masa depan. Namun, hasilnya belum tentu benar 100 persen, bukan?

 

Artikel Terkait: Belajar tentang Saham Sedari Dini

  1. Mengenal Lebih Jauh Istilah Short Sell di Pasar Saham
  2. Yuk Pelajari Perbedaan Invetasi Saham dan Reksa Dana
  3. Mengenal Lebih Dalam Uptrend, Downtrend, dan Sideway dalam Bermain Saham

 

Nah, sama juga dengan beta saham ini. Kamu bisa melihat histori level risiko suatu saham. Namun, data ini belum tentu akurat. Apalagi, kalau diterapkan di Indonesia di mana masih dipengaruhi oleh ikut campur bandar. Kondisi yang kurang kondusif membuat beta saham menjadi pilihan yang kurang efektif.

 

Itu dia penjelasan mengenai beta saham dalam investasi. Kalau ingin menjadi investor yang ahli dan berpengalaman, kamu mesti mempelajari beta saham. Dengan menguasai beta saham, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dan terhindar dari kerugian.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett