Beranda > Finansial > Yuk, Belajar Investasi dari Kisah Pahit Selebriti Tanah Air

Yuk, Belajar Investasi dari Kisah Pahit Selebriti Tanah Air

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Yuk, Belajar Investasi dari Kisah Pahit Selebriti Tanah Airwatermark

TUNAIKU.COM – Investasi. Investasi. Beberapa bulan belakangan ini, saya tertarik untuk berinvestasi gara-gara mengikuti account Instagram financial adviser yang sedang hits. Kebetulan, sekitar satu bulan lalu saya sempat ngobrol mengenai kesempatan investasi bersama teman saya yang sudah lama investasi emas, reksadana, dan baru-baru ini tertarik untuk investasi properti. Ia bercerita mengalami prospek keuntungan, tren-tren yang sedang naik, dan tentunya pengalaman pahit yang pernah ia cicipi.

Menarik, sekaligus sedkit bikin takut. Saya jadi teringat beberapa kisah selebriti yang juga menggeluti investasi, yang nggak semuanya berakhir manis dengan kekayaan yang berlipat ganda. Ada juga yang malah bikin buntung.

Makanya, sebelum terjun ke investasi yang sama, coba yuk kita simak pengalaman gagal para selebritis yang pernah investasi.

 

Artikel terkait: Tips investasi aman

  1. 4 Tips Bagi Milenial yang Ingin Berinvestasi Saham
  2. Ragu Menyimpan Emas di Rumah? Ini Dia 5 Tips agar Investasi Emasmu Tetap Aman!
  3. Tips Agar Investasi P2P Lending-mu Aman

1. Kevin Aprilio

Musisi muda Kevin Aprilio ternyata pernah mengalami momen pahit investasi trading forex di tahun 2015. Saat itu, kerugian yang ia tanggung nggak main-main jumlahnya, Rp8,5 miliar.

Seperti dilansir dari vivo.co.id, penyebab kerugian ini ternyata gara-gara Kevin bekerja sama dengan trader yang salah. Alias, kena tipu. Alih-alih transparansi dalam penyaluran dana dan hasil, si trader justru menghilang setelah miliaran dana terkumpul dari beberapa orang berbeda, termasuk dari Kevin.

Namun, untungnya, Kevin sudah belajar banyak nih. Sekarang, Kevin justru mendirikan usaha broker yang berkantor di daerah Lebak Bulus.

2. Ferdi Hasan

Presenter kondang Ferdi Hasan juga pernah merugi gara-gara investasi bodong, nih. Kerugian yang dialami, konon mencapai Rp 12 miliar. Kejadian pahit ini terjadi sekitar tahun 2014, saat Ferdi memutuskan untuk berinvestasi di beberapa perusahan investasi yang ditawarkan oleh perencana keuangannya pada saat itu. Alih-alih mendapatkan return, dana yang ia tanam justru dibawa lari oleh si pengelola, ada yang orangnya dipenjara, ada pula yang nggak jelas juntrungannya.

Dari yang berhasil ditelusuri, konon sebagai dana yang ia tanam ada yang dikembalikan oleh sang perusahan investasi. Walaupun dengan cara mencicil.

CTABARU1

Mobile Site CTA

3. Hengky Kurniawan

Meski jumlahnya nggak sefantastis Ferdi Hasan ataupun Kevin Aprilio, artis Hengky Kurniawan juga pernah nih mengalami kerugian gara-gara investasi bodong. Kasus ini ia alami di bisnis rental mobil dari seorang kenalannya. Di bisnis ini, Hengky konon menitipkan lima mobil plus uang sejumlah Rp 750 juta. Bukannya mendapat hasil bagi keuntungan, mobilnya justru nggak dibalikin dan saat ditagih, si pelaku menghilang.

Artikel terkait:  Perbaiki keuangan dulu, baru investasi

  1. 7 Cara Mengatur Uang Agar Sehat dan Tidak Habis Begitu Saja
  2. Ingin Membuat Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru? Ini 7 Tips yang Harus Kamu Tahu!
  3. Antibangkrut, Lakukan 10 Cara ini Agar Tetap Hemat & Keuangan Terjamin di Tahun Baru

4. Sandy Harun

Mendapatkan tawaran berinvestasi dengan komoditi tambang batubara, tentunya memang menggiurkan. Seperti itulah yang dirasakan oleh model senior Sandy Harun saat ia ditawarkan investasi tambang batu bara di daerah Bengkulu.

Awalnya, ia berinvestasi sebesar Rp 100 juta, dan mendapatkan return sebesar Rp300 juta hanya dalam kurun waktu satu bulan. Ia pun kembali menggelontorkan dana sebesar Rp700 juta. Namun, di kali kedua ini Sandy justru tidak mendapatkan apa-apa sama sekali, alias justru bodong.

Setelah menilik kasus-kasus investasi bodong yang dialami oleh para selebritis di atas, ada satu kesimpulan yang bisa kamu tarik, lho. Yaitu, investasi yang mereka lakoni itu ternyata justru dari orang-orang yang mereka kenal.

Makanya, nih, kamu harus bisa mengambil hikmahnya ya. Yaitu, jangan lekas percaya dengan skema-skema investasi yang sekilas terlihat menggiurkan. Bahkan dari orang-orang dekat. Harus benar-benar jeli membaca situasi, dan nggak hijau mata!Nggak mau kan sampai harus merugi ratusan juga hingga miliaran rupiah?Yuk, ah. Melek investasi!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett