Beranda > Finansial > Punya Sifat Boros, Ini 5 Cara Praktis Agar Terhindar dari Pengeluaran Besar

Punya Sifat Boros, Ini 5 Cara Praktis Agar Terhindar dari Pengeluaran Besar

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Punya Sifat Boros, Ini 5 Cara Praktis Agar Terhindar dari Pengeluaran Besarwatermark

TUNAIKU.COM– Besar pasak dari pada tiang. Ini mungkin jadi peribahasa yang seringkali dialami oleh sebagian orang yang merasa kebutuhannya jauh lebih banyak dari pada pendapatan. Kamu bisa jadi salah satu diantara mereka. Seringkali kamu ingin melakukan banyak hal dan membeli banyak barang dengan pemasukanmu yang kecil itu.

 

Cukup membuat stress memang. Tapi, kamu bisa kok menghindari hal itu dengan mengubah gaya hidup kamu. Terkadang, kamu memang nggak sengaja melakukan hal – hal yang membuat over bujet di setiap akhir bulan. Jadi, ikuti beberapa saran berikut agar kamu bisa mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang nggak perlu. Kira – kira apa saja, ya? simak ulasan berikut!

 

1. Pahami permasalahan sebenarnya

Kamu mungkin seorang yang memiliki kebiasaan berbelanja untuk mengurangi rasa kesal, marah ataupun stres. Kamu akan merasa lebih baik ketika mengobatinya dengan cara berbelanja. Mungkin sejenak kamu memang merasa lebih baik. Tapi, kamu harus ingat akan konsekuensi dari berbelanja tersebut. Kamu akan dihadapkan kembali pada permasalahan lain, yaitu tagihan belanjamu.

Dari pada kamu melampiaskan rasa kesalmu dengan berbelanja, lebih baik kamu datangi orang terdekat atau orang – orang yang expert di bidangnya. Mintalah saran dari mereka atas apa yang sedang kamu hadapi. Ini akan lebih memberikan solusi dari pada kamu pergi berbelanja, bukan?

 

Artikel terkait: Atur Pengeluaran Sedari Dini, yuk!

  1. Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!
  2. Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!
  3. 7 Cara agar Kita Terbiasa Disiplin Mengatur Keuangan Sejak Muda

2. Bersikap jujur

Terkadang jujur terhadap diri sendiri akan menular untuk jujur juga terhadap orang lain. Kalau kamu sedang dalam kondisi finansial yang buruk, kamu perlu mengakui itu. Ini akan berguna kalau tiba – tiba sahabatmu mengajak untuk menonton konser band yang kamu suka dengan tiket yang cukup mahal. Kali ini kamu harus jujur kepada sahabatmu kalau kamu harus menghemat sejumlah uang karena kondisi finansialmu yang kurang bagus. Dengan begitu, sahabatmu akan jauh lebih mengerti keadaanmu dari pada terus memaksa untuk ikut menonton konser bersama.

 

3. Cek pengeluaran kartu kredit

Kalau kamu pengguna kartu kredit, kamu akan lebih mudah untuk mengecek setiap pengeluaran yang telah kamu lakukan. Dengan laporan dari kartu kreditmu kamu akan tahu seberapa banyak uang yang telah kamu keluarkan untuk membeli barang – barang mahal, hingga uang yang kamu hamburkan untuk makan malam di restoran favoritmu. Dengan begitu, kamu bisa membuat list pengeluaran mana yang paling memberatkan kondisi finansialmu. Lalu kamu bisa memilih bagian mana pengeluaran yang perlu kamu kurangi.

 

4. Pilah pilih barang yang bisa diperbaiki

Barang – barang yang kamu miliki mungkin mengalami kerusakan hingga kamu berpikir untuk membeli lagi yang baru. Tapi, dari pada kamu mengeluarkan cukup banyak uang untuk membeli lagi yang baru, lebih baik kamu memperbaikinya. Terlebih jika barang – barang tersebut adalah barang elektronik yang cukup mahal harganya. Selain itu, kemu juga perlu menjadikan barang – barangmu memiliki nilai guna yang lebih untuk mengurangi pengeluaran membeli barang – barang dengan kegunaan yang serupa. Dengan menjadikan barang – barangmu menjadi multiguna kamu sudah bisa menghemat pengeluaranmu, lho.

 

Artikel terkait: Untuk Yang Hobi Belanja Online

  1. QUIZ: Kamu Termasuk Tukang Belanja Online Seperti Apa
  2. Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya
  3. Biar Belanja Online-mu Aman dan Nyaman, 5 Tips Bertransaksi Online Ini Layak Jadi Perhatian!

 

5. Menahan hasrat belanja

Buatlah list keperluan yang kamu butuhkan. Dengan membuat daftar, kamu bisa terhindar dari pembelian atau pengeluaran yang sebenarnya kamu nggak perlukan. Kamu juga bisa mengganti makan di restoran mewah, menonton konser, membeli tiket nonton bioskop atau pengeluaran hiburan lain dengan melakukan jalan – jalan di taman atau menonton film bersama teman – temanmu di rumah.

 

Beberapa saran diatas mungkin terdengar mudah, tapi untuk mencobanya perlu motivasi yang kuat. Pastikan kamu sudah melakukan hal – hal diatas untuk terhindar dari pengeluaran yang berlebih, ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett