Beranda > Finansial > Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!

Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Siapa sih yang nggak suka berbelanja online? Mudahnya mengakses platform belanja online serta banyaknya varian produk yang ditawarkan acap kali membuat seseorang lebih memilih belanja secara dalam jaring dibandingkan dengan cara konvensional.

 

Tapi, dibalik semua kemudahan yang ditawarkan, seringkali seseorang nggak sadar kalau dirinya sudah kelewat batas saat membelanjakan uangnya. Kamu pasti satu kali juga pernah sedikit lupa diri saat berbelanja online. Ngaku deh, kamu pasti pernah kalap, apalagi jika sedang berlangsung musim diskon.

Saat berbelanja online, agar kamu nggak lagi-lagi kalap ketika dihadapkan pada berbagai foto produk yang menggoda, cobalah 7 tips berikut ini.

 

1. Cek toko sebelah

Tips pertama ini nggak hanya berlaku saat kamu berbelanja dengan cara lama, belanja online pun perlu kamu terapkan hal ini. Cek toko lain akan membantumu untuk melakukan perbandingan harga.

 

Jika ada toko lain yang memberikan harga lebih murah sementara kualitas dan fungsi pada produk yang kamu inginkan nggak berbeda jauh, kenapa ngak kamu beli saja di toko tersebut.

 

Artikel terkait: Bicara soal belanja online

  1.   QUIZ: Kamu Termasuk Tukang Belanja Online Seperti Apa?
  2.   Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya
  3.   Biar Belanja Online-mu Aman dan Nyaman, 5 Tips Bertransaksi Online Ini Layak Jadi Perhatian!

 

2. Beri jeda cukup waktu sebelum membeli

Begitu banyaknya varian produk yang muncul pada layar kamu, seringkali membuatmu lupa diri dan nggak jarang membeli barang yang nggak kamu butuhkan.

Mengatasi hal itu, kamu perlu memberi jeda waktu saat mulai tertarik pada suatu produk. Jeda waktu mengizinkanmu untuk kembali menimbang perlu tidaknya barang tersebut, dan kondisi keuanganmu.
3. Klik tombol “berhenti berlangganan”

Salah satu situs seperti unroll.me membantu kamu untuk membersihkan akun e-mail dari berbagai pesan tawaran belanja yang masuk ke inbox mu.

Dengan demikian, akan semakin kecil kemungkinan, kamu membelanjakan uangmu pada barang-barang yang nggak kamu butuhkan, karena  tergoda berbagai tawaran belanja.
5. Buat akun e-mail baru

Jangan gunakan akun e-mail pribadi untuk mendaftar situs belanja online, baiknya buatlah akun e-mail baru yang khusus  kamu gunakan untuk berbelanja.

 

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi intensitas membuka e-mail belanja online tersebut. Bukalah hanya pada saat kamu sudah menyiapkan anggaran belanja. Tujuannya agar e-mail pribadi mu nggak bercampur dengan iklan tawaran belanja.

 

CAT 1

 

5. Gunakan kupon belanja

Sudah banyak situs yang menawarkan kupon belanja online. Kamu bisa manfaatkan layanan dari situs-situs tersebut untuk mendapatkan berbagai kode kupon belanja. Dengan demikian, pengeluaran belanja online-mu bisa kamu minimalkan.
6. Hindari pemakaian kartu kredit

Banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih untuk berbelanja online. Mulai dari transfer via ATM, pembayaran di mini market, atau menggunakan kartu kredit. Nah, sebaiknya jangan pakai cara ke-tiga. Untuk memastikan bahwa belanja online nggak melebihi anggaran, gunakan cara pembayaran lain selain kartu kredit.

 

Kartu kredit rentan bikin orang kalap saat belanja karena nggak perlu keluarin uang di muka. Tahu-tahu tagihan bulanan sudah menggunung. Jadi, simpan kartu kredit untuk kebutuhan lain, selain berbelanja online.

 

Artikel terkait: serba-serbi belanja

  1.   7 Tips Praktis Mengatur Keuangan untuk Si Hobi Belanja
  2.   9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tangga
  3.   5 Zodiak Ini Gampang Tergoda untuk Belanja. Kamu Salah Satunya?

 

7. Tunggu musim diskon

Nah, kebetulan di tanggal 11-15 Desember Indonesia tengah memperingati Harbolnas, di mana akan diberlakukan banyak diskon pada produk-produk yang ada di platform toko online. Waktu-waktu seperti ini sangat tepat jika kamu manfaatkan untuk membeli berbagai kebutuhan melalui belanja online.

 

Belanja online memang menyenangkan dan sangat mudah, tapi kalap jangan! Lakukan 7 tips jitu anti kalap saat berbelanja online.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett