Beranda > Finansial > 7 Cara Agar Kita Terbiasa Disiplin Mengatur Keuangan Sejak Muda

7 Cara Agar Kita Terbiasa Disiplin Mengatur Keuangan Sejak Muda

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
7 Cara Agar Kita Terbiasa Disiplin Mengatur Keuangan Sejak Mudawatermark

TUNAIKU.COM – Mengatur keuangan dengan baik adalah satu hal yang cukup sulit bagi beberapa orang. Kamu mungkin sering mendengar banyak orang kesulitan dalam mengatur keuangannya. Hingga pada akhirnya pendapatan mereka nggak cukup untuk menutupi semua pengeluaran tiap bulannya. Alih-alih ingin bisa menabung, yang didapat malah berutang.

 

Salah satu alasan seseorang tidak bisa mengatur keuangannya adalah karena mereka tidak terbiasa. Istilah bisa karena terbiasa mungkin memang benar, terlebih untuk hal mengatur keuangan. Membiasakan berdisiplin dalam keuangan perlu dilakukan sedari muda. Dengan itu, kamu nggak akan merasa pusing lagi kalau-kalau suatu saat mengalami kesulitan keuangan.

 

Kira-kira apa saja yang harus kamu lakukan agar terbiasa untuk disiplin keuangan sejak muda? Yuk, cek ulasan berikut.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Keuangan

  1. Bekerja sebagai Freelancer? Simak 7 Kiat Mengatur Keuangan Ini!
  2. Tiru Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder Sukses Dunia Ini!
  3. Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keuangan?

 

1. Tentukan target keuanganmu

Meskipun kamu masih muda, kamu bisa mengatur target keuanganmu sendiri. Nggak perlu muluk-muluk menargetkan suatu hal yang besar. Kamu bisa memulainya dengan membiasakan menabung dan nggak mudah mengahamburkan uang. Hal-hal kecil seperti membeli barang-barang lucu yang kamu inginkan harus dikurangi. Ini akan membentuk kebiasaanmu untuk berhemat.

 

2. Buat jurnal pengeluaran

Kamu mungkin sering merasa bingung karena uangmu menghilang dengan cepat tanpa tahu mereka semua pergi ke mana. Hal ini adalah masalah yang serius dan akan menjadi masalah yang lebih besar kalau kamu terus menerus tidak berhati-hati dalam pengeluaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, cobalah membuat jurnal pengeluaran pribadi. Ini akan membantumu memahami setiap detail uang yang kamu keluarkan.

 

Berbekal jurnal pengeluaran, kamu bisa berlatih bertanggung jawab atas apa yang kamu keluarkan. Sekecil apa pun pengeluaranmu atau sebanyak apa pun uang yang kamu gunakan, kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas hal tersebut. Ini menjadi baik ketika kamu sadar bahwa banyak pengeluaran yang nggak penting yang harus kamu kurangi.

 

3. Jangan goyah pendirian

Dengan menuliskan target keuangan dan juga membuat jurnal pengeluaran pribadi, mungkin sebagian temanmu nggak memberikan apresiasi. Tapi, siapa peduli? Kamu harus tetap pada pendirianmu. Jangan biarkan teman-temanmu merusak kebiasaan baik yang sedang kamu jalani. Kalau suatu waktu mereka mengganggumu dengan ajakan untuk bersenang-senang dan menghamburkan uang, kamu hanya perlu menolak mereka. Jangan biarkan kebiasaan buruk mereka memengaruhimu.

 

4. Kenali kelemahanmu

Kalau kamu ingin disiplin dalam keuangan, kamu harus mengenali kelemahanmu. Bisa jadi kelemahan terbesarmu adalah berbelanja. Maka, kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengurangi hasrat belanjamu. Kamu bisa meninggalkan kartu debit atau kreditmu di rumah ketika sedang bepergian. Ini akan mengurangi keinginanmu untuk membeli hal-hal yang nggak perlu.

 

Selain itu, akan lebih baik kalau kamu berbelanja sendiri daripada berbelanja bersama teman-temanmu. Ini akan sangat efektif untuk mengurangi tekanan dari peer group-mu. Karena, kalau kamu pergi ke pusat swalayan dengan teman-temanmu, mereka akan memberikan dorongan untuk kamu berbelanja lagi.

 

Artikel terkait: Menjaga Kedekatan Dengan Keluarga

  1. 7 Rekomendasi Glamping Seru Bareng Keluarga di Akhir Pekan
  2. Serunya Liburan Keluarga Ala Barack Obama, Mainstream Sampai Ekstrim
  3. Rekomendasi 10 Restoran di Jakarta yang Nyaman Dikunjungi Bareng Keluarga

 

5. Apa pun yang terjadi, tetaplah menabung

Meskipun kamu nggak punya banyak pemasukan kamu harus menjadikan menabung sebagai prioritas. Kalaupun kamu menemukan diskon yang super besar di mall atau swalayan, jangan pernah tergiur. Kamu harus menabung apapun kondisinya. Kamu juga bisa menyisihkan 10% dari pemasukanmu tiap bulan. Meskipun hanya sedikit yang bisa kamu tabung, setidaknya kamu memberikan kesempatan tabunganmu mengalami sedikit perkembangan. Ini lebih baik dari pada nggak ada tabungan sama sekali, bukan?

 

6. Jangan pernah terjerat tagihan kartu kredit

Memiliki kartu kredit memang memudahkan kamu dalam banyak hal. Tapi, kamu juga harus sadar akan konsekuensi yang akan kamu dapatkan. Semakin kamu sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, berarti semakin besar pula tagihan yang harus kamu bayar. Pakailah kartu kredit hanya dalam keadaan yang mendesak dan sangat penting. Satu hal yang paling penting, jangan pernah meminjamkan kartu kredit pada temanmu. Cek selalu setiap transaksi kartu kreditmu.

 

7. Tinggallah di rumah

Terkadang anak-anak muda juga ingin merasakan tinggal jauh dari rumah. Menyewa apartemen atau memilih tinggal di rumah kos menjadi pillihan yang banyak dipilih anak muda. Tapi kamu nggak perlu melakukan hal tersebut. Kamu bisa tetap tinggal di rumah bersama orang tuamu untuk menghemat pengeluaran. Dengan tinggal di rumah, kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan makanmu sehari-hari dan juga uang sewa tempat tinggal.

 

Wajar, kalau suatu saat kamu ingin tinggal sendiri dan memulai kehidupan baru di luar rumah. Tapi kalau kamu belum memiliki persiapan yang matang jangan pernah mengambil keputusan yang kurang bijak. Kamu bisa tinggal di rumah sampai kamu memiliki keuangan yang stabil sehingga kamu merasa kamu sudah cukup siap mengambil segala tanggung jawab untuk tinggal sendiri.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, kredit mudah dan cepat, cover singer, lagu cover

 

 

 

 

Nah itu dia 7 cara agar kamu terbiasa berdisiplin dalam hal keuangan. Terapkan kebiasaan-kebiasaan baik ini sedari dini. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi merasa khawatir akan mengalami kesulitan keuangan di waktu mendatang.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett