Beranda > Finansial > Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!

Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!watermark

TUNAIKU.COM – Buat yang belum berkeluarga seperti saya, hangout bersama teman merupakan salah satu agenda wajib saat weekend. Hangout bisa dilakukan di mana saja, bisa nonton bioskop, nongkrong di kafe, makan di tempat fancy, jalan ke mall, nonton konser, atau travelling.

 

Kalau dipikir-pikir, boros juga kalau setiap kali hangout kita mengeluarkan uang Rp100.000,00. Apalagi kalau perginya tidak hanya di satu tempat dan membeli satu barang saja, pengeluaran pun akan semakin membengkak. Belum lagi kalau tempat yang dituju memasang tarif tinggi. Kalau begitu, kapan berinvestasinya?

 

Artikel terkait: Pengeluaran generasi millenials

  1. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  2. Inilah 5 Kebiasaan Millenial Dalam Membelanjakan Uang Serta Dampaknya Terhadap Perekonomian
  3. Ternyata Millenial Itu Suka Impulsif Sewaktu Belanja!

 

Sebagai generasi millenial, hangout bersama teman itu penting karena bisa menghilangkan stress setelah bekerja, selain itu juga bisa menjadi ajang diskusi dan tukar pikiran yang membuat kita menjadi lebih terbuka dan menambah relasi yang pasti berguna untuk pekerjaan kita, baik itu pekerjaan utama maupun sampingan. Jadi, bagaimana cara agar kita tetap bisa hangout tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam?

 

1. Membuat budgeting untuk sebulan depan

Selain untuk mengembangkan diri, hangout pada dasarnya adalah wujud mengapresiasi diri setelah sepekan bekerja. Biasanya, saya sudah bisa siap-siap untuk agenda selama sebulan ke depan. Misalnya, menghadiri undangan barbeque-an di rumah teman, bertemu teman lama, dll. Dari situ saya biasanya mulai mengalokasikan dana berdasarkan kisaran jumlah acara yang harus saya datangi. Agar tidak mengganggu tabungan, biasanya saya memasukkannya dalam pos dana sosial dan hiburan.

 

2. Menyarankan tempat hangout yang murah

Kalau memang budget untuk hangout pas-pasan, cobalah untuk menjadi orang pertama yang mengusulkan tempat. Carilah tempat yang kisaran harganya sesuai dengan kemampuan finansialmu.

 

3. Mencari kafe yang sedang promo

Saat ini banyak sekali orang yang membuka usaha kafe. Usaha kafe pun menjamur dimana-mana. Biasanya saat grand opening mereka akan memberikan diskon selama beberapa hari. Kamu harus jeli dalam mencari informasi seputar ini. Kamu bisa nongkrong di kafe itu bersama teman-teman. Lumayan kan, kalau kita bisa mendapat diskon 50%?

 

Tidak jauh dari poin nomor 2, kamu bisa menyarankan tempat yang bisa memberikan kamu diskon jika membawa rombongan ke sana. Istilahnya di sini kamu adalah freelance marketing yang sembari mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

 

4. Piknik gratis (museum)

Travelling atau piknik itu nggak selalu identik dengan liburan yang mahal, bisa dilakukan di dalam kota asalkan kamu menikmati momen kebersamaannya. Bahkan kamu pun bisa piknik gratis. Nah, dengan budget yang sangat rendah ini (bahkan gratis), salah satu yang bisa kamu coba adalah hangout ke museum.

 

Artikel terkait: Piknik murah-meriah (gratis)

  1. 10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museum
  2. 10 Museum dan Galeri Seni yang Wajib Dikunjungi di Jakarta
  3. Jalan-jalan ke Thailand dengan Budget 3 Juta? Bisa Banget!

 

5. Backpacker-an murah meriah

Sebagai generasi millenial, saya paham betul kalau liburan adalah menjadi kebutuhan pokok. Saya maklum kalau dalam diri saya dan kamu kalau liburan inginnya pergi ke luar kota bahkan luar negeri Tapi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang, kan? Banyak tiket promo kalau kamu jeli mencarinya. Dan juga jangan lupa untuk membeli tiket pesawat promo sejak jauh-jauh hari, tekan biaya penginapan dan makan, dan kedepankan prinsip backpacker!

 

6. Nonton bareng di rumah

Coba hitung biaya untuk berangkat ke bioskop, tiket nonton, beli pop corn, lalu makan setelah nonton. Jatuhnya mahal, kan? Coba kalau nonton bareng saja di kos teman. Caranya, saat weekdays kamu download film sebanyak-banyaknya atau bisa ambil dari warnet. Saat weekend barulah kalian nonton bareng, baik itu di kosanmu atau kosan teman. Camilannya cukup beli jajanan kiloan yang murah tapi asik kalau dimakan ramai-ramai. Coba sekarang bandingkan berapa habisnya, jauh lebih murah nonton bareng, kan?

 

7. Pesta kebun

Setuju nggak, makan di luar pasti lebih boros daripada masak sendiri di rumah? Daripada mengeluarkan uang buat memperkaya CEO restoran fancy, lebih baik sekarang asah kemampuan memasak dan jamu teman-temanmu di rumah. Tentu ini bukan pengeluaranmu semata. Usulkan pada temanmu untuk masing-masing membawa makanan dan kalian pun bisa pesta di kebun belakang rumah. Kalau ditawari quality time di kebun belakang rumah sama nge-glamour di tempat makan fancy, kamu pilih mana?

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit mudah dan cepat, berat badan, kenaikan berat badan drastis

 

 

 

 

Ternyata untuk hangout tidak harus mahal, kan? Karena yang penting bukan tempat hangout-nya, tapi dengan siapa dan bagaimana kamu menikmati momen kebersamaannya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett