Beranda > Finansial > Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya

Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinya

Kamu Tipe Penggila Belanja Online? Ini 4 Solusi Ampuh Mengatasinyawatermark

TUNAIKU.COM – Di era yang serba modern ini setiap kegiatan yang dilakukan manusia terasa lebih mudah. Salah satunya adalah belanja. Dengan menjamurnya berbagai online shop yang menawarkan produk, sangat memudahkan aktifitas belanja. Terlebih lagi bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi berbelanja ke toko. Dengan hanya bermodal smartphone dan internet, tinggal klik, transfer, dan barang pun dikirim ke rumah atau kantormu.

Namun kemudahan tersebut bisa menjadi bumerang jika kamu sebagai konsumen tidak dapat menahan nafsu belanja. Kamu akan sering melakukan belanja online walaupun kamu tidak sedang membutuhkan suatu barang. Apalagi menjelang momen Natal dan pergantian tahun, akan banyak online shop yang menawarkan diskon besar-besaran. Berikut ini beberapa tips agar kamu dapat menahan diri dari belanja online yang berlebihan.

 

  1. Mengatur jadwal belanja dan anggaran

Susunlah jadwal belanja anda setiap sebulan sekali atau maksimal sebulan dua kali. Selain itu kamu juga harus mengatur jumlah anggaran yang akan digunakan untuk sekali belanja. Sesuaikan jumlah anggaran tersebut dengan gaji atau pemasukan. Dengan adanya pengaturan jadwal dan anggaran belanja, kamu akan terbebas dari kebiasan belanja online yang berlebihan.

Tips ini juga berguna bagi para impulsive buyer yang sering membeli barang secara spontan. Selanjutnya yang dibutuhkan adalah komitmen untuk dapat mengikuti jadwal dan anggaran belanja yang telah ditetapkan.

 

  1. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan

Kebanyakan orang sebenarnya cukup menyadari dan bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan apa yang merupakan keinginan. Namun terkadang apa yang kita butuhkan tidak kita sediakan, justru yang kita inginkan selalu saja dituruti. Sebelum belanja online, tanyakan dulu pada dirimu: Apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan? Apa barang tersebut bisa digantikan dengan barang lain yang sudah kamu miliki?

Cek lemari pakaian, mungkin saja kamu sudah memiliki model pakaian yang serupa. Jika memang keadaan keuangan sedang berlebih, boleh saja memenuhi keinginan dan kebutuhan secara bersamaan, namun jika sebaliknya, sebaiknya dahulukan kebutuhan.

 

  1. Berbelanjalah dengan cepat

Saat melakukan belanja online, lakukanlah dengan cepat. Cukup buka satu atau dua online shop yang kamu percaya. Jika kamu telah menemukan barang yang kamu inginkan dengan harga yang sesuai, segeralah melakukan transaksi. Terus-terusan menatap layar smartphone atau laptop untuk menelusuri berbagai macam online shop, akan semakin menambah keinginan untuk berbelanja. Kamu tidak boleh sering membuka online shop walaupun hanya sekedar untuk melihat-lihat. Hal ini akan memancing keinginan berbelanja lagi dan lagi.

 

  1. Hapus aplikasi belanja online

Jika dirasa masih sulit menahan nafsu untuk berbelanja online, cobalah hapus semua aplikasi belanja yang ada di smartphone atau laptop dan juga unfollow akun-akun online shop di media sosial kamu. Tak hanya itu, hapus juga aplikasi terkait m-banking agar menyulitkanmu ketika hendak belanja. Dengan begitu akan timbul rasa malas dan kecanduan belanja online akan hilang perlahan.

 

Cobalah sesekali berbelanja secara offline, datang ke toko langsung untuk membeli barang. Dengan melihat secara langsung, maka kamu bisa menilai sendiri kualitas barang tersebut. Kejadian salah pemesanan, salah ukuran atau barang tidak sesuai foto yang sering dialami oleh pembeli online shop pun bisa dihindari. Selain itu, berbelanja offline membuat kamu lebih aktif bergerak, bersosialisasi dengan orang lain atau bahkan menawar harga barang sehingga lebih murah.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett