Beranda > Finansial > Patungan dalam Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Hal Ini agar Kesuksesan Bisnismu Terjamin!

Patungan dalam Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Hal Ini agar Kesuksesan Bisnismu Terjamin!

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Patungan dalam Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Hal Ini agar Kesuksesan Bisnismu Terjamin!watermark

TUNAIKU.COM – Nggak bisa dimungkiri, keterbatasan modal sering kali menjadi penghambat utama ketika seseorang ingin memulai sebuah bisnis. Kamu pun mengalaminya? Di satu sisi, kamu bisa saja meminjam uang ke orang-orang terdekat. Namun di sisi lain, keberhasilan usahamu masih belum pasti sehingga kamu enggan menghadapi risiko terbelit utang.

 

Sesungguhnya, ada cara lain yang layak kamu pertimbangkan yaitu mengajak rekan bisnismu patungan modal. Dengan membagi beban modal, alhasil tanggung jawab yang perlu kamu pikul pun akan semakin ringan. Nah, berikut ini saya akan membagikan beberapa informasi yang perlu kamu ketahui agar bisnis patunganmu berjalan dengan lancar, ya!

 

1. Saling percaya

Percayalah, kamu dan rekan-rekanmu tidak akan bisa bekerja sama dengan baik jika hubungan kalian tidak dilandasi rasa percaya. Meski calon rekan bisnismu mampu menyumbangkan modal dengan nominal yang besar, sebaiknya urungkan niatmu untuk berbisnis dengannya jika kamu kesulitan memercayainya.

 

Artikel terkait: Investasi dan bisnis

  1. Tertarik Melakukan Investasi Apartemen? Perhatikan 7 Hal ini
  2. Kiat Sukses Berbisnis Kafe Lewat Pinjaman Tanpa Agunan
  3. Hati-Hati, Ini Dia 5 Faktor yang Berpotensi Menghambat Perkembangan Bisnismu

 

2. Harus ada perjanjian bisnis

Segala sesuatu yang berhubungan dengan uang memang sebaiknya dibicarakan secara mendetail sedari awal. Setidaknya, pastikan kamu dan rekan-rekanmu sudah mendiskusikan nominal modal bisnis yang dibutuhkan, pembagian modalnya, hak dan kewajiban masing-masing pemilik modal, serta topik krusial lainnya.

 

Pastikan pula kesepakatan tersebut dituangkan di atas kertas dan memiliki ketetapan hukum. Ingat, perjanjian bisnis yang jelas sanggup menghindarkanmu dari masalah di masa yang akan datang. Sekalipun rekan bisnismu adalah sahabat atau kerabat dekatmu, pastikan langkah yang satu ini tidak kamu lewatkan, ya!

 

3. Tujuan bisnis harus jelas

Banyak teman saya yang bisnisnya hanya bertahan dalam hitungan bulan. Sering kali, pemicu utamanya adalah karena mereka tidak memiliki tujuan bisnis yang jelas. Agar tidak mengalami nasib serupa, pastikan kamu benar-benar mengetahui tujuan bisnismu, target konsumenmu, rencana pemasaranmu, dan lain sebagainya. Pertimbangkan pula pendapat rekan bisnismu, ya!

 

Artikel terkait: Kiat sukses pengusaha muda

  1. 3 Aspek Finansial yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Startup
  2. Tertarik jadi Admin Online Shop? Intip 5 Kiat Suksesnya!
  3. 5 Strategi Sukses Jalani Bisnis Bersama Keluarga

 

4. Harus ada pembagian tugas yang jelas

Pastikan format pembagian tugasnya seimbang; dengan kata lain, jangan sampai ada pihak yang merasa lebih dibebani. Pembagian tugas bisa disesuaikan dengan keahlian, waktu luang, atau nominal modal yang disumbangkan oleh masing-masing pihak. Apa pun itu, yang penting kamu dan rekan-rekan bisnismu menyepakatinya secara resmi.

 

5. Pertahankan komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk menjaga kelanggengan dan keberhasilan segala bentuk hubungan. Salah satu kenalan saya memiliki bisnis yang dibangun bersama empat orang temannya dan terbilang sukses. Mereka memiliki ritual khusus untuk bertemu setiap hari Kamis, terlepas dari ada atau tidaknya topik yang perlu diperbincangkan.

 

Nah, cara teman saya ini bisa kamu coba, lho. Dengan kata lain, berusahalah menjaga hubungan personal dan profesionalmu dengan seluruh rekan kerjamu.

 

CTA

 

 

 

 

Lima hal di atas merupakan hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum membuka bisnis bersama sahabat atau kerabatmu. Siapa pun rekan bisnismu, pastikan kamu selalu bersikap profesional dengan tidak mencampuradukkan masalah pribadi dan pekerjaan, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett