Beranda > Finansial > 5 Buku Tentang Bisnis Startup Pilihan Pengusaha Startup

5 Buku Tentang Bisnis Startup Pilihan Pengusaha Startup

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Buku Tentang Bisnis Startup Pilihan Pengusaha Startupwatermark

TUNAIKU.COM – Kamu adalah apa yang kamu baca. Yup, dengan banjirnya informasi di internet, seminar, dan pelatihan mengenai startup, toh, tak lantas meredupkan posisi buku sebagai salah satu sumber utama  untuk belajar. Justru, seiring dengan tren startup di seluruh dunia, makin banyak pula buku yang bisa kamu jadikan pilihan.

 

Bingung harus memulai dari buku yang mana? Kalau begitu, mari mulai dengan buku-buku yang direkomendasikan oleh para pendiri startup yang sudah duluan mendulang sukses.

 

Dilansir dari Forbes.com, berikut 5 buku tentang bisnis startup yang direkomendasikan  oleh para pendiri startup dunia. Nggak semuanya adalah buku yang membahas bisnis, kok. Ada pula yang menyebutkan sebuah novel klasik sebagai bible mereka. Apa saja ya?

 

1. The Power of Habit by Charles Duhigg

Disarankan oleh Ryan Hoover, pendiri dan CEO Product Hunt. Product Hunt sendiri merupakan startup  yang mengurasi dan menampilkan informasi berbagai mobile dan desktop apps, tech product, dan website.

 

Kehidupan manusia dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan. Dalam hubungannya dengan bisnis startup, kerap kali poduk-produk  terbaik yang ada nggak hanya memecahkan masalah, tapi juga sampai mengubah kebiasaan masyarakat.

 

Melalui buku ini, Duhigg mengingatkan pembacanya bahwa manusia memiliki kebiasaan-kebiasaan. Mulai dari hal-hal kecil seperti kebiasaan setiap habis bangun tidur, atau kebiasaan yang lebih kompleks seperti bagaimana saat harus mengambil keputusan. Dunhigg, dengan bekal dari ratusan penelitian dan obrolannya dengan para ilmuwan, optimis bahwa kebiasaan bisa diubah.

 

Lalu, jika kamu, sebagai pelaku startup tahu bagaimana caranya, kamu akan punya kebebasan sekaligus tanggung jawab untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan baru tersebut.  Membaca buku ini memberimu modal dasar mengenai psikologi manusia yang bisa diaplikasikan di kehidupan, bisnis, dan produk yang sekiranya ingin kamu kembangkan.

 

Artikel terkait: Belajar dari mereka yang telah terlebih dahulu menuai kesuksesan

  1. 10 Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses di Dunia Startup. Patut Ditiru!
  2. Sosok Sukses di Industri Kuliner Nusantara yang Inspiratif
  3. Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini

 

2. Four Thousand Days: My Journey From Prison To Business Success by Duane Jackson

Disarankan oleh Bram Kanstein, pendiri Startup Stash, situs berisikan direktori sumber daya (resources) dan alat (tools) untuk startup.

 

Buku ini bercerita tentang kehidupan Duane Jakcson, pemilik bisnis akunting online KashFlow yang pada 2013 lalu berhasil ia jual dengan harga nggak kurang dari £20 juta atau sekitar Rp350 miliyar.

 

Buku ini  mengajakmu menelusuri cerita hidup Duane. Saat ia harus tumbuh dewasa di panti asuhan, dijerat penjara selama lima tahun akibat kasus narkoba,  hingga akhirnya menjadi miliyarder hanya 10 tahun setelah ia dibebaskan.  Kita semua butuh inspirasi. Membaca buku Duane dengan gaya bahasanya yang menghibur dan memang inspiring, sedikit banyak kamu akan tertular semangat yang sama bahwa, latar belakang kehidupan nggak harus menghalangi kesuksesanmu.

 

3. The Unbearable Lightness of Being by Milan Kundera

Disarankan oleh Celine Lazorthes, pendiri dan CEO Leetchi.com, situs penggalangan dana personal yang berbasis di Paris.

 

The Unbreakable Lightness of Being adalah novel karya novelis Ceko, Milan Kundera. Melalui cerita cinta karakter-karakternya, Thomas, seorang dokter bedah dan dua orang perempuan yang ia cintai, mantan istrinya Tereza dan selingkuhannya, Sabina, yang juga memiliki kekasih gelap, Kundera menyampaikan pemikiran dan pandangannya mengenai keinginan kompleks manusia akan kehidupan dengan ‘lightness’ (kehampaan) sekaligus ‘heaviness’ (berobot).

 

Walaupun sekilas terlihat seperti roman picisan, novel ini sesungguhnya dibungkus dengan bobot historis dan filsafat yang berat, salah satu karya terbaik Kundera yang diakui dunia. Namun, disajikan dengan alur cerita yang sederhana dan cerdas. Bacaan ringan yang tetap berbobot.

 

Layaknya karakter-karakter yang direka oleh Kundera, Celine pun mengadopsi prinsip-prinsip dari buku ini di kehidupan pribadi dan profesionalnya. Bagaimana ia berusaha memberikan timbal balik ke publik lebih banyak, lebih baik. Dari sekadar investor, menjadi seorang pembicara.  Bagi Celine, yang sudah membaca novel klasik ini sebanyak 20 kali, semua nilai-nilai yang ia temukan; cinta, persahabatan, ideologi, dan kebebasan,  itulah yang dibutuhkan seorang entrepreneur.
CAT 1

 

4.  Rework by Jason Fried and David Hansson

Disarankan oleh Gabriel García, co-founder Mailtrack. Mailtrack merupakan aplikasi tambahan berupa chrome extension yang mengirimkanmu notifikasi jika e-mail sudah dibaca oleh penerima.

 

Salah satu buku yang selalu disarankan oleh Gabriel jika ditanya mengenai buku mengenai entrepreneurship. Rework,  mengulas prinsip-prinsip bisnis yang dirasa overrated. Hal-hal basic yang selalu ditekankan berulang-ulang, padahal nggak semua bisnis cocok dengan prinsip ini.

 

Pesan terpenting dari buku yang ditulis oleh pendiri 37signals,  perusahaan software dari Amerika Serikat ini adalah bahwa perencanaan dan proses berpikir haruslah dibatasi. Perencanaan memang penting, tapi, jangan sampai kamu kehabisan waktu untuk eksekusi. Bagi startup tentunya prinsip ini penting; terlambat mengeksuksi ide berisiko diserobot orang!

 

Artikel terkait: yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pebisnis sukses

  1. 10 Top Blog dan Situs yang Wajib Dibaca Entrepreneur Muda
  2. 5 Tipe Orang yang Wajib Kamu Hindari karena Bisa Menjauhkanmu dari Sukses
  3. 10 Kebiasaan yang Menjauhkanmu dari Kesuksesan

 

5. Startupland by Mikkel Svane

Disarankan oleh Cameron Adams, pendiri dan CPO di Canva, situs graphic design online yang bisa diakses oleh profesional dan amatir.

 

Menurut Adams, bagian paling menarik dari buku ini adalah Svane menolak stereotipe dan mitos startup –yang harus lahir di Silicon Valey oleh seorang jenius muda dengan bekingan gelontoran dana. Sesuatu yang sangat dekat dengan apa yang ia rasakan.

 

Svane dengan detail menceritakan perjalanan startup-nya, Zendesk Inc, software help desk yang mendukung customer support menerima, memroses, dan merespon service request. Bagaimana ia dan dua rekannya dengan gagah berani meninggalkan pekerjaannya yang stabil namun membosankan, bangkrut beberapa kali, bangkit lagi, hingga akhirnya Zendesk Inc mencapai posisis saat ini.

 

Startupland menjadi salah satu daftar baca wajib untukmu yang membutuhkan inspirasi dan motivasi untuk segera mewujudkan ide-ide besar yang ada di kepala. Ditulis langsung oleh pelaku startup yang masih fresh from the oven, alih-alih para konsultan bisnis yang terlalu tinggi digapai. Mereka yang masih ingat rasanya bagaimana rumitnya mengambil keputusan, kengerian di masa-masa awal, dan alasan-alasan untuk bertahan.

 

Itulah dia 5 buku yang direkomendasikan oleh para pendiri startup dunia. Apakah salah satunya sudah pernah kamu baca? Kalau kamu sendiri, kira-kira akan merekomendasikan buku apa nih?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

 

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett