SWARA – Dalam mengelola keuangan, tentu kita nggak bisa memberikan kepercayaan mutlak pada satu bank saja. Pastinya kita memilih dua atau bahkan beberapa rekening bank untuk mengelola keuangan. Sebagai contoh, berapa rekening bank yang kamu miliki saat ini?

 

Saya rasa kebanyakan orang memiliki nggak hanya satu rekening tabungan. Saya sendiri memiliki 3 rekening tabungan. Hal tersebut nggak lepas dari plus minus yang bisa ditawarkan. Sebenarnya pentingkah memiliki rekening bank lebih dari satu? Ini plus minus yang perlu kamu ketahui:

 

1. Mendapatkan pengelolaan keuangan sesuai prinsip

Dari tiga rekening yang saya miliki, salah satu rekening yang saya pilih adalah berasal dari bank yang syariah. Ada pun untuk urusan deposito yang berkaitan dengan penambahan uang, saya memilih bank syariah. Hal ini dikarenakan dalam prinsip syariah dikenal adanya bagi hasil yang mana lebih sesuai dengan hati nurani.

 

Artikel terkait: Hal-hal berkaitan dengan deposito

  1. Seluk Beluk Deposito, Cocok Bagi Investor Pemula

  2. Deposito Berjangka untuk Biaya Pernikahan, ini Hal yang Harus Kamu Pahami

  3. Reksadana vs Deposito: Lebih Cuan Yang Mana?

 

2. Mengamankan tabunganmu

Memiliki bebrapa rekening tabungan juga membantumu untuk mengamankan tabungan. Pada salah satu rekening bank yang kamu pilih untuk menyimpan tabungan, tentu nominalnya lebih besar daripada yang lain. Lalu, apakah tabungan ini akan aman jika ATM-nya dibawa kemana-mana? Tentu saja nggak. Dengan mengetahui rekening mana yang kamu pilih, otomatis kamu akan menyimpan ATM tadi sehingga lebih aman.

 

3. Membantu pengelolaan keuangan

Memiliki beberapa rekening juga bisa membantu kamu dalam pengelolaan keuangan. Seperti yang saya sebutkan di atas, kamu bisa memilih salah satu rekening untuk alokasi tabunganmu. Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu rekening yang bisa digunakan untuk arus lalu lintas kebutuhan sehari-hari. Jadi setiap kali kamu belanja ke swalayan, isi pulsa dan lain sebagainya menggunakan ATM ini. Kamu juga tentunya memisahkan rekening gaji dari rekening-rekening lainnya.

 

 

4. Mudah dalam bertransaksi

Di zaman yang sudah semakin melek teknologi ini, tentu kamu sudah nggak asing dengan yang namanya belanja online atau transaksi online lainnya. Tentu kamu diwajibkan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank tertentu. Kalau rekeningnya sama, otomatis kamu nggak akan terkena biaya administrasi.

 

5. Menutup kesempatan menjadi nasabah utama

Memiliki beberapa rekening berarti menutup kesempatanmu menjadi nasabah utama. Pasalnya, nasabah utama ini biasanya dikususkan kepada mereka yang memiliki uang saving dalam jumlah besar. Kalau kamu membagi tabunganmu di beberapa rekening, otomatis jumlahnya nggak akan sebesar kalau dijadikan satu.

 

6. Biaya administrasi berlebih

Semakin banyak rekening tabungan sebenarnya semakin banyak biaya rekening yang harus kamu tanggung. Pasalnya setiap bank memberlakukan biaya administrasi. Jadi ya kalau makin banyak rekening yang kamu punya semakin besar biaya administrasi yang harus kamu tanggung setiap bulannya. Dan administrasi ini termasuk dalam golongan latte factor.

 

Artikel terkait: Tahu tentang latte factor? Ini dia penjelasannya

  1. Mengenal Latte Factor: Deretan Pengeluaran Kecil Yang Lama-lama Bikin Kantong Jebol

  2. Kenali Latte Factor, Pengeluaran Kecil Kurang Penting Tapi Bikin Boros

  3. Kenali Latte Factor yang Bikin Boros dan Cara Menghindarinya

 

Itu dia plus minusnya memiliki beberapa rekening tabungan. Meskipun ada kekurangannya, menurut saya sih memiliki beberapa rekening tabungan memang diperlukan.