SWARA – 2020 sudah tiba! Salah satu resolusi saya tahun ini adalah memperbesar pundi-pundi keuangan dalam bentuk simpanan. Apakah memperbaiki perencanaan keuangan tahun ini adalah salah satu bucket list-mu?

 

Sebagai anak yang buta finansial, tentu saja berguru ke berbagai sumber. Saya tidak mau ngepet, apalagi beli nomor togel. Konon, ada dua cara termudah memperbesar cuan tanpa cara ghoib.  Dua cara yang bisa kamu lakukan adalah deposito dan reksadana. Tinggal depositkan sejumlah uang, dan voilà! Tinggal tunggu waktu, bunga menurut jangka waktu tertentu akan masuk rekeningmu. 

 

Sebelum kamu mulai investasi, ada baiknya kamu tahu perbedaan reksadana dan deposito biar investasimu makin cuan! Cek artikel di bawah ini ya!

 

1. Reksadana di Pasar Uang

Jika kamu adalah orang yang ingin memperoleh bunga simpanan yang besar, kamu bisa menginvestasikan uangmu di reksadana. Return yang diberikan tidak main-main, yaitu sekitar 6.33% sampai 7.35% per tahun. Jumlah uang yang diinvestasikan pun terjangkau,, mulai dari Rp100 ribu saja kamu sudah bisa melakukan investasi. Dan yang paling menyenangkan, tidak ada perbedaan return berapapun jumlah uang yang kamu investasikan. Dana bisa diambil sewaktu-waktu, hanya bermodalkan komputer. 

 

Yang lebih menyenangkan lagi, bila kamu sewaktu-waktu memutuskan untuk mengambil dana yang kamu investasikan, kamu tidak akan terkena denda. Waktu investasi sangatlah fleksibel di reksadana pasar uang. Kamu bisa memilih waktu investasi, mulai dari satu hari ataupun seumur hidup dengan bunga yang sama. 

 

Walaupun terkesan sangat fleksibel, reksadana memiliki beberapa resiko yang harus dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi. Penerbit surat berharga bisa saja tiba-tiba wanprestasi alias mangkir dari kewajibannya. Namun, reksadana memiliki kebijakan untuk membatasi penempatan maksimal 10% di setiap instrumen untuk menghindari kerugian akibat wanprestasi. 

 

Nilai return yang diperoleh dari investasi reksadana di pasar uang pun juga sangat bergantung pada suku bunga pasar. Return setiap tahun bisa lebih tinggi ataupun lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

 

2. Deposito

Berbeda dengan reksadana yang beresiko wanprestasi, deposito memiliki keunggulan pada faktor keamanan karena pada umumnya dijamin oleh pemerintah. Suku bunga deposito tergantung dengan lama penempatan dan jumlah dana yang ditempatkan. Biasanya, bunga deposito untuk setahun berkisar antara 4.75% hingga 5.75% per tahun untuk minimum Rp50 juta, belum dipotong pajak bunga. Bunga deposito setelah dipotong pajak adalah 3.8% hingga 4.6% per tahun. 

 

Biasanya deposito mensyaratkan besaran dana minimal Rp5 juta, di bawah itu tidak diterima oleh bank. Supaya memperoleh bunga yang lumayan, kamu harus menaruh nominal di atas Rp50 juta. Biasanya jika kamu melakukan pencairan deposito sebelum jatuh tempo, kamu akan dikenakan denda 2% dari pokok. 

 

Dibandingkan dengan reksadana, return deposito sudah pasti. Misalnya, bunga 4%, berarti kamu akan mendapatkan bunga sebesar itu di akhir periode. 

 

Kelebihan deposito berada pada jaminan pemerintah, sedangkan reksadana memiliki keunggulan pada besaran return yang akan didapatkan oleh investor. 

 

Masih bingung mau memilih yang mana? Tenang, saat ini sudah ada layanan Tunaiku Invest yang memungkinkan kamu memiliki investasi dalam bentuk deposito, namun dengan bunga tinggi dan dan periode investasi yang dapat kamu atur sesuai kebutuhanmu.

 

Tunaiku Invest adalah produk Amar Bank yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berbeda dengan deposito pada umumnya yang memiliki minimal nominal yang disetorkan sebesar Rp5 juta, kamu bisa menginvestasikan uangmu mulai dari Rp100 ribu. Jika kamu ingin mengambil uangmu sewaktu-waktu, kamu bisa memilih layanan Flex dalam Tunaiku Invest dengan bunga 5% per tahun tanpa keterikatan periode dalam penanaman investasi. Bunga diterima harian dan bisa ditarik kapan saja tanpa ada denda.

 

Jika kamu ingin berinvestasi deposito dengan bunga yang lebih besar dari reksadana, kamu bisa memakai layanan Max dalam Tunaiku Invest. Saat ini, layanan Max memberikan bunga promo sebesar 10%. Bunga dapat ditarik pada akhir periode.

 

Supaya kamu bisa membayangkan return yang akan kamu dapatkan, kamu bisa klik Tunaiku Invest untuk mencoba simulasinya. Sudah siap menyambut tahun 2020-mu yang makin cuan? Saya sih siap!