SWARA – Sekitar satu bulan lagi, umat muslim di seluruh dunia akan berjumpa dengan salam satu momen spesial, yaitu Idul Adha. Momen ini selalu diperingati setiap tahunnya, layaknya seperti lebaran Idul Fitri. Momen Idul Adha juga diperingati sebagai bentuk rasa syukur serta keikhlasan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Di momen Idul Adha ini, sebagian umat muslim akan mengorbankan sedikit hartanya untuk bisa berkurban dalam bentuk seekor hewan. Nantinya, dari hewan yang dikorbankan tersebut akan disembelih dan dibagi-bagikan dagingnya untuk orang-orang di sekitarnya.

 

Nah, oleh karena itu, buat kamu yang memiliki niat untuk berkurban, maka beberapa hal dibawah ini bisa kamu lakukan agar niatmu segera direalisasikan. Yuk, simak!

 

Cari tahu berapa kisaran harga hewan kurban saat ini

 

Pertama, kamu harus cari tahu dulu berapa kisaran harga hewan kurban untuk saat ini, baik itu sapi atau kambing. Setiap tahunnya, pasti terjadi perubahan harga tergantung dengan situasi dan kondisi. Perlu kamu tahu juga, harga hewan kurban akan meningkat saat masa-masa menuju Idul Adha, lho! Jadi, kalau kamu mau mendapat harga yang lebih murah bisa membeli hewan kurban dari jauh-jauh hari, ya!

 

  1. Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!
    1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
    2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
    3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

Tahun ini atau tahun berikutnya?

 

Dari harga yang sudah kamu ketahui tadi, maka kamu bisa menentukan keputusan selanjutnya, yaitu apakah mau membeli hewan kurban di tahun ini atau di tahun berikutnya. Kalau kamu sudah punya uang yang cukup, maka kamu bisa berkurban untuk tahun ini. 

 

Sebaliknya, kalau kamu merasa belum memiliki cukup uang, maka bisa ditunda untuk tahun depan. Karena, pada intinya adalah kamu sudah memiliki niat yang baik untuk beribadah di momen Idul Adha nanti.

 

Hitung kisaran jumlah tabungan dalam 1 tahun untuk bisa membeli hewan kurban

 

Jika kamu memutuskan untuk melakukan kurban di Idul Adha tahun depan, maka kamu masih memiliki banyak waktu untuk menabung selama setahun ke depan. Kamu juga bisa mempersiapkan dengan lebih baik, mana pos-pos pengeluaran yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung ke tabungan hewan kurban.

 

Sederhananya, dari harga hewan yang sudah kamu tahu tadi, kamu bisa menghitung berapa jumlah uang yang harus ditabung dalam satu bulan selama 12 bulan untuk bisa mencukupi dan membeli satu ekor hewan kurban.

 

Siapkan pos tambahan dari pemasukan bulananmu untuk tabungan ini

 

Karena akan ada pos pengeluaran baru, maka kamu harus mengatur ulang pengelolaan uang khususnya mengenai pemasukan dan pengeluaran. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena tabungan hewan kurban akan masuk ke dalam salah satu pos pengeluaran, maka kamu harus mengorbankan pos lain untuk bisa memenuhi pos pengeluaran ini.

 

Jangan lihat jumlah uang yang terasa seperti berkurang, namun yang harus kamu ingat adalah niat baik kamu untuk bisa beribadah kurban di tahun depan. Seimbang di dunia dan di akhirat itu penting, lho!

 

  1. Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!
    1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
    2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
    3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

Bisa ikut arisan hewan kurban!

 

Selain menabung, ternyata ada satu cara lain, lho, yang bisa kamu coba! Apa itu? Yap, arisan hewan kurban!

 

Arisan ini ternyata sudah cukup terkenal di kalangan orang dewasa, khususnya di lingkungan perumahan ataupun antara anggota keluarga besar. Arisan hewan kurban ini biasanya dikumpulkan untuk bisa membeli satu ekor sapi yang akan dikurbankan. Sesuai dengan syariat Islam, satu ekor sapi bisa dikurbankan untuk 7 orang.

 

Maka dari itu, anggota arisan biasanya terdiri dari 7 orang atau kelipatannya. Artinya, jika ada 21 orang yang ikut arisan ini, maka akan dibutuhkan waktu selama 3 tahun untuk bisa mengakomodir semua anggota arisan agar bisa melakukan ibadah kurban pada momen Idul Adha.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa berkurban di momen Idul Adha nanti. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah memaksakan suatu hal, terutama dalam hal ibadah. Ibadah akan berjalan baik jika seseorang bisa ikhlas dan tulus dalam menjalankannya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


dhandyDhandy Dwi Yustica