SWARA – Setelah menuntaskan rutinitas wajib di kantor selama hari kerja, weekend menjadi waktu yang ditunggu-tunggu untuk bersantai dan menghibur diri. Ada beragam rencana yang sudah kamu siapkan untuk mengisi weekend agar lebih bermanfaat, mulai dari nongkrong, belanja, dan berburu makan enak.

 

Memang, kalau kamu bisa menghabiskan weekend dengan penuh suka cita biasanya akan berdampak pada kinerjamu di hari Senin hingga Jumat besok. Namun, jangan hanya memikirkan kesenangan tanpa memperhitungkan keuangan. Apalah artinya kamu berhemat selama 5 hari kalau akhirnya pengeluaranmu membengkak gara-gara boros saat weekend!

 

Walaupun sudah dianggarkan tetapi memang seringnya jatah weekend selalu kebablasan. Nah, agar bisa menjaga keuanganmu saat weekend, lakukan 5 cara hemat ini agar keuangan aman!

 

1. Makan di rumah sebelum pergi

Sebelum berangkat, sebaiknya kamu makan dulu di rumah. Hal ini bisa menghindari belanja konsumtif karena ketika lapar kamu cenderung ingin membeli semua makanan yang menggoda mata. Padahal, ketika sudah dibeli, nggak semua makanan tersebut bisa kamu makan.

 

Membeli makanan di mal juga akan membuat pengeluaranmu membengkak. Ada saja restoran yang membuatmu ingin mencobanya. Padahal, kalau dipikir-pikir harganya sangat mahal, lho. Biasanya satu kali makan di mal akan menghabiskan setidaknya Rp100 ribu. Kalau dikalkulasi, dalam satu bulan pengeluaranmu untuk makan di mal minimal Rp400 ribu. Apalagi kalau kamu datang ke mal bersama keluarga, wah, bakal habis berapa juta kalau dihitung selama sebulan?

 

Artikel Terkait: Kegiatan Produktif untuk Mengisi Weekend

  1. Tetap Produktif Meski Hanya di Rumah Saat Weekend dengan Melakukan Hal Ini
  2. Cari Tambahan Saat Weekend? Ini Beberapa Pilihan Untukmu
  3. Ikuti 5 Langkah Ini Hanya Dalam Waktu 5 Menit Bikin Produktif

 

2. Gunakan transportasi yang murah

Banyak orang enggan membawa mobil ke mal karena biaya parkir bakal membengkak. Selain itu, pengunjung mal saat weekend biasanya akan membeludak sehingga sulit mencari lokasi parkir. Kalau ingin ke mal sendirian, kamu bisa menggunakan ojek online agar nggak macet di jalan. Ojek online juga lebih murah, lho.

 

Jangan lupa download beberapa aplikasi ojek online untuk membandingkan harga. Biasanya ojek online akan menawarkan banyak promo-promo yang bisa kamu gunakan untuk lebih menghemat pengeluaran.

 

3. Cari mal yang memberikan banyak diskon

Follow beberapa akun Instagram mal kesayanganmu. Pihak mal biasanya akan mengupdate promo apa saja yang sedang berlangsung sehingga menguntungkan kamu yang ingin berbelanja. Daripada beli harga normal, mending pilih toko yang sedang memberikan diskon khusus, ya!

 

4. Manfaatkan promo untuk menonton di bioskop

Ketatnya persaingan membuat banyak aplikasi memberikan diskon-diskon untuk merayu pembeli agar menggunakan aplikasi mereka. Kamu bisa membeli tiket bioskop melalui aplikasi yang memberikan promo, misalnya Buy 1 Get 1. Beberapa bank juga sering memberikan promo nonton di bioskop untuk nasabahnya.

 

Pilih bioskop dengan harga yang paling murah. Kamu nggak perlu tergoda untuk menikmati layanan premium yang harganya beberapa kali lipat lebih mahal. Tahan untuk nggak membeli popcorn dan minuman di bioskop, karena harga makanan di bioskop malah lebih mahal daripada harga tiketnya. Kalau memungkinkan, kamu bisa membawa makanan dan minuman dari luar.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kegiatan untuk Mengisi Weekend

  1. Film Killer Favorit Sepanjang Masa Buat Isi Weekendmu
  2. Yuk, Coba 3 Hotel Kapsul Ini! Buat Weekend Kamu Semakin Seru
  3. Rekomendasi Tempat di Tengah Kota yang Membuat Weekend-mu Makin Seru!

 

5. Batasi jajan-jajan kecil

Nggak lengkap rasanya kalau mengabiskan weekend tanpa jajan. Tentu saja kamu boleh membeli beberapa makanan kecil atau kopi di kafe kesayangan asal masih sesuai budget. Tentukan batasan untuk jajan-jajan kecil, misalnya maksimal pembelian Rp50 ribu saja. Berusahalah tertib agar keuanganmu tetap aman sampai akhir bulan nanti, ya!

 

Itulah 5  cara hemat saat weekend agar keuangan tetap aman. Sangat mudah, bukan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

    PAULUS RISANG