SWARA – Ketika sudah hidup bersama pasangan, isu finansial menjadi salah satu topik penting. Kamu dan pasangan harus memiliki strategi cerdas dalam mengelola keuangan. Saat sendiri, tentu kamu bisa bebas mengalokasikan penghasilan untuk kebutuhan pribadi, begitu juga pasanganmu.

 

Salah satu strategi mengelola keuangan adalah dengan cara berhemat. Hal ini bisa dilakukan baik untuk pasangan yang masih pacaran maupun yang sudah menikah. Tentu dua elemen tersebut memiliki perbedaan dan tantangan tersendiri. Tapi jangan sedih, soalnya tips hemat dan anti-boros bareng pasangan yang saya bagi di sini aplikatif kok buat pasangan mana pun. Caranya pun cukup mudah. Dengan niat yang teguh dan kerja sama yang baik, pasti  kamu dan pasangan bisa melakukannya.

 

Artikel Terkait: Masalah yang kerap muncul dalam sebuah hubungan.

  1. Selain Masalah Uang, 7 Hal Ini Bisa Membunuh Hubungan dengan Pasangan
  2. 5 Masalah yang Kerap Muncul Kalau Pacaran dengan Wanita Lebih Tua atau Pria Lebih Muda
  3. 7 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

 

1. Rayakan hari yang penting saja

Namanya juga saling menyayangi, kamu dan pasangan pasti memiliki tanggal-tanggal spesial dan ingin merayakannya dengan cara yang nggak terlupakan. Hari jadian, ulang tahun pernikahan, Valentine’s Day, dan ulang tahun masing-masing adalah tanggal wajib untuk dirayakan bareng pasangan. Nggak perlu merayakannya di hotel bintang lima atau terbang ke Maladewa. Rayakanlah dengan sederhana dan khususkan untuk hari-hari yang benar-benar penting saja.

 

2. Jangan meleset dari bujet

Hal ini penting terutama bagi pasangan yang sudah menikah. Karena sudah tinggal bersama, kamu harus mengelola keuangan dengan merinci pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Yang terpenting adalah, kalian harus menaati apa yang sudah dirancang agar bulan depannya nggak mengalami “kebocoran.”

 

3. Hindari gaya hidup konsumtif

Banyak pasangan zaman sekarang yang pergi kencan dengan menonton bioskop, makan di restoran mewah, atau nongkrong di cafe kekinian. Tips hematnya adalah kamu dan pasangan bisa menonton film pada weekday karena harganya lebih murah. Menonton di rumah juga bisa dicoba. Kamu dan pasangan justru bisa malas-malasan tanpa harus mandi dan dandan rapi-rapi. Hehehe

 

Soal makan, coba deh makan di restoran sederhana atau makan di street vendor. Makanan kaki lima juga nggak kalah sedapnya, lho. Tapi tetap perhatikan kebersihannya juga, ya. Banyak kok rumah makan murah yang rasanya top dan bersih. Batasi juga nongkrong di cafe. Lebih baik kamu membeli grinder & biji kopi sendiri. Rasanya lebih sedap dan lebih puas karena kamu yang membuatnya sendiri.

 

Artikel Terkait: Masalah finansial dalam hubungan.

  1. Ternyata, Bertengkar Soal Uang Bisa Menghancurkan Hubungan, Lho!
  2. 5 Cara Menghadapi Pacar yang Pelit dan Perhitungan
  3. Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!

 

4. Manfaatkan voucher dan promo diskon

Biasanya supermarket dan pusat perbelanjaan menawarkan promo diskon di bulan-bulan tertentu. Apabila kamu memiliki kebutuhan yang harus dibeli, pergilah berbelanja pada waktu-waktu diskon tersebut. Selain itu kamu juga bisa membeli voucher diskon untuk beberapa kebutuhan yang banyak ditawarkan secara online. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan voucher makan di restoran seharga Rp250 ribu dengan merogoh kocek Rp100 ribu saja. Hemat banyak ‘kan?

 

5. Patungan

Saya mengenal orang yang membayar suatu pengeluaran secara patungan bersama pasangan, baik yang masih pacaran maupun sudah menikah. Cara itu mereka terapkan ketika membeli barang yang cukup mahal atau bahkan saat pergi kencan. Teryata cukup ampuh untuk menghemat dan nggak merugikan pihak mana pun.

 

Patungan itu nggak perlu gengsi, justru bisa menunjukkan kamu dan pasangan bisa bekerja sama sekaligus menghemat uang. Selain itu, cara ini juga bisa membangkitkan rasa kebersamaan. Kamu dan pasangan jadi makin dekat.

 

Hemat bareng pasangan itu asik, lho. Kamu dan pasangan bisa belajar bersama mengelola keuangan. Belajar hemat juga bisa menjadi ajang buat kamu dan pasangan untuk saling mengenali kebiasaan luar dalam terkait keuangan. Selain itu, dengan berhemat kamu pun bisa menabung. Tabungan itu bisa kamu gunakan untuk investasi, jalan-jalan, atau persiapan dana menikah. Banyak untungnya kan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE