Beranda > Gaya Hidup > 7 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

7 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaanwatermark

TUNAIKU.COM – Mendadak kehilangan pekerjaan, entah karena dipecat atau kena PHK, dampaknya akan membuat stres dan tertekan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Perasaan yang campur aduk karena harus kehilangan sumber penghasilan utama. Hal yang mendadak tanpa aba-aba dan persiapan ini bisa membawa permasalahan. Jika ini terjadi dengan pasanganmu, kira-kira kamu akan bersikap bagaimana?

 

Terkejut dan kecewa, boleh saja. Tapi, jangan sampai kamu malah menjadi pihak yang ikut ‘memojokkan’ si dia saat kondisinya tengah terpuruk. Pahami keadaannya dan ikut bersimpati bukan dengan menyalahkan semua yang terjadi. Banyak yang tidak bisa menyikapi hal ini dengan baik dan justru membuat pasangannya semakin merasa bersalah karena terkena PHK.

 
Sebagai pasangan yang baik, seharusnya dukungan dan pengertianmu yang menguatkan dan membuatnya bangkit . Berikan pula pasanganmu cukup waktu untuk memproses situasi dan mencari solusi atas permasalahan ini. Jika kamu menghadapi situasi seperti ini, tenang, tarik napas dan lakukan 7 cara ini untuk menjaga hubungan kalian agar tetap awet. Walaupun pasanganmu tengah berduka karena kehilangan pekerjaan.

 

Artikel terkait: problem yang bisa saja muncul di hubunganmu dengan sang pacar

  1. 5 Masalah yang Kerap Muncul Kalau Pacaran dengan Wanita Lebih Tua atau Pria Lebih Muda
  2. Bullying dalam Hubungan? Waspadai 6 Tandanya!
  3. Promosi Jabatan Ternyata Bisa Picu Seseorang untuk Selingkuh, Lho!

 

1. Jangan memburu-buru dia mencari pekerjaan lain

Dia tahu kok, kewajibannya tanpa harus kamu desak. Bekerja dan menafkahi. Tapi, jangankan seorang kepala keluarga, bahkan mereka yang single pun pasti stres kalau ditanya-tanya melulu. Jikapun kamu penasaran karena sudah masuk dua bulan nggak juga ada perubahan, lebih baik tanyakan baik-baik apa kendalanya dan tawarkan bantuan. Berikan mereka waktu, opsi, dan saran alih-alih hanya memburu tanpa ada solusi

 

2. Jaga komunikasi kalian agar tetap berjalan baik

Jika pasanganmu tipe orang yang introvert, lebih suka menyimpan masalah sendiri, well, mungkin ini saatnya kamu lebih ‘aktif’ berkomunikasi. Bukan mendesak-desak ya, tapi pastikan  bahwa kamu mendengar apa yang dia rasakan, sekaligus meresponnya dengan cara yang  sehat. Sesekali perdebatan bisa terjadi, tapi selama kalian bisa saling mengetahui perasaan masing-masing, setidaknya nggak ada tebak-tebak buah manggis yang jsutru bikin suudzon.

 

3. Lakukan sesuatu yang spesial

Situasi ini pasti bikin pasanganmu merasa down. Untuk membangkitkan semangatnya, coba deh lakukan sesuatu yang sekiranya sederhana, tapi seenggaknya bisa menghibur hatinya. Habiskan lebih banyak waktu bersama, hal-hal yang dulu jarang bisa dilakukan gara-gara kesibukannya.

 

4. Menjaga perasaannya

Wajar jika kadar insecure pasangan meninggi. Kondisi baru kehilangan pekerjaan ini, orang akan rentan-rentannya merasa nggak berguna. Jadi, kamu harus pandai menjaga perasaan mereka. Bukan berarti harus selalu memanjakan sih, tapi setidaknya menyadarkan mereka bahwa kehadirannya tetap dan selalu berarti. Misalnya nih, memberikan pujian dan ucapan terima kasih apabila mereka membantu pekerjaan rumah.

 

5. Yakinkan dia bahwa kamu siap membantu

Jangan biarkan ia merasa menanggung semua beban. Bukankah yang menjalani hubungan ini kalian berdua? Yakinkan pasangan bahwa kamu siap dan bisa membantu.

Hal paling gampang yang bisa kamu lakukan misalnya, dengan merinci  anggaran dan pengeluaran, memilah mana yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Inisiatif seperti ini sedikit banyak meringankan bebannya lho. Setelah dia cukup tenang, baru deh kalian bisa cek bersama-sama daftar yang kamu buat.

 

6. Berikan pengertian kepada keluarga

Yang merasakan perubahan finansial ini tentunya nggak hanya kamu dan pasangan. Anak-anakmu, atau bahkan orang tua dan saudara yang masih kalian sokong pun, pasti akan terkena. Jika anakmu sudah cukup besar untuk diberikan pengertian, nggak ada salahnya untuk mengobrol santai, jujur mengatakan bahwa ayah dan ibu sedang mengalami sedikit kendala, sehingga nggak bisa memberikan uang sebanyak dulu.

 

7. Tetap bersyukur walau sedang dilanda cobaan ini

Dilanda masalah keuangan seperti ini, gampang banget terpuruk. Merasa paling malang sedunia. Mungkin kamu kurang bersyukur? Padahal, di balik kepahitan ini, pasti ada deh hal-hal yang patut disyukuri. Jiwa raga yang sehat. Masih punya tempat bernaung. Kebutuhan wajib masih bisa terpenuhi. Ada saudara dan teman yang membantu, misalnya. Mengingatkan pasangan untuk bersyukur sedikit banyak  membantu ia untuk bersikap lebih positif.

 

Ah, masalah finansial rumah tangga itu memang macam-macam, ya. Yang ringan, yang terduga, sampai yang mendadak dan berat seperti satu ini. Memang nggak mudah. Tapi, jika kalian menjalaninya bersama-sama dengan kepala dingin dan hati yang lapang, persoalan macam ini pasti terlalui dengan baik, kok. Yakinlah!

 

Jika memang sedang butuh bantuan dana segar, mungkin kamu bisa menghubungi Tunaiku untuk mendapatkan pinjaman tunai tanpa agunan. Ya, kini di Tunaiku kamu bisa mengajukan pinjaman dengan nominal Rp 2 – 20 juta, dengan tenor 6 – 20 bulan. Semakin mudah, selalu cepat dan dapat diandalkan!

 

Artikel terkait: Perkara finansial yang bisa muncul antara kamu dan pasanganmu

  1. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan
  2. Selain Masalah Uang, 7 Hal Ini Bisa Membunuh Hubungan dengan Pasangan
  3. Kenali Tanda-Tanda Financial Abuse dalam Pacaran dan Bagaimana Cara Mengatasinya

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

2

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett