SWARA – Perihal menikah memang enggak bisa dipisahkan dengan biayanya yang rata-rata cukup besar. Jadi, wajib dipersiapkan jauh-jauh hari agar enggak keteteran. Minimal dalam 1 tahun, dana menikah sudah siap. Kalau kurang, silakan manfaatkan aplikasi kredit online untuk dapatkan dana pinjaman online dari Tunaiku. Bagaimana sih cara menyiapkan dananya?

Artikel terkait: Beginilah kebiasaan hemat belanja agar enggak bangkrut

  1. Mengenali Kebiasaan Belanja Para Millennial
  2. Jangan Sampai Bangkrut! Intip Cara Mengontrol Kebiasaan Belanja
  3. Kamu Bisa Hemat Banyak lho dengan Belanja Online, Ini Tipsnya!

 

1. Rancang pesta pernikahan dengan biaya minim

Rumah saja bisa minimalis, masa pesta pernikahan enggak bisa? Berangkat dari pertanyaan itu, kamu sudah tahu maksud saya, kan? Yup! Pesta pernikahan yang sederhana bisa juga berkesan mewah, meski biayanya minim. Misal dengan membatasi tamu undangan dari kalangan teman dan keluarga saja. Sisa bujetnya dipakai untuk dekorasi yang kekinian.

 

2. Pakai jasa dari teman

Biasanya, kalau kita memakai jasa, entah itu fotografi, dekorasi, dan macam-macam, biayanya jadi lebih murah. Namanya juga teman, kan? Beda dong ketika pakai jasa umum. Apalagi kalau jaringan pertemananmu cukup banyak. Bisa pilih-pilih deh. Bahkan, kadang temanmu itu enggak pikir panjang untuk ngasih diskon besar. Itung-itung sekaligus kado.

 

3. Wajib update informasi kebutuhan pernikahan

Kenapa harus banyak? Tentu biar kamu punya banyak alternatif yang bisa disesuaikan dengan bujet. Katakanlah untuk gedung pernikahannya. Suatu hari kamu mendatangi vendor-nya. Kemudian terjadi diskusi tentang biaya sewa. Kamu ingin yang murah. Sedangkan vendor itu enggak mau. Begitu enggak mencapai kesepakatan, kamu mau ke mana lagi?

 

4. Manfaatkan waktu luang untuk bikin bisnis sampingan

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan bisnis sampingan. Mulai dari yang kecil-kecilan sampai yang besar-besaran. Contohnya dengan memanfaatkan jejaring pertemananmu di Instagram. Kalau kamu punya follower banyak, bisa tuh dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Misal untuk jadi buzer ataupun untuk jualan produk.

5. Dahulukan kebutuhan seserahan

Dalam pernikahan, seserahan menjadi faktor penting yang wajib dipenuhi. Dana menikah untuk seserahan juga enggak sedikit. Kalau enggak mau mengusik penghasilan utama, manfaatkan aplikasi kredit online dari Tunaiku. Dana pinjaman online tersebut bisa untuk mengkover seserahan yang saya rasa enggak sampai 20 juta Rupiah deh.

 

6. Batasi anggaran prewedding

Apabila kamu terbiasa mengatur keuangan dengan anggaran per bulan, mulai sekarang dahulukan soal prewedding. Biar lebih hemat. Misalkan untuk pertemuan rutin dengan pasangan saja bisa menghabiskan uang sekian puluh ribu Rupiah. Kenapa enggak ketemuan di tempat yang gratis saja? Kan banyak tuh tempat gratis, tapi tetap indah.

 

Jadi, biaya yang biasanya digunakan untuk momen berdua, bisa digunakan untuk membayar kebutuhan prewedding. Lebih romantis Mulai dari sewa lokasi foto, fotografer, dan semacamnya. Apabila masih sisa, kamu gunakan saja untuk kebutuhan pas jelang pesta pernikahan dimulai.

 

7. Tabung sebagian penghasilan

Cara terakhir ini wajib kamu lakukan kalau ingin pernikahan lancar. Selagi masih single, pasti enggak banyak kebutuhanmu, kan? Kalau berhasil dikumpulkan, nantinya bisa dipakai untuk biaya katering dan semacamnya. Biaya untuk katering itu enggak bisa dipandang remeh, loh. Apalagi kalau tamu undanganmu dalam jumlah banyak.

Artikel terkait: Bagaimana cara mengelola tabungan? Simak hal-hal berikut ini

  1. Menyisihkan Uang untuk Tabungan, Berapa Jumlah Seharusnya?
  2. 5 Alasan Wajib punya Tabungan di Usia 20 an, Ini Sebabnya!
  3. 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Tabungan Rencana

Apa Keunggulan aplikasi Tunaiku?

Untuk mempersiapkan pernikahan, dana pinjaman online dari Tunaiku memiliki peranan besar. Kan kita enggak tahu kalau pas di pernikahan nanti sudah cukup atau belum. Jangan sampai deh, saat pernikahan berlangsung, tiba-tiba bujet abis. Dengan mengajukan pinjaman lewat aplikasi kredit online dari Tunaiku, semua lubang itu bisa tertutupi.

Tunaiku juga memiliki program referral. Kebetulan nih kalau jaringan pertemananmu sangat luas. Promosikan kode referral-mu sesering mungkin. Semakin banyak yang pinjam lewat kode referral, digit uang tambahannya untuk dana menikah bisa makin besar. Besaran komisinya antara 20 ribu sampai 200 ribu Rupiah per aplikasi.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Tunaiku