Beranda > Finansial > 5 Alasan Wajib punya Tabungan di Usia 20 an, Ini Sebabnya!

5 Alasan Wajib punya Tabungan di Usia 20 an, Ini Sebabnya!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Alasan Wajib punya Tabungan di Usia 20 an, Ini Sebabnya!watermark

TUNAIKU.COM – Setidaknya, ketika seseorang sudah berusia 20an tahun mereka sudah harus memiliki tabungan hingga investasi. Kenapa? Di usia inilah normalnya orang-orang sudah lulus dari bangku kuliah dan memasuki dunia kerja.

Sayangnya, nggak semua orang sudah mulai menabung dan berinvestasi di usia 20an tahun. Mereka yang sudah punya uang hasil bekerja justru terlalu menikmatinya. Gaji yang didapat justru dihambur-hamburkan untuk menyenangkan diri sendiri atau bahkan mentraktir rekan. Ya, mereka tergolong orang yang bisa menikmat kehiduan usia 20an tahun dengan menyenangkan diri sesuai keinginannya, sih. Tapi efeknya, menyisihkan gaji setiap bulan menjadi hal yang sangat susah dilakukan, apalagi berinvestasi.

Kehidupan boros di usia 20an tahun bisa disebabkan berbagai hal. Bisa karena seseorang ingin menikmati hidup ketika punya uang. Pasalnya, saat masih berjuang (sekolah) mereka harus menahan berbagai keinginannya lantaran belum bisa menghasilkan uang sendiri.

Penyebab lainnya, bisa karena gaji terlalu kecil, sudah boros sejak awal, punya banyak kebutuhan, nggak memiliki figur orang yang bisa menabung, bahkan tertular lingkungan. Memang benar jika berada pertama kali di lingkungan kerja membuat orang jadi gegabah menikmati hidup. Dan ketiak sudah berkumpul orang-orang yang beruang, ya pasti akan tertular dengan animo menikmati gaji.

 

Artikel terkait: Kehidupan generasi millenial

  1. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  2. Inilah 5 Kebiasaan Millenial Dalam Membelanjakan Uang Serta Dampaknya Terhadap Perekonomian
  3. Ternyata Millenial Itu Suka Impulsif Sewaktu Belanja!

 

Tentu hal ini nggak boleh terus-terusan terjadi. Di usia 20an tahun kamu sudah harus bisa menabung bahkan berinvestasi. Berikut alasannya kenapa kamu sudah harus bisa menabungg.

 

1. Nggak selamanya kamu bisa aman bekerja

Kamu bisa hidup foya-foya karena memiliki penghasilan dari pekerjaanmu. Tapi apakah selamanya kamu bisa bekerja di tempatmu sekarang? Di zaman yang serba canggih ini, persaingan bisnis semakin ketat dan juga berat. Saya sendiri pernah bekerja di bank swasta yang cukup besar. Tapi seiring berjalannya waktu, persaingan semakin ketat dan perusahaan pun goyang sehingga terjadi pemecatan besar-besaran. 

2. Waktu untuk meningkatkan kemampuan

Sebesar apapun perusahaan tempatmu bekerja sekarang, jangan pernah merasa senang berada di zona nyaman. Sudah banyak perusahaan bonafid yang gulung tikar akibat persaingan yang semakin ketat. Masihkah kamu bersenang-senang menikmati gaji? Daripada menghamburkan uang, alangkah lebih berfaedah untuk kamu meningkatkan softskill agar bisa semakin bertahan dengan keadaan. 

3. Menikmati hidup nggak harus boros

Sebenarnya sah-sah saja sih, mengapresiasi diri setelah satu bulan bekerja. Namun, sebenarnya caranya itu nggak harus boros. Sebagai contoh kamu memiliki hobi berenang. Kamu nggak perlu bayar tiket masuk sampai hampir 100ribu di hotel-hotel berbintang. Ada banyak paket promo yang memungkinkan kamu bisa berenang gratis di hotel.

4. Belum memiliki kebutuhan

Hingga sebelum menikah, kebutuhanmu bisa dikatakan belum begitu banyak. Inilah waktu yang tepat untuk menabung karena yang kamu sisihkan bisa lebih banyak. Jika kamu mempersiapkan sejak sekarang, kamu pun bisa lebih santai di masa depan dalam hal keuangan.

 

Artikel terkait: Sebanyak apapun kebutuhan harus menabung

  1. 7 Cara Tetap Hemat dan Menabung Meski Suka Belanja
  2. 5 Cara Tetap Bisa Menabung Meski Sedang Membayar Cicilan Rumah
  3. 10 Alasan Selalu Gagal Menabung, Cek dan Perbaiki Sebelum Terlambat! 

 

5. Kebutuhan terus bertambah dan meningkat

Percaya atau nggak, seiring bertambahnya anggota keluarga, kebutuhan di masa depan akan semakin banyak. Selain itu, harga-harga juga semakin naik, nggak mungkin akan stagnan bahkan turun. Untuk itu, saat belum memiliki banyak kebutuhan inilah waktu terbaik untuk menabung dan investasi.

Nah, itu dia alasan kamu harus mulai menabung di usia 20an tahun. Jika memang kamu sudah terlanjur boros, nggak masalah karena kamu bisa memperbaikinya sejak sekarang. Kamu bisa mulai mencari figur yang bisa membimbingmu menabung. Kamu juga bisa mulai mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

4


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett