SWARA – Impian anak indekos cuma satu, yaitu memiliki banyak tabungan dan nggak pernah kehabisan uang meski tanggal tua. Namun, tampaknya banyak anak kos yang nggak bisa mewujudkan impian tersebut. Boro-boro sampai tanggal tua, pertengahan bulan pun sudah harus berhemat agar uang cukup sampai akhir bulan.

 

 

Lalu apa saja sih yang membuat anak indekos selalu boros dan kehabisan uang meski belum tanggal tua? Beberapa di antaranya adalah kebiasaan membeli camilan setiap hari, nggak membuat anggaran belanja bulanan sebelum berbelanja, lebih suka menginap di kos teman daripada kos sendiri, nggak mau memasak, dan kurang bijak dalam menggunakan listrik di indekos. Nah, agar kamu bisa lebih hemat, selain dengan menghindari hal-hal tadi, kamu juga bisa melakukan 7 cara di bawah ini agar bisa menabung.

 

1. Menentukan prioritas barang yang dibeliĀ 

Sebagai anak kos yang uangnya terbatas, tetapi selalu rutin mendapat kiriman uang dari orang tua dengan jumlah yang pasti, akan memudahkanmu untuk membuat skala prioritas pengeluaran. Buat dulu daftar barang-barang apa yang wajib kamu beli termasuk tagihan seperti uang kos dan listrik. Setelah itu, susun dan urutkan daftar barang-barang tersebut dari yang paling penting dan wajib kamu beli ke barang-barang yang paling nggak penting dan nggak harus kamu beli. Setelah itu kamu tinggal menyesuaikan harga barang-barang tersebut dengan uang yang kamu dapatkan dari orang tua setiap bulannya. Daftar ini penting untuk menghindari uangmu habis karena membeli barang-barang yang sebenarnya bukan prioritasmu.

 

2. Masak sendiri di indekos

Alasan malas dan repot membuat anak indekos terkadang lebih memilih beli makan di luar daripada memasak sendiri, padahal orang tua sudah membekali dengan berbagai peralatan memasak dan bahan makanan seperti rice cooker dan beras. Jika dihitung, pengeluaran makan menjadi satu pengeluaran paling besar dalam sebulan, karena kamu mengeluarkan uang untuk makan setiap hari. Sehingga jika kamu memasak sendiri setiap hari, pengeluaran makan yang banyak tersebut bisa dikurangi cukup banyak. Jika sudah terbiasa memasak sendiri di rumah, bawa bekal untuk makan siang di kampus. Ini akan jauh lebih hemat daripada kamu harus jajan setiap hari saat kuliah.

 

Artikel Terkait: Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

  1. 5 Portal Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, Bermodal Hanya Rp100 Ribu
  2. 5 Jenis Investasi yang Pas untuk Mahasiswa, Yuk Cek Sini Kawan!
  3. Siapa Bilang Mahasiswa Nggak Bisa Berinvestasi? Pahami 5 Hal Ini!

 

3. Cari hiburan yang nggak menguras kantong

Anak indekos yang berkuliah di kota biasanya jadi harus beradaptasi dengan gaya hidup perkotaan seperti nongkrong di kafe atau berbelanja di mal, sehingga kebiasaan itu menjadi alasan untuk menghibur diri di kala penat dengan banyak tugas dari kampus. Tanpa disadari kebiasaan nongkrong di kafe atau berbelanja di mall bisa menguras uangmu, lho. Saat melihat ada barang yang bagus dan diskon, kamu nggak sadar jadi membelinya, padahal uang tersebut digunakan untuk kebutuhan lainnya yang ternyata jauh lebih penting. Nah, daripada boros karena harus menghabiskan uang untuk menghibur diri, kamu juga bisa mencari hiburan tanpa harus mengeluarkan uang. Contohnya menonton film di indekos, naik sepeda keliling kota di pagi hari, olahraga bersama masyarakat sekitar, hingga membaca buku di perpustakaan. Tak butuh banyak uang, namun bisa menghilangkan kebosanan, bukan?

 

4. Menunda keinginan

Ingin membeli suatu barang yang kamu lihat di media sosial atau online shop memang sering terjadi. Namun, sebaiknya menghindari belanja impulsif ini karena bisa menghabiskan uangmu. Jika melihat suatu barang yang kamu ingin beli, coba untuk menunda keinginan tersebut dengan menanamkan pemikiran barang tersebut masih bisa dibeli minggu atau bahkan bulan depan. Dengan begitu kamu bisa menunda mengeluarkan uang yang nggak perlu. Lalu saat minggu depan atau bulan depan tiba, rasa ingin membeli barang tersebut sudah hilang karena kamu lupa pernah ingin membelinya.

 

5. Berhemat keperluan kuliah

Tak jarang mahasiswa harus membeli buku tentang mata kuliah yang diajarkan dengan harga yang cukup menguras kantong. Meminta tambahan uang kepada orang tua tentu bukan hal yang haram dilakukan. Namun, jika merasa kasihan kepada orang tua karena sudah mengeluarkan uang cukup banyak agar kamu bisa kuliah, kamu bisa menggunakan cara hemat ini. Coba hubungi kakak tingkatmu, dan pinjam buku-buku kuliah yang pernah mereka gunakan, kamu bisa menghemat karena nggak perlu membeli buku lagi, kakak tingkatmu juga jadi bisa mengurangi tumpukan buku yang sudah tak digunakannya lagi. Selain itu, kamu juga bisa membeli buku perkuliahan di toko buku bekas. Memang sedikit sulit karena harus mencari buku yang cocok, tetapi cara ini juga cukup menghemat pengeluaranmu.

 

Artikel Terkait: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

  1. Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Hanya Ratusan Ribu
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. 5 Peluang Bisnis bagi Mahasiswa Plus Cara Memulai Lewat Pinjaman Modal Usaha Tunaiku

 

6. Kurangi berlama-lama di kampus

Berlama-lama di kampus ternyata juga nggak baik bagi keuanganmu. Setelah selesai perkuliahan terkadang kamu masih ingin berkumpul bersama teman sambil mengobrol di kampus, tanpa terasa kamu jadi membeli aneka camilan dan minuman sehingga uangmu cepat habis. Nggak berlama-lama di kampus setelah perkuliahan selesai dan memilih mengerjakan tugas di kos jauh lebih baik untuk nilai kuliah dan keuanganmu.

 

7. Berangkat ke kampus bersama teman

Bukan bermaksud memanfaatkan teman, tetapi kamu bisa membuat janji bersama teman saling bergantian menggunakan kendaraan masing-masing untuk berangkat ke kampus. Misalnya, di minggu ini kamu bersama temanmu naik kendaraannya ke kampus, setelah itu minggu depan giliran menggunakan kendaraanmu untuk berangkat ke kampus. Ini bisa menghemat uang bensin untuk pergi ke kampus, bukan?

 

Itulah 7 cara hemat dengan mengubah kebiasan agar anak kos bisa menabung. Selain itu kamu juga bisa lebih berhemat lagi dengan selalu memanfaatkan wifi di tempat umum saat mengerjakan tugas di luar, nggak membeli air minum botol jika kamu sudah punya air minum galon, dan selalu memanfaatkan fasilitas kos seperti dapur kos. Semoga kamu bisa jauh lebih hemat ya, setelah membaca artikel ini.