SWARA– Dulu waktu saya masih menjadi mahasiswa, saya banyak mencari peluang bisnis dan pekerjaan untuk menambah uang jajan. Memang, saat kuliah adalah saat seorang harus bisa pintar – pintar mengatur keuangan di tengah kondisi kebutuhan kuliah yang banyak serta beragam. Kamu mungkin juga sedang pusing mencari usaha untuk menambah uang jajan. Sebenarnya, banyak juga lho peluang bagi mahasiswa untuk bisa membuka usaha demi menambah uang bulanan.

 

Ada sekiranya 14 usaha sampingan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu aktivitas kuliahmu sebagai mahasiswa. Karena beberapa usaha berikut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apa saja ya kira – kira? Simak ulasan berikut, yuk!

 

1. Dapatkan rupiah dari berolahraga

Wah terdengar menguntungkan, ya? Menyehatkan badan plus mendapatkan bayaran. Bagaimana bisa? Tentu saja karena adanya aplikasi AchiveMint.

 

Aplikasi ini akan memberikan kamu upah ketika kamu melakukan beberapa aktivitas sehari – hari seperti berolahraga, menghitung kalori, tidur dan aktivitas sehari – hari lainnya. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut kamu akan diharuskan mengisi survei setelah selesai melakukan kegiatan – kegiatan yang dianjurkan. Wah, cukup asyik dan menguntungkan, ya.

 

Artikel Terkait: Apa Yang Bisa dilakukan Mahasiswa dengan KTA

  1. Pakai KTA Online Terpercaya, Ini 10 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa
  2. Mau Coba Usaha Waralaba? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Dong!
  3. Hobi Fotografi?Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20Juta!

 

2. Mengisi survey online

Jadi mahasiswa pasti punya beberapa waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk menambah pundi – pundi uang jajanmu. Dari pada kamu gunakan waktu luang mu untuk nongkrong, ngopi bersama teman, cobalah untuk menggunakan waktu luang tersebut untuk hal – hal yang menguntungkan. Kamu bisa mengisi waktu luang mu untuk mengisi survei online di beberapa website seperti web Opinion Outpost. Karena, setiap opini yang kamu berikan di form survey online tersebut kamu akan mendapatkan bayaran. Mudah, bukan?

 

3. Freelance desain grafis

Ini sih jadi peluang yang oke banget buat para mahasiswa yang punya skill desain grafis. Dengan mengutak – atik aplikasi desain dari laptopmu kamu sukses bisa meraup tambahan uang jajan. Ada beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk menjual jasamu sebagai pernacang desain grafis. Diantaranya yaitu 99 Designs dan Café Press.

 

4. Penulis lepas

Menjadi freelancer khususnya untuk menjadi penulis lepas adalah pekerjaan sampingan yang banyak dipilih para mahasiswa. Selain karena mudah dan dapat dilakukan dimana saja, banyak sekali web, blog dan majalah yang mau untuk mengeluarkan uang mereka guna membayar para writer untuk menghasilkan artikel atau e – book untuk mereka. Siapapun bisa menulis, kamu nggak perlu minder dengan hasil tulisanmu. Banyak juga kok kursus online menulis atau tips – tips agar tulisanmu layak untuk dipublikasikan.

 

5. Aktif menjadi blogger

Jadi Blogger terdengar keren untuk para anak muda jaman now. Dan ternyata, menjadi blogger bisa menghasilkan uang juga, lho. Kamu bisa berafiliasi dengan perusahaan – perusahaan yang berniat untuk mempromosikan produk mereka melalui tulisan di blogmu. Tentunya kamu sering mendengar para traveller yang sering kali melakukan perjalanan gratis karena dibayar oleh perusahaan traveling. Mereka hanya ditugasi untuk melakukan perjalanan dan menuliskan pengalaman mereka di blog sebagai affiliate marketing untuk perusahaan traveling tersebut. Saya sendiri sangat tertarik dengan ini.

 

6. Membuat video youtube

Profesi Youtuber sepertinya sudah menggeser profesi Dokter, Guru dan Pilot di pilihan cita – cita para anak usia Sekolah Dasar. Ini bukan nggak beralasan. Karena, menjadi youtuber juga bisa mendatangkan pundi – pundi uang. Apalagi kalau chanel Youtube memiliki banyak likes dan subscriber. Tentunya ini akan membawa banyak peluang perusahaan – perusahaan menjadikan kamu affiliate marketing mereka dengan mengendorse beberapa produk pilihan.

 

7. Bisnis online

Internet adalah tempat yang potensial untuk kamu gunakan sebagai market terbesarmu untuk menjual produk milikmu. Dengan berjualan di internet kamu nggak perlu lagi susah nyari toko yang bisa kamu sewa untuk memasarkan segala produkmu. Kamu bisa gunakan banyak sosial media untuk menjual barang – barangmu. Tentunya kamu harus punya strategi tersendiri untuk bisa eksis di jejaring sosial, ya.

 

8. Jual akun video game

Ini mungkin jadi peluang yang cuku oke untuk para gamers. Kalau kamu hobi ngegame, kamu bisa lho menjual akun video game mu di situs seperti eBay. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain bersama video game. Seru, bukan?

 

9. Bermain reksa dana

Kamu mungkin sudah sedikit tahu tentang apa itu reksa dana. Tapi, kamu masih belum berani membuat portofolio sendiri? Wah, padahal dengan bermain reksa dana kamu bisa meraup banyak keuntungan, lho. Banyak e-book yang bisa kamu download secara gratis untuk mempelajari bagaimana panduang untuk melakukan inversitasi reksadana bagi pemula. Seperti yang bisa kamu temukan di website milik finansialku.

 

10. Menjadi pekerja paruh waktu di kampus

Karena status kamu sebagai mahasiswa, kamu mungkin akan kesulitan kalau harus bekerja full time. Tapi, kamu bisa bekerja paruh waktu untuk mencari uang tambahan. Beberapa bagian kampus seperti departemen, perpustakaan, atau dekanat memiliki peluang kerja yang bisa kamu isi untuk menambah uang jajan.

Kamu bisa bekerja sebagai asisten dosen, asisten laboratorium, pustakawan atau bagian lainnya yang bisa memberikan gaji yang cukup untuk kamu. Ini akan sangat menguntungkan buat kamu. Selain kamu bisa mendapatkan uang kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman dan relasi saat bekerja di kampus sendiri.

 

11. Bekerja di kafe

Biasanya disekitaran lingkungan kampus dan kos – kosan mahasiswa banyak kafe yang menawarkan lowongan pekerja paruh waktu untuk mahasiswa. Kamu bisa memanfaatkannya untuk bekerja setelah kamu pulang dari kuliah. Apalagi untuk kamu yang suka ngopi atau ingin jadi barista. Ini akan jadi pillihan yang tepat.

 

Artikel terkait: Untuk Kamu Yang Hobi Belanja di Olshop

  1. Gemar Belanja? Ini Fakta Gelap Barang Diskonan yang Harus Kamu Tahu!
  2. Nikmati Belanja Hingga Setengah Harga di JD.ID dengan Menggunakan Tunaiku
  3. 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Agar Menjadi Konsumen Online Shop yang Bijak

12. Driver ojek online

Semakin maraknya ojek online di Indonesia semakin banyak pula membuka lapangan pekerjaan untuk para mahasiswa mencari uang. Apalagi waktu bekerja sebagai ojek online bisa disesuaikan dengan setiap jadwal mata kuliah. Ini jadi pekerjaan yang cocok sembari mengisi waktu kosong di sela kehidupan perkuliahan.

 

13. Pengajar les private

Menjadi pengajar les private memang banyak diminati oleh para mahasiswa. Selain karena nggak menyita waktu yang cukup banyak, menjadi pengajar les private juga memiliki bayaran yang cukup tinggi. Apalagi kalau murid yang kamu ajar berasal dari keluarga yang cukup berada. Kamu akan dapat banyak tip dari mulai dapat makan gratis, uang jajan, sampai ikut – ikut jalan – jalan gratis bersama keluarga muridmu. Kamu bisa mengajar murid SD, SMP dan SMA seusai dengan kemampuan yang paling kamu kuasai.

 

14. Mengajar musik

Beberapa teman saya yang jago bermain alat musik juga membuka jasa les musik seperti les piano dan biola. Beberapa lainnya juga membuat komunitas pemusik yang terkadang mengisi live music juga di beberapa kafe dekat kampus. Kamu mungkin bisa melakukan hal yang sama seperti apa yang sudah dilakukan teman – teman saya dulu.

Nah, itu dia 14 rekomendasi peluang usaha yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang jajanmu. Kalau kamu sudah memutuskan untuk memilih yang mana, lakukanlah dengan bijak, ya. jangan sampai kesibukanmu mencari uang tambahan malah merusak dan mengganggu jadwal kuliahmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA