SWARA – Kartu kredit untuk berhemat? Nggak salah nih? Tenang, saya paham kok. Ketika kamu mendengar kata “kartu kredit” atau “credit card”, yang ada di bayangan seputar mewah, kenyamanan, foya-foya, dan sederet kata antonim lain dari hemat. Kartu kredit memiliki risiko tinggi. Dengan menggunakannya, kamu bisa terjebak utang berbunga tinggi, yang sering kali bisa memutarbalikkan kondisi ekonomi seseorang.

Namun, kartu kredit juga mampu memberikan banyak reward. Bukan hanya upgrade hotel, tetapi juga imbalan yang lebih abstrak dalam bentuk kredit positif, yang sangat membantu reputasi finansial kamu di mata perbankan, dan bisa kamu gunakan untuk berburu apartemen atau membeli mobil.

Sekarang mari saya coba berikan perspektif yang berbeda dan mengubah paradigmanya. Ada banyak fitur disistem kartu kredit yang (dengan sedikit trik dan otak-atik) bisa sangat menguntungkan. Bahkan sudah banyak yang membuktikan bahwa ternyata mereka bisa melancong keliling dunia secara hemat, oh maaf, GRATIS. Misalnya pasangan Pedro Pla dan Grace Cheng dari Get.com.

Jadi apa rahasianya? Bagaimana triknya? Mari, dikupas satu per satu.

 

1. Manfaatkan fitur credit card reward points

Biasanya, kartu kredit hanya mengenakan biaya ketika kamu menggunakan produk mereka. Tapi beberapa kartu kredit memberikan insentif ketika kamu menggunakan kartu itu untuk berbelanja dalam jumlah tertentu. Insentif inilah yang disebut Credit Card Rewards.

Kompensasi yang diberikan bisa bervariasi bentuknya, tapi secara umum, kamu akan memperoleh rewards dalam jumlah atau persentase tertentu dalam setiap rupiah yang dibebankan kepada kartu kredit kamu. Beberapa kartu punya pola tertentu yang mengharuskan kamu berbelanja di sektor yang spesifik atau hanya memberikan reward pada pembelian-pembelian yang spesifik juga.

 

Artikel terkait: Tips cerdas menggunakan kartu kredit

  1. 7 Cara Mudah agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui, Coba Lakukan!
  2. Perhatikan 7 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Merasa Terbebani
  3. Ganti HP, Ini Cara Kredit HP Tanpa Bunga dan Kartu Kredit

2. Pilih kartu yang tepat

Setelah kamu paham tentang apa itu credit card rewards, sekarang saatnya kamu memilih kartu yang sesuai.  Teliti setiap promosi yang mereka tawarkan, lakukan riset kalau perlu. Cari pola belanja yang sesuai denganmu dan reward yang juga kamu butuhkan. Kamu harus memahami setiap detil syarat dan ketentuan dari kartu yang akan kamu pilih. Pilihan kartu yang tepat akan memudahkan kamu dalam menentukan rencana penghematan kamu.

3. Sering cek penawaran kartu yang beri banyak keuntungan

Setiap waktu, setiap bank, selalu berusaha menjaring nasabah baru. Sering kali persaingan ini bisa menjadi sengit dan berdarah-darah. Gunakan ini! Alih-alih membuat kamu terperangkap branding bank tertentu, kamu harus memanfaatkannya untuk mencari tawaran yang paling menguntungkan. Ingat! Yang kamu cari adalah keuntungan dan kesempatan berhemat, bukan hadiah dari bank karena kamu menjadi nasabah setianya.

 

4. Bayar tagihan tepat waktu

Bunga dan denda adalah musuh besarmu! Semua rencana mu berhemat bisa gagal karena bunga yang semakin hari semakin besar. Bayar lunas semua tagihan kartu kredit kamu tiap bulan. Selain membuat jumlah yang kamu bayar tiap bulan lebih kecil, pembayaran tepat waktu juga memberi keuntungan dengan poin reward tambahan, dan menjaga keseluruhan skor kamu di angka yang aman, menjauhkan kamu dari resiko penutupan akun.

 

Artikel terkait: Kiat berhemat

  1. Coba Cara Menabung Kakeibo dari Jepang Agar Hemat dan Cepat Kaya
  2. 10 Cara Ubah Lifestyle dan Bikin Pengeluaran Bulanan Lebih Hemat
  3. Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?

5. Manfaatkan bonus pelanggan baru

Ada banyak kesempatan yang bisa kamu manfaatkan dari promo-promo pembukaan akun baru dari bank penerbit kartu kredit, salah satunya adalah reward poin ini yang wajib kamu incar. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain, seperti cashback, penawaran khusus, bahkan mendapatkan hak istimewa untuk gerai-gerai mewah.

Kelima cara di atas tentunya hanya sebagai acuan umum. Berhasil atau tidaknya rencana penghematan kamu sangat tergantung pada kemampuan kamu untuk merencanakan. Ketika ditangani dengan benar, kartu kredit memiliki potensi dalam manfaatnya.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


PAULUS RISANG