Beranda > Finansial > Ini 5 Hal tentang Investasi Reksa Dana yang Wajib Diketahui Pemula

Ini 5 Hal tentang Investasi Reksa Dana yang Wajib Diketahui Pemula

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Ini 5 Hal tentang Investasi Reksa Dana yang Wajib Diketahui Pemulawatermark

TUNAIKU.COM – Sebagai seorang pemula dalam dunia investasi, terkadang saya merasa takut dan ragu ketika membuat sebuah keputusan. Masalahnya, saya memang tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni soal berinvestasi. Resiko kerugian yang besar pun selalu menghantui saya.

 

Setelah mencari tahu banyak hal tentang dunia investasi, akhirnya pilihan saya jatuh pada reksa dana. Selain karena mudah dipelajari oleh pemula seperti saya, reksa dana juga memiliki manajer keuangan untuk membantu mengawasi investasi kita. Bagi yang masih belum paham betul tentang reksa dana, berikut 5 hal tentang investasi reksa dana yang perlu diketahui oleh pemula.

 

Artikel Terkait: Bagaimana Memulai Investasi Reksa Dana?

  1. 3 Tips Memilih Reksadana untuk Investor Pemula, Agar Dapat Hasil Maksimal!
  2. 5 Alasan Ini Bikin Nggak Ragu untuk Investasi atau Reksadana
  3. Ingin Memulai Berinvestasi Reksadana tapi Belum Tahu Caranya? Ini 4 Langkah Praktis bagi Pemula

 

1. Jenis reksa dana

Reksa dana bisa dimulai dengan dana yang kecil, lho. Oleh karena itu resiko kerugiannya pun tidak besar. Jika kamu punya dana lebih, kamu bisa, kok, memilih jenis reksa dana lainnya. Berikut ini 4 jenis reksa dana yang bisa kamu pilih.

 

Reksa dana saham

Reksa dana jenis ini beresiko yang tinggi. Namun, jangan khawatir karena peluang untungnya pun cukup tinggi. Jenis reksa dana ini sangat cocok untuk kamu yang berani mengambil resiko dan ingin menguji peruntunganmu dalam berinvestasi. Oh ya, investasi ini memiliki jangka waktu yang panjang, yaitu kurang lebih selama 5 tahun.

 

Reksa dana pasar uang

Jika kamu lebih suka investasi jangka pendek, reksa dana jenis ini bisa kamu coba. Dengan jangka waktu 1 tahun, reksa dana jenis ini memang tidak berisiko yang tinggi. Jadi, sangat cocok untuk para pemula.

 

Reksa dana pendapatan tetap

Dengan tingkat risiko menengah, reksa dana jenis ini memiliki jangka waktu selama 1-3 tahun. Biasanya yang menjadi tujuan investasi adalah obligasi atau produk keuangan yang minim resiko.

 

Reksa dana campuran

Lamanya jangka waktu reksa dana campuran ini adalah 3-5 tahun. Resiko kerugiannya pun cukup besar, meski tidak sebesar saham. Dalam reksa dana ini, dana diinvestasikan pada obligasi, deposito, dan saham.

2. Jangka waktu reksa dana

Setelah melihat 4 jenis reksa dana di atas, kamu bisa mempertimbangkan jangka waktu reksa dana yang akan diambil. Jika kamu masih dalam tahap coba-coba, ada baiknya kamu mengambil reksa rana dengan jangka waktu terpendek, yaitu reksa dana pasar uang. Sebaliknya jika kamu ingin berinvestasi untuk menabung, kamu bisa mengambil reksa dana saham.

 

3. Adanya sistem manajer investasi (MI)

Yang spesial dari investasi reksa dana ini adalah adanya manajer investasi (MI) yang membantu mengawasi uang kita. Karena ia membantu mengecek dan merawat investasi kita, maka kamu harus berhati-hati dalam memilih MI. Kamu bisa melakukan pengecekan berdasarkan nilai Asset Under Management dan track record-nya di Google.

 

Artikel Terkait: Investasi Tepat Bagi Kaum Muda

  1. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials
  2. Siapa Bilang Mahasiswa Nggak Bisa Berinvestasi? Pahami 5 Hal Ini!
  3. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!

 

4. Pahami produk reksa dana

Sebelum memutuskan untuk membeli produk reksa dana, ada baiknya kamu mengecek dulu prospek ke depannya. Untuk mencari tahu, kamu bisa mengakses info soal kinerja bulanan dan informasi investasi lainnya di Fund Fact Sheet yang diterbitkan sebulan sekali oleh manajer investasi.

 

5. Lembaga yang menjual reksa dana

Jika kamu berniat membeli produk reksa dana yang murah, kamu bisa datang langsung ke lembaga yang menerbitkan dan mengelola reksa dana. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke bank-bank yang sudah mendapat izin untuk menjual reksa dana. Produk yang bisa kamu dapat di bank lebih beragam, lho.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, kredit mudah dan cepat, HP android layar besar, HP android untuk gamers

 

 

 

 

Itulah 5 hal dari reksa dana yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengannya. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett