Beranda > Gaya Hidup > 10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museum

10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museum

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Ayo Jalan-Jalan ke Museumwatermark

TUNAIKU.COM – Kota Jakarta memang memiliki daya tarik sebagai kota tujuan wisata. Nggak cuma penuh sarana hiburan yang asyik tetapi juga memiliki pesona wisata sejarah, lho. Ya, berwisata sejarah ke beberapa museum bisa menjadi alternatif liburan yang perlu kamu coba. Terlebih, berkunjung ke museum juga punya banyak kelebihan.

 

Dengan berkunjung ke museum pikiran jadi lebih fresh, menumbuhkan semangat nasionalisme, dan tentu hemat karena nggak memerlukan biaya mahal. Beberapa museum yang ada bahkan bisa dimasuki secara gratis. Nah, berikut ini rekomendasi 10 destinasi wisata sejarah yang bisa kamu jelajahi di Jakarta :

 

Artikel terkait: Tips sebelum liburan

  1. 6 Kota Ini Aman untuk Solo Traveler Perempuan, Nomor 4 Wajib Bagi yang Suka ke P…
  2. 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan
  3. Begini Tips dan Trik Nikmati Liburan Maksimal Layaknya Penduduk Lokal

 

1. Museum Kebangkitan Nasional

 

 

Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional serta tempat berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Sebagai tempat yang pernah dijadikan sekolah kedokteran zaman Belanda, kamu akan menemukan alat-alat kedokteran dan asrama dokter. Museum yang lokasinya berdekatan dengan RSPAD Gatot Soebroto ini hanya mematok tarif 2000 untuk dewasa dan 1000 untuk anak-anak.

 

2. Museum Taman Prasasti

 

 

Siapa sih yang nggak kenal Soe Hok Gie? Tentu kamu mengetahui hal yang dialami mantan aktivis dari Universitas Indonesia ini. Setelah membaca tulisan dan bukunya, sekarang coba datang langsung mengunjungi pemakamannya di Museum Taman Prasasti. Museum ini berisi batu nisan sejumlah tokoh berpengaruh bahkan peti jenazah yang membawa Presiden ke-1 dan wakilnya. Kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 5000 saja untuk masuk.

 

3. Museum POLRI

 

Widy & Ganang #prewedding #photoprewedding ??? #museumpolri #dress by @anchawedding

A post shared by Ancha (@anchawedding) on

 

Penasaran nggak dengan alat komunikais polisi zaman dulu? Atau ingin melihat seragam, senjata, dan kendaraan polisi zaman dulu? Jika iya, kamu bisa melihatnya di museum POLRI yang berlokasi di bilangan Blok M Jakarta Selatan. Di sini kamu juga bisa melihat ulasan lengkap tragedi Bom Bali, di antaranya ponsel kecil yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Untuk masuk di museum ini kamu nggak perlu keluar biaya, alias gratis.

 

Artikel terkait: Tips liburan murah meriah

  1. 10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling
  2. Ini Dia Caranya Bisa Nginap Gratis Selama Traveling
  3. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah

 

4. Museum Bank Indonesia

 

#museumbankindonesia ~2~

A post shared by subardini (@subardini_rahayu) on

 

Jika berkunjung ke kawasan Kota Tua, cobalah mampir ke Museum Bank Indonesia yang lokasinya berdekatan. Untuk masuk museum ini tarif yang dikenakan memang beragam , Rp 5000 untuk umum, dan gratis bagi pelajar dan mahasiswa.

 

5. Museum Katedral

 

#museumkatedral

A post shared by Katerina Fieschi R. R. (@kat.tyas) on

 

Di balik Gereja Katedral Jakarta yang megah itu, ternyata terdapat museum di lantai 2 yang bisa dikunjungi dan dibuka untuk umum. Jam kunjungnya pun nggak akan berubah (Rabu dan Jumat 10.00-12.00) sekalipun terdapat kebaktian pernikahan. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam benda keagaamaan dan kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun.

 

6. Museum di Tengah Kebun

 

 

Museum unik ini juga bisa kamu masuki tanpa tiket masuk alias gratis. Asal muasal museum ini ternyata dari rumah tinggal pribadi yang disulap menjadi museum. Di sini kamu bisa melihat patung, topeng, fosil kayu, hingga fosil kerang. Untuk mengumpulkan benda-benda sejarah tersebut, pemilik memakan waktu 40 tahun lho. Oh ya, karena kunjungan hanya dibatasi untuk 10 orang, usahakan untuk melakukan reservasi ke (021)7196907.

 

7. Museum Tekstil

 

 

Museum ini merupakan cagar budaya untuk mengumpulkan, mengawetkan, serta memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia. Ada sekitar 1000 koleksi di sini yang bisa kamu lihat. Kamu cukup membayar Rp 5000 untuk umum, Rp 3000 untuk mahasiswa, dan Rp 2000 untuk anak-anak.

 

8. Museum Satria Mandala

 

Museum ini terletak di Jalan Gatot Soebroto di Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan, dan berada di lahan seluas 5,6 hektar. Pameran dibagi di antara tiga bangunan dan halamannya. Ini adalah museum militer utama di Indonesia. Nama Satria Mandala berasal dari bahasa Sanskerta dan diterjemahkan sebagai “tempat suci untuk para ksatria.” Museum ini terbuka untuk umum dan memiliki arsip untuk orang-orang yang meneliti sejarah angkatan bersenjata.⠀ ____________________________ The museum is located on Gatot Soebroto Street in West Kuningan, Mampang, South Jakarta, and sits on 5.6 hectares (14 acres) of land; the exhibitions are divided amongst three buildings and the grounds. It is the main military museum in Indonesia. The name Satria Mandala derives from Sanskrit and translates as “a sacred place for the knights”.The museum is open to the general public and has archives for persons researching the history of the armed forces.⠀ ⠀ ⠀ #jakartatourism #enjoyjakarta #museum #museumsatriamandala

A post shared by Jakarta Tourism (@jakarta_tourism) on

 

Jangan ketinggalan untuk berwisata ke museum ini yang berisi sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Terdapat banyak benda peninggalan perang seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam, helikopter dan pesawat terbang. Tarif untuk masuk museum ini juga sangat murah kok, cukup Rp 1.500 untuk dewasa dan Rp 800-an untuk anak-anak.

 

9. Museum Bahari

 

 

Kalau kamu ingin melihat perahu zaman VOC, museum ini bisa jadi destinasi wisata. Museum yang buka dari Selasa-Minggu pukul 09.00-15.00 ini terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa Jakarta Utara. Selain kapal VOC, kamu akan menemukan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan Indonesia, perahu tradisional aneka bentuk, model dan miniatur kapal modern, hingga perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Untuk menyaksikan 126 koleksi benda sejarah kelautan tersebut, kamu cukup meneluarkan Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk mahasiswa dan anak-anak.

 

10. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 

 

Museum yang berlokasi dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia ini banyak menceritakan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Di sini kamu akan diajak bernostalgia dengan bagaimana Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi. Hanya dengan Rp 2000 juga kamu bisa melihat bunker bawah tanah yang dahulu digunakan untuk tempat persembunyian jika ada serangan musuh.

 

Selain 10 museum di atas , sebenarnya masih banyak lagi museum yang bisa dijelajahi di Jakarta. Museum lainnya nggak kalah menarik dan murah.

 

 

Ajukan pinjaman cepat dan mudah hingga 15 juta
Ajukan pinjamanmu di sini!

cta2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett