Beranda > Finansial > Catat, 5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki oleh Wedding Planner Sukses

Catat, 5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki oleh Wedding Planner Sukses

PAULUS RISANGPaulus Risang
Catat, 5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki oleh Wedding Planner Sukseswatermark

TUNAIKU.COM – Profesi wedding planner memang bukan pekerjaan yang mudah. Menurut seorang kenalan saya yang menjadi perencana pernikahan, mereka mengemban tanggung jawab besar untuk memastikan acara pernikahan klien berjalan lancar. Mulai dari menyusun konsep, bujet, memilih vendor, menyusun jadwal acara, hingga konsultasi dengan klien sampai hari-H. Luput sedikit, mereka yang bakal kena getahnya.

Maka dari itu, selain kemampuan teknis, wedding planner juga wajib memiliki sejumlah soft skill yang penting dalam merencanakan sebuah pernikahan yang paripurna. Kamu yang tertarik untuk terjun ke bisnis wedding planner maka wajib mencatat lima kemampuan penting berikut ini!

 

1. Kemampuan koordinasi dan manajemen keuangan

Wedding planner adalah otak dari kesuksesan acara. Untuk menjadi wedding planner yang sukses, kamu mesti memiliki kemampuan koordinasi di atas rata-rata. Soalnya, kamulah yang bakal diminta untuk membuat konsep acara, menghubungi berbagai vendor dan talent, maupun mempertemukan vendor dan klien, misalnya pada saat test food dengan katering.

Selain itu, skill manajemen keuangan juga penting karena kamulah yang mengatur agar konsep pernikahan yang diinginkan oleh klien bisa terlaksana dalam bujet yang sudah ditentukan. Tanggung jawabmu adalah memastikan bahwa bujet yang tersedia cukup untuk membayar jasa maupun perlengkapan yang dibutuhkan.

 

Artikel terkait: Tips nikah hemat.

  1. 4 Tips Menghemat Biaya Katering untuk Pernikahan yang Lebih Murah
  2. Menghitung Paket Pernikahan Murah di Jakarta untuk 300 Orang
  3. 7 Inspirasi Pesta Pernikahan di Rumah, Hemat dan Berkesan

 

2. Punya selera yang baik dan up to date

Kamu juga harus mempunyai selera yang baik, misalnya dalam pemilihan warna, musik, dan bunga agar semuanya bisa harmonis sesuai konsep yang sudah ditentukan. Nggak cuma itu, kemampuan untuk membaca tren yang tengah kekinian wajib diketahui. Serta memahami upacara keagamaan dan tradisi daerah tertentu juga nggak kalah penting. Sebab, biasanya pernikahan adalah momen yang sarat dengan aspek agama dan tradisi.

 

3. Kesabaran dalam menghadapi orang lain

Sebagai wedding planner, kamu bakal berhadapan dengan banyak orang yang memiliki watak dan kepribadian berbeda. Nggak cuma klien, tapi juga vendor dan anak buah. Kamu bisa saja bertemu dengan orang yang rewel, ketus, atau nggak sabaran. Untuk menghadapi sifat mereka, punya kemampuan komunikasi yang baik saja belum cukup. Kesabaran yang melimpah juga nggak kalah penting. Tanpa ini, kamu bakal gampang naik darah. Bisa-bisa, klienmu pada kabur!

 

4. Ketenangan dalam menghadapi berbagai situasi

Pikiran dan hati yang tenang membuat kamu mampu membaca situasi dengan lebih jernih. Hal ini sangat dibutuhkan oleh seorang wedding planner. Pasalnya, bisa saja terjadi hal-hal yang nggak diinginkan selama acara berlangsung. Kalau mampu tetap tenang dalam situasi semacam ini, kamu pasti dapat mengantisipasinya dengan baik.

 

Artikel terkait: Kembangkan usaha di bidang pernikahan

  1. Kembangkan Usaha Wedding Organizer Lewat Pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari Tunaiku
  2. Yuk, Mulai Bisnis Katering Rumahan dengan Modal Pinjaman Cepat Tunaiku Hingga Rp 20 Juta!
  3. 5 Ide Souvenir Pernikahan yang Murah tapi Elegan dan Nggak Murahan

 

5. Kemampuan negosiasi yang andal

Klien bakal mengandalkanmu untuk bernegosiasi dengan vendor-vendor pilihan agar konsep yang sudah direncanakan bisa terlaksana sesuai bujet yang tersedia. Di sisi lain, nggak jarang kamu juga perlu meyakinkan mempelai dan keluarga untuk membuat keputusan terkait jumlah tamu, dekorasi, ambiens, maupun detil-detil lain agar semua pihak merasa diuntungkan. Makanya, kemampuan negosiasi yang andal sangatlah diperlukan.

Itu dia beberapa soft skills yang penting untuk diasah jika kamu berencana untuk menjalani profesi sebagai wedding planner. Tapi, bagaimana jika kamu sudah mampu dari segi skill tapi masih kekurangan modal untuk mengembangkan usaha ini? Nggak usah bingung, ‘kan ada Tunaiku yang dapat memberikan pinjaman tanpa agunan bagi pelaku bisnis mulai dari Rp2-20 juta. Kamu pun bisa dengan mudah mewujudkan bisnis wedding planner-mu!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett