SWARA – Hampir semua teman yang saya memiliki pernah mempertimbangkan untuk membuka bisnis sendiri. Alasannya klise tapi sungguh sejati. Nggak ada satu pun manusia yang pengin kerja jadi bawahan seumur hidup. Pilihannya pun jatuh pada membuka usaha sendiri.

 

Tapi, tentu saja memulai bisnis nggak semudah itu. Banyak tahapan yang harus kamu lakukan untuk memulainya. Awal yang sederhana adalah mencari ide bisnis. Tentu saja peluang bisnis ada di mana-mana. Namun pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana merealisasikan ide bisnis tersebut?

 

Untuk kamu yang sudah punya ide bisnis namun hanya tersimpan di kepala, yuk ikuti 7 cara berikut ini untuk merealisasikan ide bisnismu.

 

1. Definisikan idemu!

Ide hanyalah sekadar ide bila kamu nggak punya konsep. Mulailah mempersempit ide itu secara lebih spesifik. Pikirkan fungsi dan apakah ide bisnismu mencakup kebutuhan target pasar. Jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai serta pembeda ide produkmu dengan kompetitor. Bila sudah benar-benar memahami dan mengetahu konsep, maka kamu bisa memulai proses perwujudan ide bisnis itu.

 

Artikel Terkait: Ide bisnis 2018.

  1. 5 Bisnis Online yang Diprediksi Booming dan Menjanjikan di Tahun 2018
  2. Wah, Ini 5 Bisnis yang Tren di 2018 dan Dilirik Banyak Anak Muda
  3. 5 Tren Bisnis di Bandung dengan Segmen Anak Muda yang Bisa Kamu Coba

 

2. Uji coba idemu di lapangan

Sehebat-hebatnya ide bisnis, akan gugur bila ternyata nggak punya peminat. Karena itu, sebagai langkah awal kamu perlu uji coba di dunia nyata. Metode testing berfungsi untuk mengetahui apakah ada demand untuk produk yang sedang kamu gagas. Kamu bisa memulai dengan menawarkan trial product pada kolega dan teman. Mintalah feedback dari mereka. Kamu juga bisa memulainya dengan kickstarter campaign.

 

3. Identifikasi resource yang kamu butuhkan

Setelah mengumpulkan data tentang demand, kamu bisa mulai mengidentifikasi segala resource yang mendukung perwujudan gagasan bisnismu. Buatlah rencana dan pastikan rencana itu mencakup semua kategori yang kamu butuhkan dan juga relevan dengan gagasanmu. Mulai dari biaya, waktu, dan knowledge. Kerjakan secara menyeluruh dan detil.

 

4. Amankan!

Setelah mengetahui kebutuhan resource, kamu bisa mulai mengumpulkan atau mencari cara untuk mendapatkannya. Misalnya, kamu membutuhkan Rp50 juta untuk mendirikan startup. Nah, pikirkan dari mana sumber duit tersebut. Apakah kamu akan menggunakan pinjaman bank, tabungan, atau mencari pekerjaan sampingan terlebih dahulu sebagai modal awal.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit cepat dan tanpa jaminan, ide bisnis

 

5. Membuat to-do list

Setelah mengikuti empat langkah di atas dan kamu telah benar-benar yakin dengan, maka kamu bisa memulai daftar pekerjaan. Cara temudah adalah membayangkan gagasan dalam bentuk produk yang sudah jadi dan mulai mencatat to-do-list. Anggaplah kamu sedang dalam peluncuran produk. Dengan sedetil mungkin, pikirkan langkah-langkah yang hendak kamu ambil dan catat resource yang kamu butuhkan untuk mengeksekusi setiap langkah.

 

Artikel Terkait: Meraih kesuksesan.

  1. Ini 6 Tips Sukses Kembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang
  2. Yuk, Hapus 30 Hal Ini dari Keseharianmu Supaya Lebih Bahagia dan Sukses
  3. 10 Pemahaman Salah tentang Kesuksesan yang Harus Dilupakan

 

6. Tetapkan deadline

Menetapkan tenggat waktu atau deadline sangat penting dalam mewujudkan ide bisnis. Deadline membantu kamu untuk disiplin dan tepat waktu. Berikan tenggat waktu untuk setiap langkah bisnis yang kamu tempuh. Tentukan pula pencapaian apa yang kamu inginkan dalam tempo tersebut. Dari awal pembuatan produk hingga peluncurannya.

 

7. Evaluasi produk setelah peluncuran

Nah, setelah produk kamu meluncur, jangan kira kerjaanmu sudah beres ya. Justru pasca-peluncuran itu menjadi momen penting buatmu. Berhasil atau nggaknya ide bisismu, kamu tetap harus melakukan evaluasi dan memperbaiki kekurangan produk. Hasil dari evaluasi ini akan sangat berguna untuk produk selanjutnya.

 

Walau terdengar cukup sederhana, pada dasarnya mewujudkan ide bisnis adalah sebuah proses yang panjang. Kamu harus tekun dan gigih dalam menjalankan semuanya.

 

Satu hal yang patut kamu ingat adalah ide hanyalah ide bila kamu nggak memulai langkah untuk mewujudkannya. Karena itu, bila memiliki ide yang menurutmu hebat, mulailah beraksi dari sekarang. Semoga berhasil.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


KENNY CAROLINE KENNY CAROLINE