Beranda > Finansial > Begini Caranya Menerapkan 30 Hari Antiboros Saat Ramadan Tiba!

Begini Caranya Menerapkan 30 Hari Antiboros Saat Ramadan Tiba!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Begini Caranya Menerapkan 30 Hari Antiboros Saat Ramadan Tiba!watermark

TUNAIKU.COM – Dulu waktu kecil saya pernah berpikir kalau puasa itu bikin hemat. Nggak ada pengeluaran untuk jajan sepulang sekolah. Alhasil bisa menabung lebih banyak. Begitu beranjak remaja hingga dewasa, ternyata anggapan tersebut salah besar.

 

Bulan Ramadan nyatanya membuat saya semakin boros. Undangan buka bersama datang di sana-sini. Belum lagi adanya keinginan untuk belanja lebih banyak untuk persiapan buka puasa di rumah. Sudah gitu ada persiapan untuk Lebaran yang pastinya pengeluaran semakin menumpuk. Itulah mengapa Ramadan bukannya untung tapi malah buntung.

 

Sebenarnya, bulan Ramadan itu sebaiknya dimanfaatkan untuk mendekatkan diri pada yang di atas. Jadi, kamu bisa memaksimalkan ibadah selama bulan suci ini. Namun, kamu juga bisa mengikuti kegiatan Ramadan lainya seperti buka bersama. Nah, biar nggak boros, ini ada 5 tips jitunya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal seputar Bulan Ramadan

  1. Lebih Hemat #TunaikanRamadan dengan Bahan Makanan Murah Tapi Sehat
  2. #TunaikanRamadan Bersama Anak dengan Memasak Bersama
  3. #TunaikanRamadan Bersama Anak dengan Aktivitas Seru Berikut ini

 

1. Pilih tempat buka bersama yang murah meriah

Ini yang bikin anggaran selama bulan Ramadan jebol. Undangan buka bersama datang dari sana-sini. Sebenarnya ini kegiatan yang positif, karena kita bisa reuni menyambung tali silaturahmi sesama teman lama. Namun, kalau menurut saya, pastikan bahwa undangan bukber itu di tempat makan yang lebih manusiawi harganya. Jadi kalau bisa, kamu jadi panitianya biar bisa memilih tempat makan yang rasional.

 

2. Buka bersama di masjid

Ini adalah cara hemat yang bisa kamu coba. Saat bulan Ramadan, pasti masjid-masjid menyediakan nasi takjil. Nggak usah jauh-jauh, pasti di masjid dekat rumah pun ada TPA dan takjilan. Nah, kamu bisa makan gratis di masjid, entah itu masjid dekat rumah, masjid yang kamu temui di jalan saat pulang kantor, dan masjid lainnya.

 

3. Membuat anggaran bayangan

Biar hemat, kamu pun bisa membuat anggaran bayangan. Jadi, saat Ramadan kita nggak akan keluar uang untuk makan siang dan jajan-jajan saat coffe break. Nah, uang ini bisa kita alihkan ke biaya buka puasa entah itu buka di rumah atau buka bersama. Pastikan jumlahnya bisa surplus, ya.

 

4. Tahu ukuran perut saat buka

Biar hemat ya sebenarnya kamu jangan lapar mata saat buka puasa. Belilah apa yang menjadi ukuran perutmu. Jangan dendam semuanya ingin dimakan, ya. Pastikan kamu membeli apa yang sanggup diterima perutmu.

 

Artikel Terkait: Menu Buka Puasa yang Bisa Kamu Coba

  1. 5 Tempat di Surabaya Sajikan Menu Buka Puasa‘Salted Egg’, #TunaikanRamadan dengan Nikmat
  2. Contek 5 Resep Menu Buka Puasa Berbahan Dasar Kurma Ini, Yuk!
  3. #TUNAIKANRAMADAN dengan Berbuka Puasa di 7 Resto Menu Jepang Surabaya

 

5. Kasih batasan keuangan

Akan lebih baik jika kamu membuat anggaran sejak awal. Jadi, kamu bisa menganggarkan batas berapa uang yang kamu gunakan untuk buka puasa. Nah, ketika dananya sudah melebihi alokasi, di situ kamu perlu perketat undangan bukber.

 

Kalau kamu pandai menangkap peluang, sebenarnya bulan Ramadan ini jadi peluang tersendiri. Ada banyak bisnis yang bisa kamu tekuni selama bulan suci. Ada di antaranya seperti membuka usaha sampingan kolak, makanan khusus buka puasa, bahkan persiapan Lebaran seperti usaha amplop dan kue Lebaran.

 

Alangkah baiknya mulai sekarang kita mengubah mindset seputar bulan suci ini. Bahwa bulan Ramadan bukan melulu tentang boros-borosan dan buka bersama, tapi mencari peluang untuk menambah pemasukan.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett