Beranda > Gaya Hidup > #TunaikanRamadhan Bersama Anak dengan Aktivitas Seru Berikut ini

#TunaikanRamadhan Bersama Anak dengan Aktivitas Seru Berikut ini

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
#TunaikanRamadhan Bersama Anak dengan Aktivitas Seru Berikut iniwatermark

TUNAIKU.COM – Khusus buat kamu yang sudah berstatus sebagai orang tua, bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh tantangan. Setelah melakukan ibadah dalam rangka #TunaikanRamadhan seperti puasa, memasak menu untuk sahur dan berbuka, shalat tarawih, kamu juga berkewajiban mendidik anak untuk latihan puasa. Yap, namanya puasa memang harus dilatih sejak kecil, sekalipun hanya setengah hari.

 

Agar buah hati kuat dan nggak terlalu sering bertanya, ‘Jam berapa ini?’, kamu bisa mengajaknya melakukan hal-hal seputar #TunaikanRamadhan. Selain bermanfaat, berpahala, kegiatan-kegiatan seputar #TunaikanRamadhan menjadikan waktu cepat berlalu dan buah hati pun jadi kuat menunggu waktu berbuka tiba.

 

Artikel terkait: Aktivitas yang bisa dilakukan bersama buah hati

  1. Tips Memperkenalkan Tugas Rumah Tangga pada Anak
  2. 7 Ide Staycation Bersama Anak di Akhir Pekan, Murah dan Bikin Makin Kompak!
  3. Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Akhir Pekan!

 

Lalu, apa saja aktivitas seru seputar #TunaikanRamadhan itu? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Mendongeng

Kamu bisa mengajak buah hati membaca buku cerita atau dongeng. Ada banyak cerita yang bisa kalian bahas, cerita nabi, dongeng anak-anak, dan lain sebagainya. Tentu kegiatan ini nggak memerlukan biaya. Membaca dongeng atau cerita ini juga menjadikan anak lebih peka, kreatif, mengasah daya imajinasi, dan tentu saja bisa mengambil hikmah di balik cerita.

 

2. Menyiapkan menu buka

Menyiapkan menu berbuka memang bisa menjadikan anak semakin nggak sabar dan kepengin ngincip makanan. Namun, pelan-pelan kamu bisa mendidiknya untuk sabar. Sebaliknya, buat buah hati sibuk dengan eksperiman menunya agar lupa jam dan tahu-tahu sudah masuk waktunya berbuka. Adapun biaya yang kamu keluarkan sama dengan memasak menu buka puasa, jadi tergantung berapa besar biaya makan yang kamu anggarkan.

 

Artikel terkait: Menu takjil yang bisa kamu coba

  1. Contek 5 Resep Menu Buka Puasa Berbahan Dasar Kurma Ini, Yuk!
  2. Coba 3 Resep Camilan Sederhana Berbahan Dasar Roti Ini, Yuk!
  3. Ini 4 Resep Takjil Murah Meriah, Bikin Pasangan Makin Sayang

 

3. Berbagi takjil

Pergi ke luar rumah dan membagikan menu takjil bisa mengulur waktu agar buah hati lupa pada pertanyaannya, ‘Kapan buka?’ Tindakan ini juga bisa dijadikan ajang menanamkan jiwa sosial dan rasa sukur pada si anak. Untuk kegiatan ini, kamu bisa mengalokasikan uang Rp30-50 ribu.

 

4. Mengaji sebelum berbuka puasa

Di beberapa tempat, mengaji atau TPA sebelum waktu berbuka puasa masih jadi serangkaian keiatan #TunaikanRamadhan. Apabila daerahmu menyelenggarakan kegiatan ini, motivasilah buah hati untuk aktif. Di sana, mereka akan bertemu teman-teman dan belajar membaca Alquran. Otomatis mereka pun jadi kuat menahan lapar dan dahaga sampai waktu berbuka tiba. Tentu kegiatan ini nggak memerlukan biaya.

 

5. Membuat prakarya

Dunia anak-anak memang dipenuhi dengan yang namanya bermain, eksperimen, dan hal-hal lain yang menyenangkan dan kreatif. Ada baiknya kamu mengajak buah hati untuk membuat prakarya sembari menunggu waktu berbuka. Prakarya yang dibuat bisa bertema bulan puasa atau apapun. Oh ya, bahkan kamu bisa mengajarkannya kaligrafi huruf Alquran. Untuk kegiatan pembuatan prakarya ini, kamu bisa menganggarkan Rp30-50 ribu.

 

6. Kreasi menuju lebaran

Membahas mengenai pembuatan prakarya, kamu bisa mengajarkan buah hati untuk membuat prakarya bertemakan sambut lebaran. Adapun kreasi yang bisa dicoba adalah membuat amplop edisi lebaran, kreasi kerudung, kreasi mukena, dan lain sebagainya. Sama dengan pembuatan prakarya, kamu bisa menganggarkan Rp30-50 ribu.

 

Nah, itu dia beberapa kegiatan seputar #TunaikanRamadhan yang bisa kamu coba bersama buah hati. Selain bisa mengulur waktu, kegiatan-kegiatan di atas juga bermanfaat untuk perkembangan diri si kecil.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett