Beranda > Finansial > 7 Tips Praktis Mengatur Keuangan untuk Si Hobi Belanja

7 Tips Praktis Mengatur Keuangan untuk Si Hobi Belanja

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Tips Praktis Mengatur Keuangan untuk Si Hobi Belanjawatermark

TUNAIKU.COM – Siapa sih yang nggak suka shopping?Aktivitas ini pastinya jadi kegiatan favorit semua orang.Namun,kegiatan yang menghabiskan uang ini akan merepotkan jika tidak diatur dengan baik. Boleh berbelanja tetapi tentu ada batasannya. Baik berupa bujet dan juga prioritas kebutuhan yang harus diutamakan.

 

Artikel terkait: Barang-barang nggak terduga ini bisa jadi sumber investasi

  1. 7 Produk Investasi Risiko Rendah yang Bisa Kamu Coba
  2. 5 Keuntungan Nggak Terduga Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Investasi Mainan
  3. Investasi Lewat Koleksi Jam Mahal, Menguntungkan kah?

 

Tidak ada yang melarang kamu untuk berbelanja, apalagi kamu berhak menikmati setiap rupiah hasil keringat saat gajian tiba. Ada baiknya kamu memiliki aturan yang jelas dan tahu bujet yang bisa digunakan.Sehingga pos belanja sesuai dengan perkiraan dan tidak mengurangi kemampuan menabung.

 

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, cobain 7 cara praktis agar kamu tidak boros dan bisa mengelola keuangan dengan baik :

1. Menekan pos belanja

Pastikan pengeluaran belanjamu tidak mengganggu tabunganmu. Buatlah pos bulanan, misalkan 10% dari gaji untuk berbelanja (khusus kebutuhan pribadi). Jika memang harga tas incaranmu melebihi pos belanja, yang kamu lakukan adalah berusaha bagaimana mendapatkan uang tambahan. Kadang gaya hidup bisa membuat otak berpikir lebih kreatif. Misalnya, mencari pekerjaan tambahan agar bisa membeli barang yang diincar. Jadi kalau kamu menginginkan sesuatu yang mengeluarkan uang lebih besar, jangan berhemat, tapi cari solusi kreatifnya.

 

2. Pilih penawaran terbaik

Seni mencari harga yang terbaik memang tidak mudah. Tetapi bagi yang hobi belanja hal seperti ini pastinya akan terasa mudah. Untuk mendapatkan harga terbaik tentu kamu harus memiliki banyak pilihan referensi tempat belanja. Carilah yang menurutmu selain aksesnya mudah juga menawarkan harga yang kompetitif. Sehingga kamu pun tidak perlu lagi harus repot dan mengeluarkan lebih banyak uang sebagai ongkos transport.

 

3. Coba gunakan layanan jasa titipan

Sudah pernah tahu layanan jasa titipan belum?Nah, bagi yang suka belanja barang-barang impor maka kamu tidak perlu lagi membeli dengan harga mahal. Gunakan saja jasa titipan barang impor yang harganya bersaing dan lebih mudah didapatkan. Hasilnya, kamu menghemat biaya belanja tanpa harus memikirkan ongkos kirim paket luar negeri yang mahal.

 

4. Manfaatkan promo

Sebenarnya kalau jeli, ada banyak promo yang ditawarkan berbagai ritel dan departement store. Bentuk promonya pun beraneka ragam. Ada yang pesta diskon hingga promo untuk pengguna kartu kredit. Nah, jika berbelanja menggunakan kartu kredit kamu harus jeli, ya! Pastikan kamu membayar tagihan secara penuh agar nggak kena bunga kartu kredit.

 

Artikel terkait: Buat kamu pemilik kartu kredit wajib baca ini

  1. Simak 7 Cara Anti Boros dalam Menggunakan Kartu Kredit Ini!
  2. Kenali Ciri-Ciri Penggunaan Kartu Kredit yang Berbahaya!
  3. Ingin Punya Kartu Kredit? Pahami Dulu 10 Hal Ini

 

5. Memanfaatkan poin reward

Kini setiap outlet selalu menawarkan bonus jika kamu memiliki poin reward setiap berbelanja dengan jumlah tertentu. Penawaran menukarkan poin reward ini juga bisa jadi solusi untuk menghemat uang belanjamu. Lewat cara ini kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli barang yang kamu incar.

 

6. Hindari nongkrong di mal

Sebenarnya kamu bisa menekan bujet belanja dengan jarang jalan-jalan ke mal. Semakin sering kamu ke mal atau ke pusat perbelanjaan lainnya, semakin besar keinginan untuk berbelanja muncul. Solusinya, hindari mal dan batasi waktu belanja, misalnya tiga minggu sekali atau paling cepat dua minggu sekali.

 

7. Memilih untuk menyewa

Anak milineal yang disebut menyukai kepraktisan melirik solusi sewa dalam berbagai hal. Kini banyak sekali barang-barang yang sengaja disewakan lho di media sosial. Mulai dari kamera untuk traveling, tas mahal ke pesta atau gaun-gaun karya desainer dan masih banyak lagi. Daripada kamu membeli dan hanya menggunakannya sekali atau dua kali saja lebih baik cari saja jasa layanan sewa, beres!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, amar bank indonesia, pinjaman mudah, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dan gampang

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett