Beranda > Finansial > Agar Nggak Boros Ketika Belanja Bulanan, Ikuti 6 Cara Ini!

Agar Nggak Boros Ketika Belanja Bulanan, Ikuti 6 Cara Ini!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Agar Nggak Boros Ketika Belanja Bulanan, Ikuti 6 Cara Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga adalah kemampuan untuk mengelola keuangan keluarga. Biasanya, ibu rumah tangga dipasrahi suami untuk mengatur uang setiap bulan. Jadi, pastikan kamu mengemban tugas mulia ini dengan penuh tanggung jawab. Suami udah capek-capek cari uang, kasihan, ‘kan, jika hasilnya nggak dikelola dengan benar?

 

Salah satu kunci mengelola keuangan yang baik adalah dengan menghindari kebiasaan boros saat belanja. Coba simak lagi struk belanjaan bulan lalu. Ada berapa banyak item yang seharusnya nggak perlu dibeli agar uangnya dapat dihemat?

 

Nah, untuk mencegah kebiasaan boros ketika belanja bulanan, simak 6 kiat yang saya ambil dari Finansialku berikut ini.

 

1. Susun anggaran belanja

Ketika kamu bertekad untuk lebih hemat, awali dengan menyusun anggaran belanja. Coba catat pengeluaran dan pemasukan setiap bulan dan tinjau ulang setiap posnya. Dari situ, kamu bisa mulai mengalokasikan uang belanja sesuai kategorinya, mulai dari alokasi untuk bayar tagihan, belanja bulanan, biaya hidup sehari-hari, hingga tabungan.

 

Sekarang, mencatat pemasukan dan pengeluaran serta membuat anggaran bisa kamu lakukan lewat aplikasi di ponsel. Lebih praktis! Jadi, nggak perlu beralasan kalau membuat anggaran itu rumit. Yang lebih penting, pastikan anggaran ini dipatuhi, ya.

 

Artikel terkait: Tips belanja.

  1. 7 Tips Belanja yang Harus Kita Pahami Agar Nggak Boros
  2. Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!
  3. 9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tangga

 

2. Prioritaskan barang yang dibutuhkan

Kamu perlu menentukan prioritas untuk kebutuhan belanja bulanan. Tentukan barang apa saja yang sudah habis, mana yang harus dibeli sekarang, dan mana yang bisa ditunda. Tuliskan semuanya ke dalam daftar belanjaan dengan urutan mulai dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

 

3. Memisahkan belanja makanan dan non-makanan

Kamu bisa memisahkan belanja bulanan menjadi dua. Yang non-makanan bisa dibeli setiap bulan sekali, sementara bahan makanan dibeli tiap minggu. Jadi, kamu bisa mencegah keinginan impulsif saat belanja.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, belanja bulanan, agar nggak boros, tips belanja bulanan

 

4. Beli secara grosiran

Untuk barang-barang habis pakai yang rutin kamu gunakan setiap bulan, belilah secara grosiran biar lebih hemat. Contohnya seperti sabun mandi, sabun cuci piring, shampoo, popok, dan sembako. Biasanya, barang-barang ini lebih murah jika dibeli dalam jumlah banyak. Jadi, sebaiknya belilah kebutuhan ini dalam jumlah banyak sekalian. Memang, harganya terasa mahal, tapi kamu juga bakal menghemat lebih banyak, Moms!

 

5. Manfaatkan promo dan diskon

Supermarket dan pusat belanja rutin menawarkan promo dan diskon. So, jangan malas buat ngecek promo yang ada di tempat belanja favoritmu. Tapi, kamu juga perlu ingat bahwa nggak semua barang yang didiskon itu patut dibeli. Tetaplah patuh pada anggaran dan daftar belanjaan yang sudah kamu susun.

 

Artikel terkait: Mengelola keuangan.

  1. Ajarkan Anak Cara Mengelola Uang dengan Baik Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini!
  2. 7 Kesalahan dalam Mengelola Uang Bagi yang Masih Lajang
  3. Tahu Nggak, Sih, Ini 5 Tanda Diam-Diam Kamu Jago Mengelola Uang

 

6. Jangan mudah tergiur penawaran produk

Iklan maupun penawaran langsung bertujuan membuat kamu tergoda secara psikologis untuk membeli produk tersebut. Padahal, produk itu mungkin nggak penting-penting amat. Jadi, nggak usah gampang terbujuk iklan, soalnya iklan seringkali nggak memberikan gambaran yang akurat.

 

Selain itu, kamu juga harus jeli dengan trik harga yang biasa dipajang. Misalnya, Rp99.900 itu sama saja dengan Rp100.000. Tapi melihat harga yang pertama, kamu merasa itu lebih murah, ‘kan?

 

Lewat kiat-kiat di atas, mudah-mudahan pengeluaran belanjamu makin hemat, ya, Bu. Jadi, lebih banyak uang yang bisa ditabung untuk keperluan lainnya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett