Beranda > Finansial > Tips Memulai Usaha Homemade yang Menguntungkan

Tips Memulai Usaha Homemade yang Menguntungkan

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Tips Memulai Usaha Homemade yang Menguntungkanwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini banyak bisnis homemade yang bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari bisnis kue, pakaian, aksesoris, hingga pernak-pernik. Sudah bukan cerita baru bila ada saja tokoh yang sukses karena bisnisnya yang dimulai dari rumah. Kamu juga bisa memulainya dan menjadi sukses. Berikut adalah kiat-kiat untuk menjadikan usaha homemade-yang menguntungkan.

 

Artikel Terkait: Kiat Memulai Bisnis Sampingan

  1. Hati-Hati, Ini Dia 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memulai Bisnis!
  2. 5 Kesalahan yang Membuatmu Gagal Menjadi Pebisnis Andal
  3. Bolehkah Rumah Tinggal Dijadikan Tempat Usaha?

 

1. Punya knowledge dan skill

Mulailah usaha homemade dari sesuatu yang kamu tahu dan kuasai. Misalnya, kamu ingin memulai bisnis kue rumahan. Nah, tentu saja untuk memulainya, kamu harus tahu tentang seluk-beluk pembuatan kue, mulai dari prosesnya hingga pemasarannya. Setelah yakin dengan kemampuanmu, kamu bisa memulainya.

 

2. Menyiapkan dapur produksi

Namanya juga bisnis homemade, tentu saja kamu akan memulainya di rumah agar hemat ongkos produksi. Nah, sebelum memulainya, kamu harus menyiapkan dapur produksi. Pilihlah satu sudut di rumah agar menjadi ruangan menjalankan usaha homemade. Bila sudah berkeluarga, pilihlah ruangan yang nggak terlalu makan tempat atau mengganggu rutinitas keluarga sehari-hari.

 

3. Hitung harga bahan

Banyak jenis usaha rumahan yang bisa kamu pilih. Mulai dari membuat kue, menjahit, ataupun menjual aksesori yang kamu buat sendiri. Nah, agar nggak merugi, kamu harus menghitung harga bahan dan material yang dibutuhkan untuk sekali produksi. Hal ini berguna untuk menghindarkanmu dari kerugian. Kamu juga bisa menentukan harga barang dengan cara ini. Jangan lupa untuk menghitung harga sesuai dengan waktu dan energi yang kamu luangkan, ya!

 

4. Cari tahu selera pasar

Sebagus apa pun produk yang kamu buat, bila kamu nggak membaca selera pasar, ada kemungkinan produk homemade mu sepi peminat. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah research untuk mencari tahu mode terbaru dan minat konsumen saat ini. Zaman berkembang, begitu juga hal-hal yang lagi ngetren. Konsumen cenderung membeli produk atau makanan yang lagi terkenal. Kamu bisa mengikuti tren saat ini, tapi jangan lupa untuk menyelipkan trademark-mu ya, supaya produkmu tetap unik alias beda dari yang lain.

 

5. Sediakan banyak pilihan

Peminat kamu nantinya akan datang dari berbagai kalangan. Konsumen juga punya selera dan pilihannya sendiri. Karena itu jangan lupa mengikuti kemauan konsumen dengan menyediakan banyak pilihan. Mulai dari ukuran, model, dan warna. Cara ini juga bisa untuk meningkatkan jumlah peminat produk kamu.

 

6. Kualitas produk itu penting

Salah satu cara untuk menggaet hati konsumen adalah mengenalkan produk homemade yang berkualitas. Biasanya produk yang baik itu jadi incaran konsumen. Walau mahal, bakal tetap ada yang beli, kok. Sudah homemade, berkualitas pula. Pilihlah bahan-bahan terbaik dan kemas produk kamu sebagus mungkin. Jangan lupa untuk mempertahankan kualitas produk saat bisnis kamu mulai dikenal.

 

Artikel Terkait: Solusi Modal untuk Buka Usaha

  1. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  2. Bolehkah Melakukan Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha? Ini yang Harus Diperhatikan
  3. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah

 

7. Manfaatkan media sosial

Nggak bisa disangkal, saat ini media sosial menjadi ajang promosi yang manjur dan mumpuni. Kamu harus memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya untuk memasarkan usaha kamu. Mintalah bantuan teman atau relasi untuk ikut membantu memperkenalkan produkmu di media sosial. Bila ingin dampak yang lebih luas, kamu bisa memakai jasa influencer agar menjadi model produkmu. Hanya saja kamu harus merogoh kocek untuk membayar jasa mereka.

 

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha homemade. Cara-caranya nggak terlalu sulit. Kamu cukup perlu niat yang kuat dan usaha yang lebih. Karena homemade, jadi kamu pun harus memulainya sendiri terlebih dahulu. Semangat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett