Beranda > Finansial > 8 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Kembangkan untuk Menyasar WNA

8 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Kembangkan untuk Menyasar WNA

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
8 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Kembangkan untuk Menyasar WNAwatermark

TUNAIKU.COM-Kalau kamu jalan-jalan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, pasti sering berpapasan dengan warga negara asing (WNA), yang berasal dari berbagai belahan dunia. Sudah menjadi rahasia umum, kalau Indonesia menjadi salah satu negara favorit warga asing. Entah untuk liburan atau mengadu peruntungan dengan menjadi pekerja asing di perusahaan multinasional.

 

Sebagai seorang pribumi, kamu nggak perlu merasa dirugikan dengan banyaknya WNA yang tinggal di Indonesia. Kalau kamu cerdik dalam melihat peluang, WNA bisa jadi sasaran empuk untuk berbisnis, lho. Semisal, dengan menjadi personal trainer para WNA atau bisnis lain yang masih berkaitan erat dengan WNA.

 

Ini dia beberapa ide bisnis yang bisa kamu kembangkan!

 

1. Penyewaan motor di tempat wisata

Bisnis penyewaan motor sangat berkembang di kawasan wisata seperti Bali, Yogyakarta, dan Bandung. Karena memiliki kondisi geografis yang berbukit-bukit, banyak spot wisata di Indonesia yang belum ter-cover dengan kendaraan umum atau pribadi roda empat. Karena kondisi inilah, penyewaan motor begitu diminati.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Wisata Kuliner di Indonesia

  1. 5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Murah Meriah di Bandung
  2. 10 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib untuk Dikunjungi
  3. Wisata Kuliner di Kota Tangerang, Ini 5 Tempat Kuliner Murah dan Maknyus

 

Kamu bisa membeli beberapa motor matic dan menjadikannya sebagai sumber mencari uang. Kalau WNA ingin mengeksplorasi banyak tempat tersembunyi di Bali atau Yogyakarta, mereka pasti lebih suka menyewa motor. Karena dengan menggunakan motor mereka dapat menghemat banyak waktu berkendara sehingga bisa mengunjungi destinasi wisata sebanyak mungkin.

 

2. Bisnis indekos atau apartemen

Jika kamu tengah menggeluti bisnis properti, nggak ada salahnya untuk menyasar WNA. Karena memiliki pemasukan yang tinggi, biasanya WNA suka memilih untuk menyewa apartemen. Namun, kamu mesti memberikan pelayanan yang terbaik, lho. Fasilitas apartemen yang kamu tawarkan pun harus lengkap karena WNA suka tempat tinggal yang bersih dan aman.

 

Selain apartemen, kamu juga bisa membuka indekos eksklusif. Indekos ini bisa kamu tawarkan ke WNA kelas menengah ke bawah. Selama fasilitas dan harga sewa bersaing, WNA pasti tetap melirik, kok. Apalagi, kalau mereka adalah pelajar asing yang berencana hidup ngirit di Indonesia.

 

3. Oleh-oleh khas nusantara

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas, bukan? Dimanapun kamu berada kamu bisa memanfaatkan potensi lokal dan membuka bisnis oleh-oleh khas nusantara. Khususnya, buat kamu yang tinggal di kota besar. WNA dan ekspatriat cenderung sibuk dan nggak punya banyak waktu sehingga mereka sering belanja oleh-oleh di mall ataupun bandara.

 

Nah, kalau kamu ada ide bisnis oleh-oleh khas nusantara, baik makanan atau kerajinan, bisa menyasar dua lokasi ini. Kalau perlu, kamu bisa juga menjualnya secara online. Dijamin lebih laku karena lebih praktis bagi WNA yang supersibuk.

 

4. Personal trainer

Workout menjadi aktivitas wajib para WNA karena mereka menganggap bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting. Karena hal ini, WNA nggak sungkan untuk mengeluarkan uang lebih dan menyewa personal trainer.

 

Kalau kamu telah mengantongi lisensi trainer maka bisa membuka jasa personal trainer. Kamu bisa mengajarkan beberapa latihan kardio, angkat beban, serta latihan lain yang diinginkan oleh WNA. Meskipun nggak perlu banyak modal, tetapi untungnya lumayan menggiurkan, lho.

 

5. Pemandu wisata

Kalau kamu menguasai bahasa asing, seperti Inggris, Jerman, Korea, Jepang, dan lainnya, bisa menjadi pemandu wisata untuk WNA. Nggak semua WNA itu jago bahasa Indonesia, bahkan tidak semua WNA menguasai bahasa Inggris. Karena di perusahaan mereka bekerja pun, mereka biasanya memakai bahasa negaranya.

 

Selain WNA yang sudah menetap di Indonesia, kamu juga bisa menyasar WNA yang hanya numpang mampir ke daerahmu. Misalnya, untuk business trip ataupun pelesir. Dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa mengenalkan keunikan daerahmu sekaligus mendapatkan pemasukan.

 

6. Tutor privat

Saat kuliah dulu, banyak teman kampus yang bekerja sambilan sebagai tutor untuk mahasiswa asing. WNA ini sengaja datang ke Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia. Wah, kesempatan emas untuk meraup rupiah, bukan?

 

Artikel Terkait: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Tiru!

  1. 7 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Rp3 Juta
  2. 7 Ide Bisnis Sukses Milik Maia Estianty, Bisa Ditiru!
  3. 5 Ide Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Bisa Ditiru

 

Kalau kamu bisa bahasa Indonesia dengan baik sekaligus menguasai satu atau dua bahasa asing, manfaatkan keahlianmu dengan sebaik-baiknya. Kamu bisa membuka kelas untuk grup atau perorangan. Kalau perlu, kemas kelasmu semenarik mungkin agar banyak WNA yang mendaftar!

 

7. Salon hewan panggilan

Kalau kamu suka binatang peliharaan, kenapa nggak buka salon untuk kucing atau anjing saja? Hitung-hitung sebagai tempat untuk menyalurkan hobi, bukan? Pasalnya, banyak WNA yang punya binatang peliharaan. Mereka pun nggak akan keberatan untuk mengeluarkan banyak uang untuk merawat binatang peliharaannya.

 

Nggak perlu bermodal banyak, kamu cukup menyiapkan modal di bawah Rp5 juta saja kok! Atau kalau mau, kamu bisa membuka bisnis salon panggilan yang nggak membutuhkan tempat untuk berbisnis. Lumayan, bisa menghemat biaya sewa tempat, bukan?

 

8. Supir sewaan

Buat kamu yang jago mengendarai kendaraan bermotor dan tahu spot menarik di kotamu, menyediakan jasa supir sewaan juga menarik, nih. Nggak harus jadi pekerjaan utama, kamu bisa membuka jasa ini selama libur kantor alias saat weekend. Lumayan juga kan untuk mencari pemasukan tambahan.

 

Sebagian besar ekspatriat, biasanya nggak diizinkan untuk menyetir sendiri di Indonesia. Makanya, kamu bisa menawarkan jasa supir sewaan kepada WNA atau ekspatriat yang mau jalan-jalan keliling kota.

 

Dengan sedikit kreativitas dan kemampuan membaca peluang, kamu bisa mendapatkan ide bisnis dari mana saja, lho! Selain kedelapan ide di atas, kamu juga bisa mencoba bisnis lain yang nggak kalah kreatifnya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett