Beranda > Gaya Hidup > 10 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib untuk Dikunjungi

10 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib untuk Dikunjungi

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
10 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib untuk Dikunjungiwatermark

TUNAIKU.COM – Indonesia memiliki banyak sekali hal menarik yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Mulai dari keindahan alam, ragam budaya, sampai kuliner-kuliner khas yang bikin lidah bergoyang sampai puas.

 

Salah satunya di Kota Pahlawan, Surabaya. Selain tersohor sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, di Surabaya juga tersebar banyak sekali kuliner-kuliner ajib di setiap sudut kota.

 

Nah, kalau kamu berencana untuk mengunjungi Surabaya, jangan sampai enggak bikin daftar wisata kuliner ya. Agar memudahkan kamu listing spot kuliner Surabaya, berikut saya bantu 10 lokasi kuliner wajib mampir di Surabaya.

 

Artikel terkait: Surga kuliner Surabaya

  1. 7 Foodtruck di Surabaya yang Tawarkan Menu Enak dan Cocok untuk Jadi Tempat Nongkrong
  2. 10 Rekomendasi Tempat Makan Enak Tapi Murah di Surabaya, Wajib Cicip!
  3. 5 Tempat di Surabaya Sajikan Menu Buka Puasa‘Salted Egg’, #TunaikanRamadan dengan Nikmat

 

1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Plesir ke Surabaya enggak lengkap rasanya kalau melewatkan kuliner khas yang satu ini. Ya! Rujak Cingur Namanya. Salah satu spot recommended untuk berburu rujak cingur di Surabaya tentu saja warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz.

 

Tempat satu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Secara umum, kuliner ini merupakan paduan antara rujak biasa, hidung sapi (cingur), dan tentu saja siraman bumbu kacang.

 

Keistimewaan kuliner khas Surabaya satu ini terletak pada komposisi bahan dan bumbunya sangat sesuai sehingga terasa lezat di lidah para pecinta kuliner. Selain itu, cingur sudah diolah sedemikian rupa sehingga terasa lebih empuk, kenyal, dan nggak lembek ketika kamu santap.

 

Untuk mendapatkan sepiring rujak cingur ini, kamu bisa langsung datang ke alamat di Jl. Achmad Jais No. 40 Wonokromo, Surabaya.

 

2. Sate Klopo Ondomohen

Di sini kamu bisa memperoleh sate klopo berbahan daging ayam, sapi, udang, usus, ataupun sumsum dengan irisan yang jauh lebih besar dibandingkan sate pade umumnya. Namun, enggak hanya pada ukurannya saja yang membuat Sate Klopo Ondomohen terasa sangat spesial.

 

Kamu juga akan menemukan perbedaan rasa yang terasa lebih menggoda dan nikmat ketika menyantapnya. Hal ini disebabkan irisan sate klopo di tempat ini sudah dibumbui terlebih dahulu dengan parutan kelapa yang telah disangrai. Inilah alasan mengapa sate klopo Ondomohen ini jauh lebih gurih dan lezat.

 

Meski pun irisan daging pada sate di sini jauh lebih besar, tapi enggak lantas membuat harga kuliner satu ini melambung setinggi langit, lho. Hanya dengan bermodalkan Rp20.000 saja, kamu sudah bisa melibas seporsi sate spesial ini.

 

Saking terkenalnya, sate ini enggak pernah sepi pengunjung dari siang hingga malam hari. Untuk menikmati sate klopo ini, kamu bisa datang ke Jalan Walikota Mustajab No 36 Surabaya di siang sampai malam hari.

 

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Seporsi lontong balap ini terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, bawang goreng, lenthok, sambal, dan kecap yang dipadukan dengan siraman kuah segar nan wangi. Sudah kebayang kan lezatnya akan seperti apa?

 

Tapi tunggu dulu, nggak berhenti sampai di situ saja, kamu juga bisa menambahkan sate kerang sebagai side dish nya, lho!

 

Yang menjadikan Lontong Galap Garuda Pak Gendut ini istimewa adalah, ia sudah berdiri lebih dari empat dekade, tetapi dengan kualitas rasa yang masih tetap sama. Cara memasak dan bumbu-bumbunya masih diolah dengan sama karena merupakan warisan keluarga. Nggak heran banyak orang yang menyukai lontong balap Garuda ini.

 

Kamu bisa datang ke lokasi yang berada di Jalan Kranggan No. 60 Sawahan Surabaya untuk menikmati seporsi lontong balap. Seporsi lontong balap bisa kamu nikmati dengan harga Rp12.000 saja.

 

4. Nasi Goreng Jancuk

Saya sebenarnya sedikit enggak suka dengan namanya, karena “jancuk” itu sendiri merupakan perkataan umpatan untuk mengekspresikan kekecewaan atau keheranan di Surabaya.

 

Namun, memang namanya sangat representatif dengan menu makanan satu ini. Saat menyantap nasi goreng jancuk, kamu akan dibuatnya mengeluarkan kata-kata umpatan yang satu ini saking pedasnya.

 

Nasi goreng ini dibuat oleh Chef Eko dari restoran Surabaya Plaza Hotel, dengan memakai minimal 20 cabe rawit dan tambahan bumbu sambal serta rempah yang lengkap.

 

Apabila kamu nggak terlalu doyan pedas, lebih baik urungkan niat, tapi kalau kamu ingin merasakan sensasi jancuk, silakan mencoba.

 

Meski sangat pedas, rasa gurih dan lezat dari nasi goreng ini enggak sampai samar. Kamu masih akan tetap mendapatkan sensasi gurih dari ayam, udang, bumbu, telur ayam, dan krupuk udangnya.

 

Penasaran? Langsung samperin aja ke Surabaya Plaza Hotel di Jalan Pemuda, Surabaya. Tapi ingat, habis makan jangan ajak berantem orang ya!

 

5. Soto Lamongan Cak Har

Destinasi berikutnya sudah sangat fenomenal, bahkan hingga terkenal ke luar Surabaya juga! Soto Lamongan Cak Har yang disajikan dengan kuah kuning dan kental, taburan seledri, dan daging ayam yang dengan porsi jumbo.

 

Enggak hanya daging ayam saja, kamu juga bisa meminta tambahan jeroan, kulit, ataupun daging saja untuk taburan Soto Lamongan ini. Kamu bisa menikmati semangkok soto Lamongan Cak Har di Jalan Ir. Soekarno.

 

6. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Rekomendasi kuliner Surabaya berikutnya adalah Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi. Cita rasa nasi bebek ini sangat kuat dan lezat sehingga enggak heran kalau warung ini sangat ramai dikunjungi pecinta kuliner.

 

Nasi bebek ini terasa lebih istimewa karena tekstur daging bebeknya yang lembut, empuk, dan nggak terlalu alot. Selain itu, dilengkapi dengan sambel pencit membuat nasi bebek ini terasa spesial.

 

Sambal pencit ini dibuat dari cabe rawit dan potongan mangga muda yang nggak hanya memberikan rasa pedas, melainkan juga sensai asin, asam, di mulut.

 

Kamu bisa menikmati nasi bebek ini mulai 15.00 WIB. Jangan sampai telat datang karena biasanya Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi cepat ludes diburu pecinta kuliner.

 

7. Rawon Pak Pangat

Rawon merupakan kuliner yang sangat identik dengan Surabaya. Ada banyak warung makan yang menyediakan menu makanan ini di Surabaya. Salah satu warung makan yang cukup fenomenal adalah Rawon Pak Pangat.

 

Rawon di warung ini sangat berbeda dengan rawon-rawon yang lainnya. Suwiran daging empal yang begitu empuk dan lembut plus siraman kuah hitamnya yang gurih sangat terasa lezat dan langsung membuat lidah bergoyang saat menyantapnya.

 

Selain itu, enggak ada kandungan lemak yang tampak di menu rawon ini, lho.

 

Ada dua menu rawon yang disajikan di warung ini, yakni rawon campur dan rawon krengsengan. Menu rawon ini bisa kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek Rp.8.000an saja. Enggak percaya? Langsung datangi Warung Rawon Pak Pangat di Jalan Ketintang Baru Selatan I/15 Surabaya, Darmo Trade Center, Wonokromo, Surabaya.

 

8. Nasi Empal Pengampon

Wisata kuliner Surabaya sangat terkenal dengan cita rasa gurih dan lezatnya. Salah satunya adalah Nasi Empal Pengampon. Rasa menu makanan ini begitu unik dan lezat. Seporsi Nasi Empal Pengampon terdiri atas nasi putih pulen, kering tempe, lalapan, suwir empal, dan tumis kacang panjang. Daging empalnya manis, gurih, dan empuk. Lokasinya ada di Pengampon II No. 3, Surabaya.

 

9. Tahu Campur Kalasan

Eh! Kalasan kok tahu campur, biasanya kan ayam!

 

Jangan keburu nyinyir duluan sebelum cobain, Tahu Campur Kalasan ini sudah menjadi salah satu kuliner yang recommended di Surabaya dan terkenal dari masa ke masa.

 

Makanan ini terdiri dari jeroan sapi, daging, perkedel, tahu goreng, selada, dan bumbu kental. Menu khas Surabaya satu ini sudah adalah salah satu buruan wajib bagi setiap pengunjung Surabaya, lho. Kamu enggak ingin coba? Kalau penasaran dengan menu kuliner Surabaya satu ini, maka jangan lupa kunjungi Tahu Campur Kalasan di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, saat berkunjung ke Surabaya.

 

10. Mie Pecun

Kuliner mie Pecun merupakan makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba. Dan ternyata, nama “Pecun” ini berasal dari singkatan “Pedas tak Beracun”. Jadi sudah terbayang, kan, sensasi kenikmatan apa yang ditawarkan dari “pecun” yang satu ini? PEDAS, tapi enggak beracun.

 

Varian mie pecun ini terdiri dari goreng dan kuah dengan tambahan berbagai bumbu dan bahan makanan di dalamnya.

 

Level kepedasannya pun beragam dan dapat disesuaikan dengan keinginan para pembeli. Mulai dari yang pedas sekali atau yang sedang-sedang saja. Kamu bisa menikmati sepiring atau semangkok mie Pecun di Jalan Anjasmoro atau Jalan Siwalankerto yang buka mulai jam 6 sore.

 

Artikel terkait: Surga wisata Surabaya

  1. Berburu Barang Antik di Surabaya, Ini Nih Rekomendasi Toko yang Wajib Disinggahi
  2. Pastikan Kamu Mengunjungi 7 Pantai Ini Apabila Ingin Bersantai di Surabaya
  3. Yuk, Kunjungi Wisata Alam Tersembunyi Surabaya Berikut!

 

Nah, itulah 10 kuliner wajib icip kalau kamu ke Surabaya. Sebenarnya enggak hanya 10 itu saja, masih banyak kuliner lezat lainnya, seperti: Rawon Setan, Kepiting Kapasan, Gado-Gado dan Pecel Jawa Timur-an, Sate Lisidu, Nasi Cumi, Nasi Sambal, dan lain sebagainya. Jadi, selamat berburu!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett