Beranda > Finansial > 5 Trik Jitu Investor Pemula yang Ingin Mencoba Peruntungan Investasi Saham

5 Trik Jitu Investor Pemula yang Ingin Mencoba Peruntungan Investasi Saham

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Trik Jitu Investor Pemula yang Ingin Mencoba Peruntungan Investasi Sahamwatermark

TUNAIKU.COM – Saham merupakan sebuah produk investasi yang mungkin sudah sering kamu dengar. Bahkan orang-orang terkaya di dunia mendapatkan kekayaannya dari bermain saham, lho!Kamu pasti tahu kalau berinvestasi adalah cara yang paling baik untuk menyelamatkan kondisi finansialmu di masa mendatang. Apa kamu masih bingung bagaimana seluk beluk saham dan trik untuk bermain saham bagi pemula?

Pengertian saham sendiri adalah surat berharga atas kepemilikan suatu perusahaan. Kalau kamu membeli saham dari suatu perusahaan, maka kamu berhak ikut mendapatkan keuntungan sesuai dengan seberapa banyak saham yang kamu pegang. Lalu, bagaimana trik-trik berinvestasi saham yang jitu untuk pemula? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Memiliki tujuan pasti dalam berinvestasi saham

Sebelum memulai, kamu harus menanyakan kembali apa tujuanmu dalam berinvestasi saham. Apakah untuk keuangan di hari tua, membeli rumah, kuliah atau membeli lahan pertanian?

Saham merupakan investasi jangka panjang dan nggak bisa dengan cepat mencairkan dana kalau kamu butuhkan sewaktu-waktu. Jika kamu memang ingin berinvestasi untuk jangka panjang, maka saham adalah jawabannya. Sedangkan kalau kamu berharap ingin langsung mengambil keuntungan dari saham dalam beberapa bulan ke depan, maka saham bukan produk investasi yang cocok buatmu.

 

Artikel Terkait: Pengetahuan Penting Mengenai Saham

  1. Ingin Investasi Saham? Ini Modal Minimal yang Kamu Butuhkan
  2. Yuk Pelajari Perbedaan Invetasi Saham dan Reksa Dana
  3. 7 Kiat Jitu Mengurangi Kerugian dalam Investasi Saham

2. Pahami kemampuan diri dalam mengambil risiko

Setiap orang punya toleransi risiko yang berbeda-beda, hal ini bisa dipengaruhi oleh lingkungan, kondisi emosi, pendidikan bahkan kondisi finansial dari masing-masing orang. Sebaiknya kamu pahami dulu sejauh mana kamu bisa menanggulangi risiko yang mungkin akan datang dari berinvestasi saham.

Mungkin kamu akan berhasil mendapatkan keuntungan yang besar jika mengambil risiko yang besar atau mungkin kamu belum tau benar apa risiko yang bakal terjadi kalau kamu mengeluarkan banyak uang dengan harapan akan dapat untung besar di saham. Sebaiknya pahami dulu penguasaan diri kamu terhadap toleransi risiko.

3. Belajar mengambil keputusan dengan logis

Bermain saham adalah permainan pengambilan keputusan, ini semua tentang kapan kamu harus membeli saham dari sebuah perusahaan, kapan kamu harus menjual kembali sahammu dan kapan kamu harus menahan saham dari perusahaan yang sedang rugi dengan harapan suatu saat harga sahamnya bisa kembali naik. Dalam mengambil keputusan memang nggak bisa kalau kita sedang terpengaruh emosi, bisa-bisa kita mengambil keputusan dengan gegabah yang berujung penyesalan.

Ingat, nasib perusahaan nggak cuma dari pemilik perusahaan saja, tetapi juga kinerja dari banyak orang yang ada di perusahaan itu. Kamu wajib mengetahui dengan baik bagaimana kondisi orang-orang yang ada dalam perusahaan yang sahamnya ingin kamu miliki agar bisa mengambil keputusan dengan lebih tepat dan logis.

CTABARU3

Mobile Site CTA

4. Mengenali dasar-dasar pasar saham

Untuk menjadi seorang investor saham yang handal, kamu memang benar-benar harus tahu    bagaimana cara pasar saham bekerja dan kebiasaan-kebiasaan apa yang mungkin sering terjadi di pasar saham. Pelajari dasar-dasar bermain saham dan aturan-aturan yang ada di pasar saham.

Milikilah buku tentang orang-orang yang sukses di pasar saham, jadikan dia motivasi. Kamu juga bisa mencari mentor yang bisa membimbingmu langsung agar kamu nggak kebingungan dalam bermain saham.

Artikel Terkait: Teknik Bermain Saham

  1. Mengenal Market Bullish dan Market Bearish untuk Investor Saham Pemula
  2. Mengenal Lebih Dalam Uptrend, Downtrend, dan Sideway dalam Bermain Saham
  3. Yuk, Kenali dan Pahami Lebih Dalam Mengenai Beta Saham

5. Cobalah untuk mendiversifikasi saham

Setelah kamu paham bagaimana cara-cara dalam bermain saham dan sudah mulai untuk memiliki saham, selanjutnya kamu harus naik level untuk mencoba mendiversifikasi saham. Diversifikasi saham bisa dilakukan dengan cara menginvestasikan dana yang kamu punya nggak hanya di satu bidang perusahaan saja, tetapi ke beberapa perusahaan lain dengan bidang berbeda dari saham yang sudah kamu punya.

Hal ini bisa membantumu dalam memanajemen risiko dengan harapan kalau terjadi sesuatu hal pada perusahaan dengan satu bidang tertentu maka kamu masih memiliki harapan di perusahaan dengan bidang lain.

Itulah 5 trik-trik jitu bagi pemula untuk mencoba peruntungan di pasar saham. Menabung saham adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang selalu konsisten dan sabar demi mendapatkan hasil dan kesuksesan finansial di masa depan.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett