Beranda > Finansial > Ini Cara Mengatur Keuangan yang Harus Fresh Graduate Ketahui

Ini Cara Mengatur Keuangan yang Harus Fresh Graduate Ketahui

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Ini Cara Mengatur Keuangan yang Harus Fresh Graduate Ketahuiwatermark

TUNAIKU.COM – Ada ribuan mahasiswa di Indonesia yang lulus setiap tahunnya. Bagaimanapun, masa setelah wisuda adalah yang terberat dari pada saat masih berkuliah. Transisi dari masa kampus ke kehidupan pascakampus cukup membuat stres bagi mereka yang kurang menyiapkan diri. Apalagi jika kamu melanjutkan ke kota lain untuk mencari pekerjaan full time. Kamu harus menyiapkan mental di tempat tinggal baru, mencari indekos, hingga mengatur keuangan sendiri. Hal terakhir inilah yang kemudian banyak membebani mereka setelah masa kampus berakhir.

 

Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Kalau kamu terbiasa mendapatkan uang bulanan dari orang tua, setelah diwisuda kamu seharusnya sudah bisa untuk menghasilkan uang sendiri dan mengaturnya untuk memenuhi segala kebutuhanmu.

 

Mengatur keuangan sendiri untuk pertama kalinya mungkin akan membuatmu cukup kewalahan. Untuk itu, aplikasikan beberapa tips berikut untuk menghadapi dunia pascakampus agar kamu nggak pusing lagi mengatur keuangan. Berikut adalah tipsnya.

 

Artikel Terkait: Cerdas Mengatur Pembayaran Tagihan

  1. Perhatikan 7 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Merasa Terbebani
  2. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara In
  3. 7 Kiat Bagi Calon Pengantin Merencanakan Keuangan Tanpa Membebani Orang Tua

 

1. Habiskan segala tunggakan saat kuliah

Kalau saat kuliah kamu masih punya tunggakan, alangkah lebih baik jika dilunasi lebih dulu sebelum wisuda. Entah itu tunggakan buku pinjaman di perpustakaan, uang indekos, cicilan handphone, kendaraan, atau yang lain. Soalnya, setelah wisuda kamu nggak akan leluasa meminta uang pada keluarga. Jadi, jangan biarkan tunggakan itu menyusahkanmu, terlebih saat sedang berjuang untuk kehidupan pascakampus.

 

2. Mencicil pembayaran tagihan kartu kredit

Kalau kamu pengguna kartu kredit semasa kuliah, lebih baik segera bayar beragam tagihan secepat mungkin. Soalnya, tagihan ini akan menyulitkanmu saat baru bekerja nanti. Bagaimanapun, ada banyak biaya yang harus kamu siapkan, mulai dari perjalanan ke kota baru, sewa indekos atau apartemen, hingga biaya hidup.

 

3. Hindari terlalu sering menggunakan kartu kredit

Meski sudah membayar lunas tagihan kartu kredit, kamu nggak bisa serta merta menggunakan kartu ajaib tersebut untuk segala keinginanmu. Ingat, kamu masih ada di masa transisi. Jadi, kamu perlu menyesuaikan kondisi keuangan hingga benar-benar stabil. Usahakan untuk menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang penting dan nggak terlalu besar.

 

4. Membuat Prioritas

Saat sudah bekerja sebagai pekerja full time dengan gaji tetap perbulannya, cobalah untuk mencatat kebutuhan pokok, bulanan dan harian. Pisahkan kebutuhan yang sekiranya menjadi pengeluaran wajib seperti sewa indekos, uang makan, uang transportasi, hingga uang untuk dikirim ke rumah. Setelah itu barulah sisa perhitungan gajimu dialokasyikan untuk tabungan, hangout, atau membeli barang-barang yang kamu inginkan.

 

Artikel Terkait: Tips untukmu yang Sedang Ingin Beli Smartphone

  1. Ingin Beli Smartphone Keluaran Terkini? Perhatikan 5 Tips Ini daripada Kamu Menyesal Nanti
  2. Inilah 5 Smartphone Terlaris Idola Gawai Mania, Plus Harga Pasarannya!
  3. 5 Tips Memilih Smartphone di Bawah 2 Jutaan

 

5. Kurangi Nongkrong dengan Teman

Semasa kuliah memang sudah sewajarnya kita sering kumpul main bersama teman. Namun, kalau sudah bekerja seperti ini lebih baik kurangi hal tersebut. Biasanya nongkrong dengan teman kantor atau kuliah jadi pengeluaran yang butuh banyak bujet.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diaplikasyikan agar bisa mengatur keuangan lebih baik lagi pascalulus kuliah. Selamat mencoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett