Beranda > Finansial > 5 Kesulitan yang Mungkin Kamu Hadapi Ketika Ingin Coba Bisnis Properti

5 Kesulitan yang Mungkin Kamu Hadapi Ketika Ingin Coba Bisnis Properti

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Kesulitan yang Mungkin Kamu Hadapi Ketika Ingin Coba Bisnis Propertiwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini tersedia beragam jenis investasi yang bisa kamu coba. Ada investasi yang membutuhkan modal banyak, tapi ada juga yang hanya memerlukan modal tak seberapa banyak. Ada investasi yang berisiko tinggi, tapi ada juga yang berisiko rendah bahkan nyaris tanpa risiko. Semua bergantung pada mana jenis investasi yang kamu coba.

 

Kalau kamu menginginkan bisnis yang menguntungkan, kamu bisa memilih bisnis properti. Jenis bisnis ini setiap tahun semakin dilirik. Jadi bisnismu nggak akan sepi asal pintar dalam hal pemasaran dan jeli saat memilih lokasi. Selain itu, keuntungan yang kamu peroleh pun nggak sedikit. Saya sendiri bisa mengatakan bahwa dari sekian investasi, yang paling menguntungkan adalah investasi properti.

 

Artikel terkait: Ragam investasi yang bisa kamu coba

  1. Apa Jenis Investasi yang Disukai Orang Indonesia?
  2. 9 Mata Uang yang Bawa Keuntungan Jika Kamu Pandai Investasikan
  3. Belanja Sembari Investasi, Ini Barang yang Bisa Kamu Pilih!

 

Bagaimana, berminat memulai bisnis ini? Kamu perlu menyediakan modal yang lumayan, ya. Pasalnya properti merupakan jenis bisnis yang membutuhkan modal cukup besar. Selain itu, kamu juga harus siap menghadapi kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Modal perawatan

Saya akui dalam bisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup lumayan. Nggak hanya saat membeli, tapi juga saat merawatnya. Pasalnya dalam bisnis properti juga memakan biaya perawatan. Bagaimana mungkin kamu akan menjual properti kalau kondisinya nggak sebaik dulu? Perlu kamu ketahui kalau biaya perawatan juga membutuhkan dana yang lumayan.

 

2. Regulasi dari pemerintah setempat

Dalam pendirian bangunan tentu diatur dalam peraturan pemerintah. Sedangkan untuk setiap daerah, regulasi yang ada tentu berbeda-beda. Bisa jadi di kota A regulasinya lebih mudah ketimbang di kota B. Jadi kalau kamu mau membangun suatu bangunan bakal dipermudah. Nah, sebelum menentukan lokasi, ada baiknya kamu mengetahui regulasi yang ada di daerah tersebut.

 

3. Nggak hanya tampilan, tapi juga lokasi

Kebanyakan orang akan tergiur dengan tampilan pada properti yang ditawarkan. Padahal, ada hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu lokasi. Apa gunanya bangunan yang terlihat elegan kalau lokasinya sama sekali nggak strategis. Jauh dari pusat perbelanjaan, jalan tol, akses pendidikan dan kesehatan, dan lain sebagainya. Jadi, jangan asal tergiur dengan tampilan saja, ya. Perhatikan juga lokasinya.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar investasi properti yang harus kamu ketahui

  1. 5 Jenis Properti yang Bisa Kamu Coba Kalau Ingin Berinvestasi
  2. Bagaimana Nasib Bisnis Properti di Tahun 2019?
  3. Ingin Investasi Properti Tetapi Modal Sedikit? Begini Cara Mengakalinya!

 

4. Risiko bencana alam

Selain akses, hal yang harus diperhatikan dalam hal lokasi adalah kemungkinan terjadi bencana alam. Sebenarnya mau berinvestasi properti di mana pun masing-masing memiliki prospek. Kalau memiliki properti di daerah pantai, kamu bisa gunakan untuk membuka usaha jasa di bidang pariwisata sekalian. Namun, kamu harus siap dengan kemungkinan terjadinya tsunami. Begitu pula dengan daerah pegunungan, kamu harus siap dengan yang namanya bencana longsor.

 

Dalam menentukan lokasi memang perlu banyak pertimbangan. Pasalnya memilih di tengah kota sekalipun yang dekat dengan fasilitas umum, tetap saja nggak menjamin. Kamu harus siap dengan risiko banjir, macet, dan lain sebagainya. Jadi, jangan gegabah dalam menentukan lokasi, ya! Pertimbangkan dengan risiko yang paling kecil.

 

5. Strategi pemasaran

Namanya bisnis selalu nggak jauh dari strategi pemasaran. Sebesar apapun prospek produkmu, kalau strategi pemasarannya nggak jitu ya sama saja. Kamu perlu strategi jitu agar propertimu segera menemukan pembelinya. Untuk itu, kamu perlu memperluas koneksi.

 

Itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis properti. Sebenarnya bukan merupakan kesulitan atau kendala, asalkan kamu bisa mengatasinya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett