Beranda > Finansial > Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini

Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Beberapa minggu lalu, saya bercakap-cakap dengan seorang teman yang baru saja mendirikan perusahaan startup di bidang konsultasi pemasaran. Walaupun nggak terlalu paham soal bisnis startup, saya tahu bahwa merintis bisnis tersebut nggak semudah kelihatannya.

 

Menurutnya, sejauh ini usahanya lancar-lancar saja. Namun, yang namanya tantangan usaha suatu saat nanti pasti akan muncul. Nah, biar teman saya nggak sibuk mengkhawatirkan perkembangan bisnisnya, saya pun menelusuri laman internet untuk mencari tahu kisah kesuksesan para pendahulunya.

 

Kamu juga tertarik untuk merambah usaha startup? Simak juga ya, hasil penelusuran saya berikut ini. Siapa tahu kamu jadi semakin terinspirasi!

 

1. Aulia Halimatussaidah, co-founder NulisBuku

Sejak SMA, perempuan yang akrab disapa Ollie ini sudah bercita-cita pengen bikin website yang bagus. Itulah kenapa dia mengambil jurusan informasi dan teknologi, serta bekerja sebagai web developer setelah lulus kuliah. Berangkat dari hobi menulis dan kesadaran akan sulitnya menerbitkan buku di Indonesia, Ollie pun merintis NulisBuku bersama teman-temannya. NulisBuku sendiri merupakan sebuah wadah self-publishing online pertama di Indonesia yang membantu para penulis untuk mencetak dan menerbitkan buku mereka secara independen.

 

Artikel Terkait: Tips untuk meraih kesuksesan dalam berkarier.

  1. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman
  2. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu
  3. 5 Alasan Kamu Sulit Dapat Promosi Jabatan di Kantor

 

2. Achmad Zaky, co-founder dan CEO Bukalapak

Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah ini sedari kecil sudah bercita-cita memiliki pekerjaan dengan gaji besar. Ilham untuk membuat perusahaan sendiri pun datang saat ia berkuliah di ITB. Karena memiliki semangat entrepreneurship yang tinggi, Zaky pun menciptakan Bukalapak, salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia. Menilik kesuksesannya sekarang, kamu mungkin nggak menyangka bahwa Zaky pernah mengalami kegagalan saat merintis usaha sebelumnya, yakni bisnis jual beli Sebelum sukses, Zaky pernah mengalami kegagalan saat merintis bisnis mi.

 

3. Natali Ardianto, co-founder dan CTO Tiket.com

Kamu yang hobi berburu tiket liburan mungkin sudah nggak asing lagi dengan situs Tiket.com yang dirintis oleh Natali Ardianto. Sebelum sukses dengan Tiket.com, Natali pernah terlibat dalam pendirian dua bisnis startup di sektor lain yang terpaksa harus ia tinggalkan karena sulit berkembang.

 

4. Adi Kusma, founder Biznet

Sebelum mendirikan Biznet Network, Adi bekerja sebagai programmer di Amerika Serikat. Pada saat yang bersamaan, ia juga mengambil kursus tambahan dari Microsoft sambil berkonsultasi rutin dengan pelaku ISP. Setelah memiliki ilmu yang cukup, Adi pun tak ragu bereksperimen sendiri dengan teknologi ISP di rumahnya. Setelah yakin, barulah ia kembali ke Indonesia dan mendirikan perusahaannya sendiri.

 

Artikel Terkait: Belajar mengelola keuangan dan investasi.

  1. Simak Cara Setiap Zodiak Mengatur Keuangannya!
  2. Jenis Investasi yang Cocok untuk Kamu Berdasarkan Zodiak
  3. Zodiak Paling Jago Atur Keuangan Rumah Tangga, Kamu dan Pasangan Termasuk?

 

5. Andy Sjarif, founder SITTI

Karier Andy di dunia bisnis dimulai pada tahun 1997 di Amerika Serikat. Awalnya, ia mendirikan perusahaan konsultan analitis CRM yang menyediakan jasa segmentasi dan analisis basis data pelanggan. Meski bisnis startup pertamanya ini gagal, Andy tidak begitu saja menyerah. Ia pun kemudian mendirikan SITTI, sebuah jaringan iklan intuitif yang menampilkan berbagai iklan yang relevan dengan situs terkait. Kira-kira semacam Google Adsense versi Bahasa Indonesia.

 

6. Joseph Edi Lumban Gaol, founder M-Stars Group

Pada tahun 1997, Joseph bekerja di perusahaan telekomunikasi XL Axiata sebagai Senior Product Manager. Dua tahun kemudian, ia memutuskan untuk berhenti dan memulai bisnisnya sendiri di bidang yang sama. Sebagai buah kerja kerasnya, M-Stars Group pun pada akhirnya berdiri pada tahun 2000. Perusahaan tersebut menyediakan konten mobile di Indonesia dan saat ini memiliki lima cabang seperti AdStars, VOX, dr.m, PoPs, dan m360.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Sebenarnya, masih banyak lagi kisah sukses pebisnis startup baik di dalam maupun luar negeri. Namun, saya harap enam kisah ini pun sudah cukup untuk menginspirasi dan menambah semangatmu. Selamat berbisnis!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett